Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2726)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2141)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2030)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (2027)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1793)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1748)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1744)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1714)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1383)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1363)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (41798)
Buku petunjuk SRI (26597)
Laporan kecelakaan kereta api (15654)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14290)
Presentasi air bersih & air limbah (12905)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (11733)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (11725)
Presentasi Padi SRI (10527)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8164)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6312)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Pinjaman Testimoni
Rabu, 13 Desember 17
Posted by:

Lady Mia
KABAR BAIK!!! Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloan company@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.c om dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail. com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan. Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

sell kidney
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

dr alex
Hari baik setiap orang, Jual ginjal. Simpan hidup dan dapatkan uang, jadilah dokter Alex spesialis Pembelia n ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda 500,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@ gmail.com Atau aplikasi apa? +234816202918 7 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan melakukannya Tentu pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda nikmati berbisnis dengan kami Email: dralexspeciallist@ gmail.com Salam

pinjamin
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

Mohammad
kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gma il.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@ gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploande partment@gmail.com

loan
Kamis, 30 Nopember 17
Posted by:

rhonda
Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? atau Butuh pinjaman apapun? Jika demikian, inilah bantuan Anda, dan kami memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan dengan tingkat bunga yang terjangkau. hubungi kami sekarang (rhondasean@yahoo. com)

yhdgh
Selasa, 28 Nopember 17
Posted by:

HARRIET MARK
Kabar baik! Nama saya Harriet Mark, warga negara Indonesia, saya tinggal di Prapak rt1 / 2, kelurahan Kranggan, kecamatan Kranggan, kabupaten temanggung Jawa tengah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya. Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gma il.com) Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( harrietmark01@gmai l.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 6834 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 5831 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 4815 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4292 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2228 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1231 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1475 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 1049 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 901 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 965 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Apa yang perlu dilakukan agar kebakaran di Plumpang tidak terulang lagi

Selasa, 20 Januari 09 - oleh : Triharyo (Hengki) | 1 komentar |   4019 hits

Tadi malam, selain terkejut, saya terus terang sangat merasa sedih dengan melihat terjadinya ledakan di Plumpang. Sebagai seorang Insinyur praktisi, saya merasa bertanggung jawab moral untuk memberikan saran dan masukan kepada pihak-pihak terkait agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Kejadian di Plumpang menambah “concern” saya, karena dalam setahun terakhir ini, telah terjadi banyak sekali ledakan dan kebakaran (sebagian dengan korban jiwa). Berikut ini beberapa kejadian yang terliput di media massa dalam tahun 2008 :

 

Setelah saya renungkan pagi ini, saya baru menyadari bahwa seluruh sertifikasi Pemerintah (oleh Direktorat Jendral Migas) untuk fasilitas Minyak & Gas Bumi di Indonesia hanya dilakukan untuk fasilitas-fasilitas yang baru saja. Tata caranya melalui proses sertifikasi yang lebih dikenal dengan nama Sertifikat Kelayakan Penggunaan Peralatan (SKPP) dan Sertifikat Kelayakan Penggunaan Industri (SKPI). SKPP untuk spesifik sebuah alat, sedangkan SKPI untuk satu kesatuan pabrik. Seluruh Proses Sertifikasi ini dilakukan oleh Ditjen Migas Departemen ESDM.

Namun setelah pabrik atau pipeline tersebut beroperasi (sudah bukan fasilitas baru lagi), maka Ditjen Migas tidak lagi melakukan rutin pengecheckan, apalagi melakukan re-sertifikasi !!!. Inilah saya kira “lessons-learned” yang harus diperbaiki di jajaran Migas Indonesia. Perbaikan serupa telah ditegak-kan oleh Menteri Perhubungan Yusman SD untuk mendisiplinkan Direktorat Sertifikasi Kelaikan Udara (DSKU) Ditjen Perhubungan Udara Departemen Perhubungan. Sehingga kecelakaan pesawat terbang relatif berkurang dan juga Insya Allah pada bulan Maret 2009, pesawat Indonesia bisa terbang ke Eropa lagi.

Dengan pemikiran tersebut diatas, pagi ini saya segera mengirimkan sms ke ibu Dr Evita Legowo (Kimia ITB angkatan 1970), yang saat ini menjabat Dirjen Migas, untuk menginformasikan usulan perbaikan ini. Beliau mengucapkan terima kasih dan berjanji akan mengambil langkah-langkah perbaikan. Saya berdoa dan berharap langkah-langkahnya gesit dan cepat seperti biasanya.

Salam
Hengki


Beberapa tanggapan & komentar:

From: itb77-bounce@bhaktiganesha.or.id On Behalf Of Djaelani Sutomo
Sent: Monday, January 19, 2009 6:02 PM
To: ITB 77
Subject: [itb77] Re: Apa yang perlu dilakukan agar kebakaran di Plumpang tidak terulang lagi

Hengki, catatan dan masalah sertifikasi dan kontrol dilapangan sangat tepat. Sebagai info bahwa hampir seluruh depo bbm berdiri di pemukiman (dahulu belum ada pemukiman). Sehingga ini yang menyulitkan kontrol di lapangan, sebagai contoh jalur pipa bbm cilacap jogya/bandung sebagia diatasnya sudah berdiri rumah dan pasar, siapa yg bertanggung jawab ?.
Disamping itu memang benar masalah sertifikasi lemah dan maaf tenaga Ahli di migas sudah menyusut.
Semoga segera ada perbaikan.

Salam,
Djaelani Sutomo


From: itb77-bounce@bhaktiganesha.or.id On Behalf Of Handjono
Sent: Monday, January 19, 2009 9:14 PM
To: itb77@bhaktiganesha.or.id
Subject: [itb77] Re: Apa yang perlu dilakukan agar kebakaran di Plumpang
tidak terulang lagi

Rekan2, boleh saya sumbang pandangan ya.

Ada 2 masalah penting di sini:

  1. Sertifikasi tidak selalu dilakukan dgn benar (kadang2 alat hanya baik di atas kertas saja).
  2. Sertifikasi saja sekarang tidak cukup untuk fasilitas migas hulu dan hilir yang makin kompleks.

Berkaitan dgn yang no.2, di AS sudah lama (kalau tidak salah sejak th 90-an) dipakai konsep PSM (Process Safety Management). Ada 13 elemen PSM, yang pokok2 di antaranya:
a. Safe Work Permit
b. Management of Change
c. Mechanical Integrity
d. Competency & Training
e. Standard Operating Procedure
f. Emergency Response

Di Inggris (UK) sudah ada konsep lanjutan dari PSM, yaitu Safety Case (khusus uk Offshore) dan COMAH (utk Onshore). Intinya, pemilik fasilitas diharuskan oleh pemerintah utk bikin Risk Assessment thdp fasilitas, kemudian menunujukkan usaha apa utk mengendalikan resiko2 tsb.
Regime sertifikasi di RI ini masih konsep peninggalan Belanda yang harus ditingkatkan. Th 2003 ada berita bahwa MIGAS mau pakai konsep Safety Case, tapi sampai sekarang tidak ada kabarnya.
Kalau ada yang berminat utk tukar-pikiran soal Process Safety di usaha migas hulu, saya dan beberapa rekan dapat membantu (gratis).

Handjono.


From: itb77-bounce@bhaktiganesha.or.id On Behalf Of Handjono
Sent: Monday, January 19, 2009 9:14 PM
To: itb77@bhaktiganesha.or.id
Subject: [itb77] Re: Apa yang perlu dilakukan agar kebakaran di Plumpang tidak terulang lagi

Rekan2, boleh saya sumbang pandangan ya.

Ada 2 masalah penting di sini:

1.      Sertifikasi tidak selalu dilakukan dgn benar (kadang-kadang alat hanya baik di atas kertas saja).

2.      Sertifikasi saja sekarang tidak cukup untuk fasilitas migas hulu dan hilir yang makin kompleks.

Berkaitan dgn yang no.2, di AS sudah lama (kalau tidak salah sejak th 90-an) dipakai konsep PSM (Process Safety Management). Ada 13 elemen PSM, yang pokok-pokok di antaranya:

            a. Safe Work Permit

            b. Management of Change

            c. Mechanical Integrity

            d. Competency & Training

            e. Standard Operating Procedure

            f. Emergency Response

Di Inggris (UK) sudah ada konsep lanjutan dari PSM, yaitu Safety Case (khusus untuk Offshore) dan COMAH (utk Onshore). Intinya, pemilik fasilitas diharuskan oleh pemerintah utk bikin Risk Assessment terhadap fasilitas, kemudian menunujukkan usaha apa utk mengendalikan resiko-resiko tsb.

Regime sertifikasi di RI ini masih konsep peninggalan Belanda yang harus ditingkatkan. Th 2003 ada berita bahwa MIGAS mau pakai konsep Safety Case, tapi sampai sekarang tidak ada kabarnya. Kalau ada yang berminat utk tukar-pikiran soal Process Safety di usaha migas hulu, saya dan beberapa rekan dapat membantu (gratis).

Handjono.


From: itb77-bounce@bhaktiganesha.or.id On Behalf Of Djaelani Sutomo
Sent: Monday, January 19, 2009 6:02 PM
To: ITB 77
Subject: [itb77] Re: Apa yang perlu dilakukan agar kebakaran di Plumpang tidak terulang lagi

 

Hengki,

catatan dan masalah sertifikasi dan kontrol dilapangan sangat  tepat. Sebagai info bahwa hampir seluruh depo bbm berdiri di pemukiman (dahulu belum ada pemukiman). Sehingga ini yang menyulitkan kontrol di lapangan,  sebagai contoh jalur pipa bbm cilacap jogya/bandung sebagian diatasnya sudah berdiri rumah dan pasar, siapa yg bertanggung jawab ?. Disamping itu memang benar masalah sertifikasi lemah dan maaf tenaga Ahli di migas sudah menyusut.

Semoga segera ada perbaikan.

Salam,
Djaelani Sutomo

kirim ke teman | versi cetak

Berita Migas Lainnya

Kronologi pertempuran Natuna & proyek US $ 52 milyard
Kiat-kiat para peneliti Pertamina untuk tingkatkan kemandirian dan keuntungan
Kiat Kuasi Reorganisasi di PT Puspetindo sehingga bisa hasilkan bejana tekan tertinggi dalam sejarah
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?
Memakai Google Ocean untuk tekan biaya proyek dari US $ 14.5 Milyard ke US $ 9.5 Milyard

Komentar Pengunjung

1. ECDA & ICDA
Minggu, 26 Desember 10 - oleh : iswahyudi
Dear pak Hengki,

Melihat email diatas, maka langkah konseptual telah tertuang dengan jelas. Tinggal tingkat teknis perlu diperjelas.

Disini saya ingin sedikit menguraikan konsep Mechanical integrity khususnya pipeline. kenapa pipeline karena risk dari pipeline bisa langsung memakan korban masyarakat. Detail untuk assessment equipment/static atau rotating adalah sama. Konsep ini telah sangat baik di terapkan di beberapa Contractor Migas di Indonesia, Chevron Indonesia Company, Total E P Indonesie, ConocoPhillips Medco. BUMN yang saya pernah tau adalah PGN. mungkin beberapa kontraktor migas baik asing Nasional juga ada.

Implementasi risk analysis yang telah dipetakan cukup baik adalah lapangan MEDCO, SOKA dll. untuk company yang lain saya belum tau karena tidak terlibat, namun yang paling penting adalah ilmunya. Dimana mereka sudah mempunyai software pemetaan mengenai risk analysis ini. Konsep ini adalah pemetaan data lapangan yang diterjemahkan ke dalam bentuk software dan outputnya adalah risk rengking. Hal ini sangat memudahkan engineer khususnya corrosion engineer untuk melakukan assessment terhadap pipeline mereka berdasarkan tingkat resiko yang tinggi. Contractor yang membuat sofware ini adalah Wilson Walton Indonesia.

sekarang mari kita masuk ke tahap detail engineering.

ECDA adalah External Corrosion Direct Assesment. Dimana disini dilakukan analisis external dari phisical pipeline yang concact dengan tanah. pipeline walaupun sudah dilapisi dengan coating, masih beresiko jika tidak diproteksi oleh secondary protection yaitu cathodic protection. coating sendiri mempunyai coating breakdown yaitu tingkat peruluhan coating yang akan semakin membesar sepanjang umur pipa, sifat material.
Nah, ECDA ini berperan untuk menganaliis permukaan pipa, condisi coating condisi tanah yang sepanjang ROW (right of Way)- jalur perpipaan.
Metoda yaitu Pre-assessment/analysis, indirect inpection, Direct inspection post assesment (action to be done)
1. Pre-Assessment, survey CIPS-DCVG atua ACVG. survey ini dilakukan sepanjang pipa. CIPS =Close Interval Potensial Survey, Direct Current Voltage Gradient or Alternative Current Voltage Gradient.
CIPS adalah pengukuran level potential pipa terhadap level proteksi yang berdasarkan NACE standart. Range proteksi yang disyaratkan oleh NACE adalah -850 mV s.d -1200 mV. Hasilnya berupa grafik dan anlisis dilakukan terhadap nilai dibawah range -850 mV. area dibawah -850 mV disebut spot area dan dilakukan DCVG. analyis data CIPS dan DCVG adalah indirect inspection (step 2). setelah data DCVG disimpulkan dimana current loss karena kurasakan coating akan bernilai besar dan dianggap sbg spot korosi dan perlu digging dan repair. Digging adalah direct assesment dan repair adalah post assessment.

Jika hal ini dilakukan berkala maka resiko pipa terbakar dan bocor bs ditekan yang paling penting owner mengetahui kondisi pipeline mereka.

ICDA ; internal Corrosion Direct Assesment.
konsepnya hampir sama dimana dilakukan beberpa pengukuran melalui device seperti coupon probe serta inteligent pig.
out put dari ICDA adalah corrosion rate pipa dan thicness pipa. shg diketahui lifetime pipa tersebut. ICDA sangat banyak digunakan di plant khusus untuk hazardous piping fluids.

Penggabungan kedua ICDA ECDA dikenal dengan konsep PIM (pipeline Integrity Management). Biasanya KKKS Asing mempunyai departement khusus yaitu integrity department dimana para pakar korosi, chemical berkecimpung untuk menganalyis secara menyeluruh kondisi plant mereka secara menyeluruh dan berkala shg maintenance di perusahaan asing sangat detail dan dilaksanakan.

Semoga uraian diatas bs bermamfaat.

salam
Iswahyudi

Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.226.179.247 | Hostname: ec2-54-226-179-247.compute-1.amazonaws.com