Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2793)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2246)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (2120)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2099)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1867)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1846)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1828)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1799)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1445)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1427)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (42134)
Buku petunjuk SRI (26952)
Laporan kecelakaan kereta api (15978)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14695)
Presentasi air bersih & air limbah (13242)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (12105)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (12078)
Presentasi Padi SRI (10877)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8560)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6646)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Pinjaman Testimoni
Rabu, 13 Desember 17
Posted by:

Lady Mia
KABAR BAIK!!! Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloan company@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.c om dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail. com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan. Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

sell kidney
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

dr alex
Hari baik setiap orang, Jual ginjal. Simpan hidup dan dapatkan uang, jadilah dokter Alex spesialis Pembelia n ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda 500,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@ gmail.com Atau aplikasi apa? +234816202918 7 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan melakukannya Tentu pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda nikmati berbisnis dengan kami Email: dralexspeciallist@ gmail.com Salam

pinjamin
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

Mohammad
kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gma il.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@ gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploande partment@gmail.com

loan
Kamis, 30 Nopember 17
Posted by:

rhonda
Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? atau Butuh pinjaman apapun? Jika demikian, inilah bantuan Anda, dan kami memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan dengan tingkat bunga yang terjangkau. hubungi kami sekarang (rhondasean@yahoo. com)

yhdgh
Selasa, 28 Nopember 17
Posted by:

HARRIET MARK
Kabar baik! Nama saya Harriet Mark, warga negara Indonesia, saya tinggal di Prapak rt1 / 2, kelurahan Kranggan, kecamatan Kranggan, kabupaten temanggung Jawa tengah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya. Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gma il.com) Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( harrietmark01@gmai l.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 7125 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 6116 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 5091 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4584 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2532 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1515 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1775 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 1310 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 1165 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 1256 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Setelah ngobrol dengan CFO kaliber dunia....baru tahu saya kenapa terjadi krisis keuangan global

Senin, 16 Maret 09 - oleh : Triharyo (Hengki) | 0 komentar |   3824 hits

Pada tanggal 4 Maret 2009 saya berkesempatan pergi bersama ke Bontang dengan salah seorang Chief Financial Office (CFO) perusahaan dunia yang sedang berinvestasi di Indonesia. Perusahaan yang ia pimpin mempunyai karyawan 15.000 orang di 55 negara dan mendatangkan pendapatan sekitar US $ 7 Milyard per tahun. Perusahaan publiknya termasuk 500 besar di dunia dan kategori 5 besar di Australia. Ia seorang warga negara Australia, akuntan, alumni Harvard dan umurnya masih relatif muda yaitu 44 tahun.

Karena mendapat kesempatan yang relatif langka tersebut, saya memanfaatkan pembicaraan saya pada diskusi tentang penyebab krisis finansial global. Salah satu topik diskusi hangat kami siang itu adalah kenapa sebuah perusahaan AIG bisa rugi US $ 61,7 Milyard dalam 3 bulan. Kerugian perusahaan tersebut merupakan kerugian yang sangat luar biasa dan tertinggi dalam sejarah korporasi Amerika. Angkanya sangat fantastis karena ibaratnya hampir 1,2x Devisa Indonesia lenyap dalam 3 bulan. Uang sebesar itu bisa untuk melunasi hutang krismon kita 2x lipat hanya dalam tempo 3 bulan. Jika nilai tersebut dibagikan ke setiap orang Indonesia, dalam 3 bulan kita semua mendapat uang cash Rp 3 juta. Jadi intinya, kerugian tersebut skalanya sangat spektakuler.

Jawaban yang saya peroleh dari sang CFO agak mengejutkan dan mungkin merupakan ”warning” bagi kita semua dalam berbisnis dan berkorporasi. Kira-kira beginilah dialog berdua kami dalam pesawat yang ia charter. Tentu dialog ini dilakukan dalam bahasa Inggris dan maaf agak panjang :

  • Hengki : Congratulation ya, saya baca dari annual report tahun 2008, perusahaanmu tumbuh terus ”net-profit”-nya maupun ”earning per share”-nya selama 7 tahun berturut-turut. Padahal tahun 2008, dunia sedang mengalami krisis sampai hari ini.
  • CFO : Wah nampaknya kamu sudah belajar tadi malam, Hengki
  • Hengki : Aahh..nggak….saya adalah seorang ”explorer” dan selalu ingin belajar terutama bila ada anomali (keanehan) seperti kinerja perusahaan anda. Saya juga baca dari Curriculum Vitae anda, bahwa kamu adalah seorang alumnus Harvard, ya.
  • CFO : Nampaknya kamu tadi malam belajarnya sampai subuh, ya.....ha,ha,ha
  • Hengki (tertawa) : ....lho saya juga tahu gaji kamu berapa kok.
  • CFO : iyaa itulah keuntungan dan kerugian bekerja di Australia dengan kebijakan keterbukaan informasi bagi perusahaan publik. Pegawai pajak dan juga istri saya bisa dengan mudah tahu berapa uang dan fasilitas yang saya peroleh dari perusahaan. Jadi saya tidak mungkin berselingkuh, kan.....ha,ha,ha. Maksudnya dengan pegawai pajak, lho.
  • Hengki (tertawa makin keras):.....ok but seriously, saya basically seorang engineer dan terus terang masih belum bisa mengerti kenapa sebuah perusahaan seperti AIG yang di kwartal ke-1 2008 rugi US $ 7,8Milyard, lalu kemudian di kwartal ke-2 rugi US $  5,36 Milyard, bisa kemudian rugi di kwartal terakhir US $ 61,7 Milyard. Bahkan pemerintah Amerika Serikat sempat meng-injeksi dana US $ 150 Milyard di bulan September 2008, belum tahu bahwa akan ada kerugian yang sangat fantastis seperti itu di kemudian hari. Bagaimana nasib uang dari pajak rakyat Amerika yang dipakai untuk ”mem-bailout” AIG kalau kemudian lenyap ?.
  • CFO : kamu bingung-kan Hengki ?......kalau saya sangat jelas penyebabnya
  • Hengki : yaa bingung, lah, apakah sistem akutansi ataupun sistem pelaporan di dalam perusahaan tidak bisa memberikan ”early warning” (informasi awal) terhadap akan adanya kerugian tersebut ?. Apakah Pemerintah Amerika Serikat berisikan orang-orang bodoh semua yang dengan mudah menginjeksi uang dalam skala raksasa ?. Apakah semua akuntan dan pimpinan perusahaan AIG berkomplot untuk menipu secara ber-jamaah ? Apakah tidak ada ”whistleblower” seperti kasus Enron ?. Saya tanya semua ini karena khawatir kejadian serupa bisa terjadi di Indonesia.
  • CFO :...tenang Hengki...tenang Hengki....you are a typical CEO engineer. Saya coba jawab satu per satu. Yang pertama tentang kenapa AIG rugi. Menurut saya penyebabnya sangat jelas dan gamblang. Perusahaan sebesar AIG sudah sangat kompleks sehingga tidak ada 1 atau 2 orang pimpinan yang tahu tentang resiko dan kondisi keuangan perusahaan secara menyeluruh. Semua pimpinan perusahaan tidak mengetahui fundamental perusahaan mereka.
  • Hengki : wah makin bingung saya
  • CFO : Sederhananya begini. Kami adalah perusahaan produsen bahan peledak. Saya dan CEO kami selalu ”back to basic”. Kami selalu kembali ke perhitungan fundamental tentang berapa harga bahan baku yang  kami beli. Berapa biaya untuk memproduksi bahan peledak tersebut dan berapa harga jualnya. Semua harus kembali ke perhitungan-perhitungan dasar tersebut. Investasi pabrik baru, bila merugi di sebuah negara, kami perbaiki sampai fundamentalnya benar kembali. Ini penting dan ini sering dilupakan oleh banyak perusahaan maupun juga pemerintahan.
  • Hengki :  Jadi menurut kamu AIG tidak terkendali karena tidak menguasai fundamentalnya ?
  • CFO : Memang terkadang para pialang dan penjaja derivatives sangat luar biasa menjual dagangannya. Saya sendiri kalau bukan lulusan Harvard, rasanya nggak enak kalau bertanya dalam pertemuan dengan mereka untuk mengajukan misalnya pertanyaan sederhana seperti ini, ”Jadi gimana resikonya dan gimana caranya kami memperoleh return ?”. Tapi saya selalu berusaha ”back to fundamental” dan tetap tidak malu untuk bertanya kalau tidak mengerti skemanya. Jadi sebagai alumni Harvard, saya mempunyai kepercayaan diri untuk bertanya dan tidak takut dibilang bodoh. Percaya atau tidak, banyak CEO & CFO skala dunia yang malu bertanya karena takut dikira bodoh....it is true. Tahukah kamu berapa resiko derivative di dunia saat ini ?.
  • Hengki : wah nggak tahu, tuh ?
  • CFO : Saat ini resiko derivative sudah hampai mencapai US $ 1 Quadrillion . Itu semua adalah resiko yang tidak jelas fundamental bisnisnya. Saya yakin tidak ada seorangpun di AIG yang tahu resiko-resiko yang sedang diambil perusahaan mereka secara lengkap. Jadi mungkin intinya sebenarnya mereka tidak berniat untuk menipu, tapi memang mungkin betul-betul tidak tahu tentang fundamental bisnisnya. Coba lihat saja kasus Bernie Maddof yang bisa menipu para jutawan sampai hampir US $ 20 Milyard (foto dikanan dari CBS news). Semua karena tidak mengetahui fundamentalnya.
  • Hengki : nah....kalau sudah tahu seperti itu, kenapa Pemerintah Amerika terus mem-bail-out AIG. Sekali lagi pertanyaan ini saya ajukan karena khawatir pemerintah Indonesia bisa melakukan kesalahan atau kebijakan serupa. Jadi lessons-learned ini penting menurut saya.
  • CFO : Kalau tentang ini ada teori ”Too big to fail”. Ada perusahaan-perusahaan yang tidak boleh bangkrut karena merupakan sendi-sendi perekonomian sebuah Negara. Menurut pemerintah Amerika, AIG masuk kategori ini. Juga perusahaan-perusahaan produsen mobil mereka. Mungkin di Indonesia, ilustrasinya adalah perusahaan listrik anda, apa namanya ya ?
  • Hengki : Perusahaan Listrik Negara (PLN)
  • CFO : iyaaa PLN itu sudah masuk kategori ”Too big to fail” di Indonesia. Walaupun perusahaan tersebut terus merugi tapi tetap terus menerus disubsidi oleh Pemerintah. Indonesia juga tidak mencari alternative lain untuk menghilangkan monopoli ini. Sehingga tidak mungkin PLN akan dibiarkan bangkrut berapapun kerugiannya karena tidak ada alternatif lain, dan PLN sudah terlalu ”meng-gurita” dalam kehidupan dan perekonomian Indonesia.
  • Hengki :....I think I need to study in Harvard
  • CFO : Jangan....jangan.....perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat banyak dipimpin oleh alumni Harvard dan banyak yang fail. Rasanya Derivatives dan Junk Bonds juga diciptakan oleh mereka. Lihat sekarang apa dampaknya.

Demikian kira-kira pembicaraan menarik saya dalam pesawat terbang.

Salam
Hengki

kirim ke teman | versi cetak

Berita Makro Lainnya

Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)
Kuncinya adalah mengurangi defisit ekspor-impor Migas
Kenapa pak SBY "memperingatkan adanya krisis global baru" ?
Tahukah anda bahwa Indonesia sudah membuat Mobil Nasional - si Rajawali & Komodo
Kenapa import kita tinggi ? - Insinyur terlalu ingin menjawab how tapi kurang mencari jawaban why
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.81.110.186 | Hostname: ec2-54-81-110-186.compute-1.amazonaws.com