Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2829)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2297)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (2164)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2129)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1915)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1902)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1874)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1832)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1477)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1458)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (42356)
Buku petunjuk SRI (27177)
Laporan kecelakaan kereta api (16188)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14952)
Presentasi air bersih & air limbah (13460)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (12323)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (12310)
Presentasi Padi SRI (11081)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8785)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6879)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Pinjaman Testimoni
Rabu, 13 Desember 17
Posted by:

Lady Mia
KABAR BAIK!!! Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloan company@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.c om dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail. com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan. Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

sell kidney
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

dr alex
Hari baik setiap orang, Jual ginjal. Simpan hidup dan dapatkan uang, jadilah dokter Alex spesialis Pembelia n ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda 500,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@ gmail.com Atau aplikasi apa? +234816202918 7 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan melakukannya Tentu pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda nikmati berbisnis dengan kami Email: dralexspeciallist@ gmail.com Salam

pinjamin
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

Mohammad
kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gma il.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@ gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploande partment@gmail.com

loan
Kamis, 30 Nopember 17
Posted by:

rhonda
Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? atau Butuh pinjaman apapun? Jika demikian, inilah bantuan Anda, dan kami memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan dengan tingkat bunga yang terjangkau. hubungi kami sekarang (rhondasean@yahoo. com)

yhdgh
Selasa, 28 Nopember 17
Posted by:

HARRIET MARK
Kabar baik! Nama saya Harriet Mark, warga negara Indonesia, saya tinggal di Prapak rt1 / 2, kelurahan Kranggan, kecamatan Kranggan, kabupaten temanggung Jawa tengah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya. Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gma il.com) Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( harrietmark01@gmai l.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 7330 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 6258 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 5276 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4770 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2690 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1683 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1957 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 1486 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 1275 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 1364 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

BI rate sudah terendah dalam sejarah, tapi kenapa bunga kredit tidak turun-turun ?

Rabu, 29 Juli 09 - oleh : Triharyo Soesilo | 1 komentar |   4110 hits

Pada tanggal 3 Juli 2009, Bank Indonesia telah menurunkan BI rate ke angka yang terendah dalam sejarah Indonesia yaitu 6.75 %. Terus terang selama beberapa minggu ini, saya sabar menunggu untuk turunnya bunga kredit Perbankan Indonesia. Kenapa saya menunggu turunnya bunga kredit ?. Karena saya mengharapkan proyek-proyek akan mulai bergerak cepat lagi, bila bunga kredit turun.  Tetapi ternyata bunga kredit tetap saja berkisar di angka 13 - 15 %. Padahal bunga deposito sudah diantara 6 s/d 7 %.  Lho kok bisa ?. Dimasa-masa lampau, kalau biaya menghimpun uang dari masyarakat relatif murah (melalui bunga deposito), maka bunga kredit juga akan ikut murah. Tetapi kenapa sekarang Bunga kredit hampir 2 (dua) kali lipat dari bunga Deposito ?. Apa penyebabnya ?.

Selidik punya selidik, rupanya ada 2(dua) penyebab utama, tidak mau turun-nya suku bunga kredit, yaitu ORI & BASEL II. Apa maksud dari kedua kata ini ?.

ORI adalah singkatan dari Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Ini adalah instrumen pemerintah untuk mengumpulkan dana dari masyarakat. Pemerintah tidak ingin lagi terlalu banyak berhutang kepada negara-negara donor. Sehingga untuk menutup APBN-nya, Pemerintah mengumpulkan dana segar melalui penjualan obligasi jangka panjang. Nah, karena menjual Obligasi ditujukan untuk berhutang kepada masyarakat, maka Pemerintah harus memberikan jaminan suku bunga yang cukup menarik. Berikut ini adalah suku bunga untuk 2 (dua) ORI terakhir :

Apa dampak pemerintah menjual ORI dengan mematok suku bunga yang cukup besar tersebut ?. Dampaknya adalah eksodusnya pemodal besar ke ORI (dengan bunga 9.4 % s/d 11.5 %), dari pada menyimpannya di Deposito (yang hanya 6 % s/d 7 %). Sehingga untuk menarik minat pemodal besar, maka perbankan terpaksa memberikan bunga pengembalian yang jauh lebih tinggi dari bunga Deposito (diatas ORI). Jadi bunga ORI inilah yang menjadi salah satu penyebab bunga kredit mahal. Inilah keluhan para pengusaha sektor riel.

Nah, selain ORI, ada penyebab kedua yang membuat para bankir khawatir untuk menurunkan suku bunga kredit. Kekhawatiran itu dipicu oleh adanya rumor bahwa Bank Indonesia akan menerapkan Basel Accord II. Apakah Basel II ini ?. Ini adalah sebuah aturan-aturan baru untuk manajemen resiko sebuah bank akibat terjadinya krisis finansial global. Salah satu contohnya, persyaratan Capital Adequacy Ratio dan Cash flow Adequacy Ratio akan lebih tinggi dari sebelumnya. Untuk menjaga likuiditas perbankan dalam menyongsong implementasi Basel II inilah maka Bank berlomba-lomba menghimpun dana. Penerapan Basel II ini di Indonesia, diperkirakan menambah sekitar 2 s/d 3 % kredit poin terhadap suku bunga.

Jadi formula saya untuk suku bunga kredit sangat mudah = Suku bunga ORI + Persentase untuk memenuhi Basel II = 11.45 % + 2 s/d 3 % = 13.45 s/d 14.45 %. Itulah formula rule of thumb saya.

Apa artinya ini semua buat orang-orang awam seperti saya :

  • Kalau punya uang (kalau), beli saja ORI. Jangan taruh uang di Deposito karena lebih tinggi bunganya dan dijamin pemerintah melalui Surat Utang Negara
  • Jangan berusaha atau membeli sesuatu dengan berhutang, misal membeli mobil, rumah ataupun apartment, karena biayanya sekarang sangat mahal.
  • Juga jangan berharap proyek-proyek konstruksi dan infrastruktur, yang memakai pinjaman bank, akan berjalan dalam waktu dekat

Mudah-mudahan ketiga orang yang ada di foto diatas yaitu Ibu Miranda, Pak Darmin dan ibu Sri Mulyani (foto dari Matanews.com) bisa segera mengambil prioritas mana yang paling tepat bagi bangsa dan negara. Kepada pak SBY, saya mohon calon Gubernur BI untuk segera diusulkan kepada DPR. Kepada anggota DPR juga dimohon untuk segera melakukan fit & proper test calon Gubernur BI pengganti pak Boediono.

Salam
Hengki


From: itb77-bounce@bhaktiganesha.or.id On Behalf Of Triharyo Soesilo
Sent: Wednesday, July 29, 2009 8:04 PM
To: itb77@bhaktiganesha.or.id
Subject: [itb77] Re: BI rate sudah terendah dalam sejarah, tapi kenapa bunga kredit tidak turun-turun ?

Hudaya dan teman-teman

Aku juga nggak terlalu ahli tentang ORI, tapi coba aku jawab pertanyaan anda tentang "apakah pemilik modal besar asing yang menikmati ORI":

  • Dalam membeli ORI, pemerintah memberikan batasan maksimum untuk pembelian, misal untuk ORI No: 006 maksimumnya Rp 3 Milyard.
  • Untuk membeli ORI anda diharuskan menunjukan identitas yang akurat. Pembelian ORI secara teoritis dibatasi oleh Kartu identitas ini, misalnya Kartu Tanda Pengenal (KTP) anda
  • Kenapa data identitas akurat sangat diperlukan, karena berbeda dengan Deposito yang ada Bilyetnya, ORI sifatnya "scriptless". Data kepemilikan ORI tersimpan di kustodian bukan dalam bentuk surat berharga seperti Bilyet Deposito. Maksudnya supaya kepemilikan ORI tidak bisa dicuri, dipalsu ataupun hilang. Hal ini dikarenakan kepemilikan ORI "disimpan" (dimiliki) dalam jangka waktu yang jauh lebih lama (3, 4, 5 tahun) dari penyimpanan bilyet deposito
  • Dengan penjelasan diatas, maka sangat sulit bagi seorang "pemodal besar asing" untuk membeli ORI dalam jumlah yang sangat besar. Mereka harus menghimpun ratusan orang untuk menjadi "jockey" dalam membeli ORI. Pemerintah rasanya cukup cerdik untuk menjaga agar ORI dinikmati rakyat banyak.
  • Dari data kustodian ORI No:001 s/d 005 terlihat tabel data komposisi kepemilikan (profil investor) ORI di Indonesia (lihat tabel dibawah). Tampak bahwa kepemilikan ORI selama ini terdiri dari PNS & TNI Polri, Pegawai swasta, Wiraswasta, Ibu rumah tangga dan lain-lain dalam jumlah yang kira-kira berimbang. Terkadang jumlah investor PNS & TNI kecil, tapi juga bisa saja di ORI No 005 yang banyak ditargetkan untuk PNS, TNI & Polri jumlah investornya cukup besar (22%).

Menurut saya ORI, masih cukup baik sebagai instrument investasi. Sebagai contoh kalau kita membeli ORI No:005 di tahun 2008, maka hari ini kita akan menikmati bunga yang dibayarkan setiap tanggal 15 sebesar 11.45 % (sampai 15 September 2013). Disisi lain, jika uang yang sama kita taruh di Deposito, hari ini mungkin hanya memperoleh bunga sekitar 6 % (hampir separohnya, kan ?).  Padahal ORI dijamin pembayaran pokok dan bunganya oleh Negara melalui Undang-Undang, sehingga resikonya sangat kecil dibanding menaruh uang di Bank yang resikonya, misalnya Bank bisa bangkrut.

Di belahan dunia lain, urutan risk and return biasanya sebagai berikut :

1.      High risk and high return - Shares (Saham)

2.      Medium risk and medium return - Deposits (Deposito) and Corporate Bonds (Obligasi)

3.      Low risk and low return - Government bonds

Tapi di Indonesia justru terbalik. Return dari Government bonds mengalahkan return-nya Deposito. Padahal sebenarnya Government bonds umumnya memiliki lower risk dibanding resiko Deposito. Jadi sayang kalau rekan-rekan ITB-77 tidak memanfaatkan instrumen investasi ORI. Ini bukan jualan, lho, tapi mohon coba saja dipelajari sendiri dan dipertimbangkan. Demikian dan mudah-mudahan bermanfaat.

-----Original Message-----
From: itb77-bounce@bhaktiganesha.or.id On Behalf Of hudaya.taudjidi
Sent: Wednesday, July 29, 2009 9:12 AM
To: itb77@bhaktiganesha.or.id
Subject: [itb77] Re: BI rate sudah terendah dalam sejarah, tapi kenapa bunga kredit tidak turun-turun ?

Hengki mohon maaf , I am so dumb about this thing.

Saya pernah dengar di suatu diskusi ekonomi di TV tapi saya lupa siapa nama pakar yang "complain" tentang bunga ORI yang terlalu tinggi ini .

Dia mengatakan bahwa dengan bunga yang TINGGI  ini,  "pemilik besar modal asing" juga akan berlomba-lomba membeli ORI ini melihat suku bunganya  yang begitu menggiurkan. Uang suku bunga tinggi ini  tentunya akan mengalir masuk ke pundi-pundi asing di luar.

Pertanyaan kritis dari pakar ini, kurang lebih adalah : " Mengapa sekarang ini kita berikan dan biarkan mereka dengan kenikmatan suku bunga yang begitu tinggi, sementara ini adalah hutang negara yang suatu saat nanti harus dibayar oleh rakyat Indonesia...."

Mohon pencerahan ,Hengki....

Salam
Hudaya

E-mail Hudaya ini, menjawab tulisan saya sebelumnya yang bisa dibaca pada link ini.

kirim ke teman | versi cetak

Berita Makro Lainnya

Ini paket stimulus pada berbagai negara di seluruh dunia - Apakah Indonesia hanya akan andalkan KUR ?
Belum pernah terjadi - Jepang bangkrut, Korea Selatan surplus besar & Malaysia salah arah
Saya berdoa dan berharap agar Sri Mulyani & Aburizal Bakrie bersatu padu selamatkan bangsa
Apakah kiat Filiipina, Malaysia, & Thailand sehingga pertumbuhan mereka 7,8%, 10%, & 12% ?
Berita Lebaran yang kurang menggembirakan - Ekspor Indonesia terjun bebas

Komentar Pengunjung

1. nasionalis patriotik
Sabtu, 26 September 09 - oleh : Djoko H
masih ada temen yang menyempatkan waktunya untuk menggelitik hati sanubari kita semua, agar ingat indonesia masih butuh anda semua, untukdiperjuangkan nasib nya, mumpung anda masih punya kekuasaan - bangunlah indonseia kita ini. btw, mencari temen2 lama TK 75 bu nancy, 76 Reiner dll, 73 edi santoso

Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.221.147.93 | Hostname: ec2-54-221-147-93.compute-1.amazonaws.com