Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2680)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2005)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (1977)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (1963)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1737)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1691)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1661)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1635)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1339)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1325)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (41606)
Buku petunjuk SRI (26386)
Laporan kecelakaan kereta api (15454)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (13977)
Presentasi air bersih & air limbah (12714)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (11523)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (11498)
Presentasi Padi SRI (10297)
Presentasi Industri Jarak Pagar (7930)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6099)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Korporasi (20)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Tanya Perihal CEO Garuda Food Hardianto Atmadja
Rabu, 05 April 17
Posted by:

heri lingga
Bolehkah saya tanya ke Pak Triharyo, apa yang membuat nama CEO Garuda Food Hardianto Atmadja, bisa muncul sebagai CEO yang terbilang sukses karena melakukan beberapa rekomendasi yang disuguhkan rekan Bpk. Yang saya tanya, komentar Bpk. Pada item atua butir mana saja yang dilakukan Garuda Food dibawah Pak Hardianto Atmadja yang terbilang menonjol dan membawa perusahaan bukan hanya bertahan, tapi juga berkembang dan menjadi jagoan di satu produk. Terimakasih. Wass. Heri Lingga ----------- - Journalis Warta Ekonomi

Cari pembeli jarak kepiar
Minggu, 02 April 17
Posted by:

Samsia
salam... saya samsia, di kampung saya mencari siapa saja yang mau bermitra untuk membeli biji jarak kepyar didaerah saya . saya bisa sumplai tiap bulan. ketertarikan dengan jarak tersebut yaitu potensi tumbuhnya sangat baik ditempat saya dan saya semakin yakin setelah melihat pangsa pasarnya. tingkat kemerataan tumbuh jarak kepyar ditempat saya kurang lebih 75 % (yang tumbuh alami di sepanjang tanah tempat tingal kami) bagi kawan-kawan atau pengusaha yang berminat bisa hubungi saya di 085240079984 Daera h Sulawesi tenggara Butuh yang serius

kerenn nihhh... manfaatkan energi lain
Selasa, 10 Januari 17
Posted by:

jakarta
ayo hemat listri untuk kehidupan dimasa depan... jangan boros2.. ya... keren omm http://www.arah.co m

Penjelasan Yang Gampang Di Cerna
Minggu, 10 Juli 16
Posted by:

abi zamahsyari
Dengan bahasa yang gamblang dan mudah di cerna, pada intinya rupiah yang di pakai untuk transaksi, semoga pihak jepang tidak mengambil angka keamanan rupaihnya tinggi sehingga, tetap kompetitif dan efisieen. Dan juga kontrak ini berada pada level saling membutuhkan dan bermanfaat, jangan karena poltik, sehingga ekonomi nomer dua. aamiin, salam

Semoga membawa berkah
Sabtu, 18 Juni 16
Posted by:

Ricky Soewito
Semoga usaha yang dilakukan ini akan memberi berkah. Kepada Andreas dan tim kerjanya. Serta memberi berkah untuk para pasien yang mendapat pelayanannya.. Bravo Andreas....maju terus..

List Lengkap

Statistik Situs

Visitors 2472661 Users
Hits 4412668 hits
Month 1902 Users
Last-24hr 340 Users
Online 1 User(s)

Web Link

teguh santosa
[07-Feb-2010 - 6653 hits]
Informasi Pertanian Organik
[10-Jan-2010 - 6112 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 5659 hits]
Planethijau
[05-Nov-2009 - 5608 hits]
ANGKATAN 1980 ITB
[06-Aug-2009 - 4986 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 4626 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4111 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2031 hits]
Wisata Dunia
[25-Nov-2008 - 2242 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1046 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Inilah mungkin diskusi terakhir saya dengan "Pak Jusuf Kalla sebagai Wapres"

Senin, 03 Agustus 09 - oleh : Triharyo Soesilo | 3 komentar |   3210 hits

Saya memulai tulisan ini dengan menyampaikan bahwa saya tidak memilih pak Jusuf Kalla (JK) untuk menjadi Presiden RI, saat Pilpres tanggal 8 Juli 2009 yang lalu, karena alasan-alasan yang tidak bisa saya sampaikan disini. Tetapi pilihan ini tidak berarti saya tidak respek kepada pak JK sebagai seseorang "penerobos" teknologi dan industri di Indonesia.

Itulah sebabnya sewaktu saya mendengar bahwa pak JK akan meninjau langsung proyek-proyek pembangkit 10.000 MW pada Kamis, 30 Juli 2009 yang lalu, saya memutuskan untuk menerima beliau secara khusus di lokasi proyek Suralaya. Keputusan ini bertolak belakang dengan banyak Menteri dan para Direktur utama BUMN, yang saat ini justru menjauh dari pak JK dan tidak ingin mendampingi beliau dalam kunjugan-kunjungan resmi Wapres (lihat foto kunjungan Wapres tanpa Menteri). Jadilah saya satu-satunya Dirut BUMN yang ada dalam acara tersebut. Hal ini sangat berbeda dengan kunjungan-kunjungan pak JK sebagai Wapres dimasa-masa lampau. Kala itu, para Dirut BUMN dan para Menteri saling berebut untuk ikut rombongan pak JK, saya justru menjauh dan sering menghindar, walaupun diminta. Dimasa lampau, saya berprinsip akan "mem-back-up 1000%" keputusan-keputusan serta kebijakan-kebijakan terobosan teknologi dan industri pak JK sebagai Wapres, karena beliau adalah personafikasi kebijakan Pemerintah. Kami "mem-back-up"-nya melalui kerja keras jajaran perusahaan kami, tanpa harus menonjol-nonjolkan diri dalam misalnya ikut-ikutan rombongan kunjungan pak JK kemana-mana.

Namun Kamis lalu sangat berbeda, saya justru ingin sekali mengapresiasi pak JK atas inisiatif keberanian beliau "menerobos" kelangkaan pasokan listrik dan upaya spektakuler pengurangan subsidi listrik, melalui Program 10.000 MW-nya. Biarlah sejarah nanti yang akan membuktikan benar atau salahnya kebijakan ini. Disaat kunjungan kerja tersebut, khususnya dalam ruangan rapat proyek Suralaya, pak JK sebagaimana biasa membawa kalkulator pribadinya yang berukuran besar dan dengan cepat beliau menghitung harga per MW proyek PLTU Suralaya. Selesai memencet-memencet "kalkulator akbarnya", langsung pak JK mengarahkan pertanyaannya ke saya, "harga pembangkitnya murah ya, US $ 700.000 per MW ?". Saya mengiyakan dan menyampaikan bahwa Pemerintah, "mujur dan mendapat harga discount untuk PLTU Suralaya". Beliau tersenyum lebar dan kami melanjutkan diskusi, sepertinya tidak menghiraukan para tamu lainnya. Sebagaimana di masa-masa lampau, suasana pembicaraan kami selalu informal dan ada rasa "kehausan" akan informasi dari sektor riel yang selalu ingin beliau ketahui. Suasananya selalu "kerja dan kerja", tetapi sangat akrab, tanpa formalitas dan tanpa basa-basi yang kaku.

Dalam pembicaraan-pembicaraan kami secara pribadi dengan pak JK di masa-masa lampau, saya selalu berasumsi bahwa pak JK sebenarnya sudah tahu tentang banyak hal. Saya tahu sekali bahwa beliau hanya ingin menguji informasi-informasi yang beliau telah kumpulkan, dan ada dibenak pemikiranya. Dengan asumsi inilah, saya berdiskusi dengan pak JK pada hari Kamis lalu, yang mungkin adalah merupakan diskusi terakhir saya, dengan beliau sebagai Wapres :

Pak JK sambil tersenyum melihat ke saya : "Berapa kandungan lokalnya ?". Maksud beliau, peralatan dan jasa dalam negeri di proyek PLTU Suralaya.

Saya sengaja diam dan membiarkan team proyek PLN yang menjawab. Pak Paingot (kepala proyek PLN) menjawab : "Hampir 30 %, pak"

Saya menambahkan : "Tetapai di proyek-proyek Kilang Migas, kami sudah jauh diatas 50% kandungan lokalnya, pak"

Pak JK : "Kenapa waktu itu tidak bisa lebih besar, ya ?". Kejar beliau dengan tetap berpaling ke saya.

Saya menjawab sambil tersenyum: "Wah bapak lupa, untuk yang PLTU skala besar, waktu itu semua terkait ke pendanaan dari China, pak."

Pak JK : "Ohh,..iya, iya. Tapi untuk yang diluar Jawa dan yang ukurannya lebih kecil, kan kandungan lokalnya lebih besar, karena pendanaannya lokal"

Saya :"betul pak, kita sebutnya waktu itu Program PLTU Merah-Putih". Lalu saya sebutkan persentase kandungan lokal sesuai dengan skala PLTU-nya

Pak JK : "apa sebenarnya, yang masih belum bisa kita buat sendiri ?".

Dalam menjawab ini, saya sekali lagi berasumsi bahwa pak JK sebenarnya sudah tahu jawabannya: "Mesin berputar, pak. Seperti turbine, generator, pompa, blower dll. Kalau peralatan fabrikasi 'plate works' seperti boiler, bin, conveyor, ducting, dll, kita sudah mampu dan bahkan export".

Pak JK : "iya..iya...ada perusahaan Indonesia dengan nama asing yang buat Boiler, apa ya namanya, ya ?.....Siemens apa ya ?".

Saya : "Alstohm, pak, yang membuat Boiler dan export ke luar negeri".

Pak JK : "iya..iya Ahlstohm........Sudahlah mesin berputar seperti turbine dan generator kita import dulu, tapi lainnya kita bikin sendiri yaa ?. " pinta beliau.

Saya menjawab tegas : "Siap pak" (saya sengaja membuat signal menghormat ke pak JK). Tampak Pak JK tersenyum semakin lebar. "Akan tetapi ada syaratnya, pak". Saya melanjutkan, tidak ingin ABS (Asal Bapak Senang).

Pak JK ; "Lho, apa syarat-nya ?"

Saya : "Asal perbankan nasional berani membiayai proyeknya, pak".

Pak JK : "ooh iya..iya....betul, betul".

Kami berdua melanjutkan diskusi tentang banyak hal. Tampak ada sesuatu yang "hilang" dari wajah beliau, dibandingkan dengan pembicaraan-pembicaraan kami sebelumnya. Hilanglah kesan "apalagi yang akan, dan harus kita kerjakan kedepan"dari beliau. Namun sekaligus tampak sekali perasanaan puas tersirat di wajah pak JK, terutama setelah mengetahui bahwa beberapa proyek-proyek PLTU 10.000 MW tahap I sudah mulai beroperasi, seperti PLTU Labuan dan banyak yang mendekati tahap persiapan operasi seperti PLTU Indramayu, PLTU Rembang dll. Inilah salah satu kreasi dan karya beliau sebagaimana terobosan-terobosan Pak JK lainnya seperti pengaliran gas alam dari Sumsel ke Jawa, Industri Gula, Konversi Minyak tanah ke LPG, Pengembangan Industri Panas bumi, Rumah susun dll. "Mudah-mudahan Pulau Jawa tidak ada pemadaman lagi. Penghematan subsidi listrik dalam beberapa tahun, sudah mampu membayar investasi PLTU-PLTU  ini. Cobalah kalian hitung sendiri", kata pak JK kepada kita semua.

Selesai meninjau proyek dan sebelum memasuki mobil ber-plat nomer "RI 2", pak JK berbalik dan menyalami tangan saya, "Usahakan berikutnya jadi main kontraktor dan dengan kandungan lokal diatas 50%, ya". Saya menyatakan sanggup dan mohon doanya.

Salam
Hengki

kirim ke teman | versi cetak

Berita Listrik Lainnya

Setelah "Pembangkit listrik merah putih" - Next "Pabrik gula merah putih"
Peluang US $ 2 milyard di industri transmisi listrik & gardu induk
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik
Seorang putra Indonesia yang bernama Iskandar Budisaroso Kuntoadji
Bagaimana negara Jepang mensiasati harga BBM yang tinggi

Komentar Pengunjung

1. Ini Ada Yang Lebih Murah
Jumat, 07 Agustus 09 - oleh : Wikan
:) PLTU itu $700.000,- /MW . PLTU = global warming. Ini ada alternatif : http://positiveenergy.blogspot .com/2004/08/what-heck-is-luec .html

Komparasi : http://iaea.org/NuclearPower/D ownloads/2007_10_TechAss_WS/Hy perlinks%20for%20agenda/L-5-3_ Tarjanne-Rev.pdf

Suplemen : http://nuklir.fi.itb.ac.id/pag es/download1.php

2. i love my JK
Sabtu, 08 Agustus 09 - oleh : sutatosa
Pak Hengki, artikel mengenai JK selalu meng inspirasi kami. titip salam buat my beloved JK : sang visioner, man in action,...the real president, teladan dan inspirasi bagi kami semua,... (walau kami hanya mengenal jk dan pak hengki melalui tulisan saja)

rasanya kekurangan JK hampir mirip dgn pak hengki,... mungkin belum terlambat jika orang orang seperti pak hengki untuk memulai juga PENCITRAAN,.. tebar pesona jangan kalah oleh orang orang seperti sby,... mulai dibarengi dengan menjual diri agar orang tau prestasi kita, (biarin orang menilai kita riya, kita niatin aja dengan 'semangat berbagi cerita sukses'

sehingga BUKAN HANYA orang orang yang CUMA mementingkan pencitraan yang terpilih, tapi juga orang orang di balik layar yang memang bener bener kerja nya

salam hormat,

3. selamat berkarya dibidang yang lebih nyata p jk
Kamis, 17 September 09 - oleh : tamzi
kenapa orang seperti pak jk begitu cepat meninggalkan dunia kekuasaan yang penuh misteri dan pelik.
semoga pak jk tetep dikaruniai kesehatan iman dan kebahagiaan. amin amin amin
semoga pemimpim negeri ini akan datang lagi seperti pak jk dan pak hengki salah satunya yang dapat menyelamatkan negeri ini untuk dapat bangun dan bangun kerja dan kerja, kerja keras cepat jujur dan profesional.
semoga alloh mengabulkan amin amin amin.
salam dari jogja.

Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Sabtu, 28 Juni 14
Bagaimana sejarah nantinya menilai Budiono sebagai Wakil Presiden ?

Kamis, 29 Mei 14
Industri matahari terbenam dan Industri matahari terbit

Sabtu, 17 Mei 14
Sutan Syahrir, Nasution dan Pemilu 2014

Minggu, 01 September 13
Pengakuan seorang pemain Golf (Golfer)

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.158.253.134 | Hostname: ec2-54-158-253-134.compute-1.amazonaws.com