Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2702)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2037)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2001)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (1993)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1766)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1719)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1685)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1683)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1360)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1343)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (41693)
Buku petunjuk SRI (26462)
Laporan kecelakaan kereta api (15527)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14119)
Presentasi air bersih & air limbah (12799)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (11607)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (11589)
Presentasi Padi SRI (10371)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8016)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6175)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Hello
Sabtu, 14 Oktober 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah Dokter Daniel adalah seorang Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami Klinik spesialis dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan sungkan hubungi kami via email Email: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com Nomor Whatsapp: +2349028230916. Sa lam Hormat. Dr Daniel.

Halo
Jumat, 13 Oktober 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal? Atau kamu mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami menawarkan jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah Dr. Daniel adalah seorang nephrologist di UBTH Medical Center. Kita Klinik khusus untuk operasi ginjal, dan kami juga melakukan pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika kamu Tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu hubungi kami melalui email E-mail: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com nomor whatsapp: +2349028230916 Sal am pembuka Dr. Daniel

Tanya Perihal CEO Garuda Food Hardianto Atmadja
Rabu, 05 April 17
Posted by:

heri lingga
Bolehkah saya tanya ke Pak Triharyo, apa yang membuat nama CEO Garuda Food Hardianto Atmadja, bisa muncul sebagai CEO yang terbilang sukses karena melakukan beberapa rekomendasi yang disuguhkan rekan Bpk. Yang saya tanya, komentar Bpk. Pada item atua butir mana saja yang dilakukan Garuda Food dibawah Pak Hardianto Atmadja yang terbilang menonjol dan membawa perusahaan bukan hanya bertahan, tapi juga berkembang dan menjadi jagoan di satu produk. Terimakasih. Wass. Heri Lingga ----------- - Journalis Warta Ekonomi

Cari pembeli jarak kepiar
Minggu, 02 April 17
Posted by:

Samsia
salam... saya samsia, di kampung saya mencari siapa saja yang mau bermitra untuk membeli biji jarak kepyar didaerah saya . saya bisa sumplai tiap bulan. ketertarikan dengan jarak tersebut yaitu potensi tumbuhnya sangat baik ditempat saya dan saya semakin yakin setelah melihat pangsa pasarnya. tingkat kemerataan tumbuh jarak kepyar ditempat saya kurang lebih 75 % (yang tumbuh alami di sepanjang tanah tempat tingal kami) bagi kawan-kawan atau pengusaha yang berminat bisa hubungi saya di 085240079984 Daera h Sulawesi tenggara Butuh yang serius

kerenn nihhh... manfaatkan energi lain
Selasa, 10 Januari 17
Posted by:

jakarta
ayo hemat listri untuk kehidupan dimasa depan... jangan boros2.. ya... keren omm http://www.arah.co m

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 6743 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 5739 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 4706 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4191 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2129 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1122 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1364 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 955 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 790 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 867 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Hadiah tahun baru dari saya - 10 artikel klasik dari dekade lalu, karya Harvard Business Review (HBR)

Sabtu, 02 Januari 10 - oleh : Triharyo Soesilo | 3 komentar |   3906 hits

Selama liburan tahun baru 2010 ini, saya sempat jalan-jalan di sebuah mall dan mampir ke sebuah toko buku. Pada sebuah rak majalah di toko buku tersebut, saya menemukan sebuah majalah, dengan judul, "10 must reads from HBR" yang dibuat oleh Harvard Business Review (HBR) OnPoint - lihat foto. Karena sangat gemar membaca tulisan-tulisan karya HBR, dan juga relatif sering menerapkan kiat-kiatnya dalam pengelolaan perusahaan, maka hampir sebagian besar dari artikel-artikel "klasik" tersebut, saya agak kenal isinya dan juga sangat menyukainya. Sehingga timbul rasa keinginan saya untuk membeli rangkuman artikel-artikel klasik, yang telah disusun menjadi sebuah buku (majalah) oleh HBR.

Tapi sewaktu melihat harga buku, yang ternyata Rp 275.000, maka timbul rasa "sayang uang", untuk membelinya. Namun karena bagusnya tulisan-tulisan klasik tersebut, maka di hari-hari libur ini, saya mencoba mencari kesepuluh artikel tersebut di internet. Ternyata seluruh artikel tersebut tersedia untuk diunduh (didownload) secara gratis pada berbagai website di internet.

Sebagai sebuah hadiah tahun baru dari saya, bersama ini saya tuliskan "download links" kesepuluh artikel "klasik dan abadi" karya HBR, yang menurut saya sangat baik bila disempatkan untuk dibaca oleh para sahabat. Saya yakin artikel-artikel tersebut, telah membuat banyak perusahaan-perusahaan di seluruh dunia menjadi lebih baik. Saya juga mencoba memberikan ulasan sedikit tentang artikel-artikel tersebut dengan iringan doa semoga bermanfaat, khususnya bagi kalangan yang ingin mengembangkan dirinya, perusahaannya maupun institusi tempat ia bekerja.

Berikut "10 must reads" dari HBR, yang saya susun berdasarkan kronologi tahun terbitnya dengan lokasi untuk men-download-nya :

1. "Marketing Myopia," by Theodore Levitt yang ditulis pada bulan Oktober 1975. Download disini.

Artikel bersejarah ini memperkenalkan konsep perubahan yang mendasar, supaya kita jangan terlalu fokus pada "penjualan produk" tetapi justru "melayani keinginan customer". Selama bermitra dan bersaing, saya sering melihat banyak perusahaan di Indonesia, yang hampir seluruh jajaran organisasinya, hanya terpaku pada produksi dan penjualan produk. Mereka tidak pernah berusaha mencari tahu, apa keinginan dari para pelanggan (customer) mereka.

2. "The Core Competence of the Corporation," by C.K. Prahalad and Gary Hamel yang ditulis pada bulan Mei 1990. Download disini.

Inilah tulisan pertama yang membahas tentang "core competence". Apa definisinya dan bagaimana menerapkannya agar sebuah perusahaan bisa tumbuh dengan mengandalkan core competence-nya. Diperkenalkan juga tentang perbedaan dari istilah core competence, core products dan end products. Great article.

3. "What Is Strategy?" by Michael E. Porter yang ditulis pada bulan November 1996. Download disini

Sewaktu pertama kali membaca artikel ini, saya sempat tertarik pada caption, "Hampir sebagian besar perusahaan Jepang, jarang yang mempunyai strategi". Tulisan ini bila semakin dibaca, akan semakin merubah pemikiran kita tentang perlunya strategi dan bukan hanya fokus pada operational effectiveness saja.

4. "Putting the Balanced Scorecard to Work," by Robert S. Kaplan and David P. Norton ditulis pada bulan Februari 1996. Download disini.

Siapa yang tidak mengenal 4 (empat) perspective financial, customer, business process, learning and growth, yang diperkenalkan oleh kedua penulis legendaris ini. Keempat perspective ini kemudian menjadi mantra bagi banyak perusahaan di dunia, untuk melakukan pengembangan perusahaan secara berimbang (balanced).

5. "What Makes a Leader?"by Daniel Goleman yang ditulis pada tahun 1998. Download disini.

Daniel Goleman adalah seseorang yang memperkenalkan kita pada kata "Emotional inteligence". Saya sangat terkesan dengan cara Daniel mengulas tentang peran motivasi pada diri seseorang. Inilah salah satu artikel terbaik untuk pengembangan diri dan tentunya juga bisa dipakai untuk mengevaluasi anak buah anda.

6. "Managing Oneself," by Peter F. Drucker ditulis pada tahun 1999. Download disini

Semakin kita berumur, seharusnya kita semakin mudah untuk menjawab 5 (lima) pertanyaan dari Peter Drucker, seorang management guru. "What are my strengths ?', "How do I perform?", "What are my values ?", "Where do I belong ?", "What can I contribute ?". Sebuah tulisan klasik yang mengingatkan kita untuk "me-manage" diri kita sendiri.

7. "Competing on Analytics" by Thomas H Davenport ditulis pada bulan April 2000. Download disini

Sebuah konsep untuk merubah IT dari hanya sebagai alat pendukung, menjadi sebuah senjata persaingan yang ampuh. Banyak sekali contoh-contoh yang diulas pada artikel ini, yang pasti akan merubah cara pengelolaan perusahaan anda, bila anda telah selesai membacanya.

8. "Meeting the Challenge of Disruptive Change," by Clayton M. Christensen and Michael Overdorf ditulis pada bulan Januari 2006 . Download disini

Kenapa ada sebagian perusahaan yang tampaknya mampu berinovasi terus menerus, namun banyak juga perusahaan yang mempunyai dana serta sumber daya yang cukup, tetapi gagal ber-inovasi. Artikel ini mengulas cara menyusun team dalam sebuah organisasi untuk melakukan inovasi. Simple guidelines.

9. "Innovation: The Classic Traps," by Rosabeth Moss Kanter yang ditulis pada November 2006. Download disini

Strategi Inovasi terkadang datang dan pergi dalam sebuah perusahaan. Rosabeth Moss Kanter mencoba menyelidiki kenapa banyak inisiatif-inisiatif gagal dalam perusahaan. Ia kemudian menjadi salah seorang pembicara terkenal dalam bidang kegagalan inovasi. Seminarnya sangat mahal untuk mengikutinya.

10. "Leading Change: Why Transformation Efforts Fail," by John P. Kotter yang ditulis pada Januari 2007. Download disini.

John Kotter menyederhanakan 8 (delapan) tahapan transformasi dan beberapa contoh-contoh yang bisa menyebabkan transformasi gagal pada setiap tahapan.

Itulah hadiah tahun baru dari saya. Selamat membaca dan juga selamat mencobanya (bila belum) di tahun 2010. Percayalah bila diterapkan dengan baik, maka kinerja anda, ataupun perusahaan anda, ataupun institusi tempat anda bekerja akan menjadi lebih baik di tahun 2010. Amien

Salam
Hengki

Komentar dari milis:


From: Admin Migas [mailto:Swastioko.Budhi@indosat.net.id]

Sent: Saturday, January 02, 2010 10:40 PM
To: Migas_Indonesia@yahoogroups.com
Subject: (mgt) 10 must reads from Harvard Business Review

Migas Indonesia,

Di Milis IA ITB, saya melihat ada posting menarik dari Mas Hengki (Dirut Rekayasa Industri) mengenai "10 must reads from Harvard Business Review" sebagai pengantar kesuksesan anda di tahun 2010. Untuk memudahkan anda, saya sudah kumpulkan dokumennya menjadi satu kesatuan di URL : http://www.migas-indonesia.net/index.php?option=com_docman&task=cat_view&gid=327&Itemid=42.


From: IA-ITB@yahoogroups.com [mailto:IA-ITB@yahoogroups.com] On Behalf Of Soemantri Widagdo
Sent: Sunday, January 03, 2010 1:24 AM
To: IA-ITB@yahoogroups.com; itb77@bhaktiganesha.or.id
Subject: Re: [IA-ITB] Hadiah tahun baru dari saya - 10 artikel klasik dari dekade lalu, karya Harvard Business Review (HBR)

Pak Hengki,

Terima kasih banyak untuk sharing the TOP-10 HBR articles. Dari ke sepuluh artikel saya sangat terkesan dengan yang No. 9: Innovation: the classic traps. Terutama, karena saya sudah mengalami sendiri atau melihat sendiri ke empat "lubang" yang perlu dihindari dari pengalaman kerja di 3M yang sampai tahun 2007 termasuk TOP-3 company paling innovatif di dunia: 

  1. Strategy Mistakes: Hurdle too high and scope to narrow
  2. Process Mistakes: Controls too tight
  3. Structure Mistakes: Connections too loose, separations too sharp
  4. Skill Mistakes: Leadership too weak, communication too poor

Semenjak tahun 2008, 3M menjadi ranking no. 21 (turun dari Top-3 - bahkan tidak termasuk top-10). Di ganti oleh Apple dan Google. Ke-empat faktor diatas semuanya play a role in this decline. Tapi saya kira yang paling dasar adalah karena 3M tidak mengikuti jaman. Masih tertinggal di abad 20 (produk, prosess, struktur organisasi dan leadership). Jadi disamping menghindari ke 4 "lubang" diatas, setiap perusahaan perlu mencari kesempatan yang sealir dengan jamannya.

-Soemantri 


kirim ke teman | versi cetak

Berita Korporasi Lainnya

Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia
Mengenang almarhum Arif Arryman dan konsep "sertifikasi berjenjang"
Bisnis apa yang harga sahamnya saat ini justru naik & kenalkah anda dengan Adrian Zecha ?
Kenapa BUMN merugi & bangkrut - Sharing Pidato saya saat pengunduran diri pada RUPSLB
Berita 2011 yang bisa berdampak - menghadapi kejahatan akutansi

Komentar Pengunjung

1. Terimakasih
Minggu, 03 Januari 10 - oleh : ikazain
Pak Hengky, terimakasih hadiah tahun barunyaaaa.
Saya juga penggemar review harvard.
Kapan Bandung lagi paaaaak? :) :)
Selamat tahun baru anyway ya, Pak.
Salam untuk keluarga.
:)

2. Terimakasih
Rabu, 27 Januari 10 - oleh : Leo Hendroyono
Terimakasih mas.Hengky hadiah tahun barunya, artikel-2 yang mas.Hengky sampaikan bagikan sangat bermanfaat berbobot, sukses selalu tuk mas.Hengky Top Markotp dech...Salam tuk konco bolo kurowo Klrg.

3. Terimakasih
Rabu, 27 Januari 10 - oleh : Leo Hendroyono
Terimakasih mas.Hengky hadiah tahun barunya, artikel-2 yang mas.Hengky sampaikan bagikan sangat bermanfaat berbobot, sukses selalu tuk mas.Hengky Top Markotp dech...Salam tuk konco bolo kurowo Klrg.

Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 23.20.86.177 | Hostname: ec2-23-20-86-177.compute-1.amazonaws.com