Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2793)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2246)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (2120)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2099)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1867)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1846)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1828)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1799)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1445)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1427)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (42133)
Buku petunjuk SRI (26952)
Laporan kecelakaan kereta api (15978)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14694)
Presentasi air bersih & air limbah (13242)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (12105)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (12078)
Presentasi Padi SRI (10877)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8560)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6646)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Pinjaman Testimoni
Rabu, 13 Desember 17
Posted by:

Lady Mia
KABAR BAIK!!! Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloan company@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.c om dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail. com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan. Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

sell kidney
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

dr alex
Hari baik setiap orang, Jual ginjal. Simpan hidup dan dapatkan uang, jadilah dokter Alex spesialis Pembelia n ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda 500,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@ gmail.com Atau aplikasi apa? +234816202918 7 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan melakukannya Tentu pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda nikmati berbisnis dengan kami Email: dralexspeciallist@ gmail.com Salam

pinjamin
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

Mohammad
kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gma il.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@ gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploande partment@gmail.com

loan
Kamis, 30 Nopember 17
Posted by:

rhonda
Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? atau Butuh pinjaman apapun? Jika demikian, inilah bantuan Anda, dan kami memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan dengan tingkat bunga yang terjangkau. hubungi kami sekarang (rhondasean@yahoo. com)

yhdgh
Selasa, 28 Nopember 17
Posted by:

HARRIET MARK
Kabar baik! Nama saya Harriet Mark, warga negara Indonesia, saya tinggal di Prapak rt1 / 2, kelurahan Kranggan, kecamatan Kranggan, kabupaten temanggung Jawa tengah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya. Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gma il.com) Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( harrietmark01@gmai l.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 7125 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 6116 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 5090 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4584 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2532 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1515 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1775 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 1310 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 1165 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 1256 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Mengenang Ibnu Sutowo - Tanpa jasa beliau saya tidak mungkin kuliah di Amerika Serikat

Kamis, 25 Februari 10 - oleh : Triharyo Soesilo | 3 komentar |   8441 hits

Untitled document

Di akhir tahun 1981 sewaktu lulus dari jurusan Teknik Kimia ITB, saya sangat ingin untuk melanjutkan kuliah di Amerika serikat, khususnya mengambil spesialisasi dalam "Membuat perangkat lunak untuk merancang pabrik dengan menggunakan Personal Computer"(Process simulation for Plant design). Perlu saya ingatkan bahwa IBM Personal Computer (PC), baru saja diluncurkan pada pertengahan tahun 1981. Visualisasi saya, PC akan menjadi murah dan akan mampu untuk dimiliki oleh setiap insinyur Indonesia. Di tahun 1970-an, hanya perusahaan-perusahaan raksasa yang memiliki computer dan mampu merancang pabrik. Jadi jika PC tersedia dengan murah, dan perangkat lunak untuk merancang pabriknya sudah kita kuasai, maka insinyur-insinyur Indonesia pasti akan mampu merancang pabrik secara mandiri. Begitu pikiran saya saat itu.

Itu cita-cita saya di tahun 1981. Ternyata merealisasikan cita-cita ini menghabiskan puluhan tahun dari hidup saya.... tapi itu sebuah cerita terpisah.

Kembali ke cita-cita melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Tantangan saya, adalah bagaimana bisa memperoleh dana untuk melanjutkan kuliah di Amerika. Karena walaupun keluarga kami Alhamdulilah berkecukupan, namun orang tua kami tidak mampu untuk membiayai uang kuliah dan biaya hidup saya di Amerika. Di kala itu, biaya yang harus dikeluarkan sekitar US $ 10.000 s/d 15.000 per tahun untuk uang kuliah, dan juga biaya hidup. Dengan niat yang sangat menggebu-gebu, maka saya mulai mencari-cari berbagai sumber bea siswa di Amerika maupun di Indonesia. Satu per satu lembaga bantuan, saya kirimi surat  untuk memohon bea siswa. Saat itu belum ada e-mail, jadi relatif cukup banyak uang saku, yang saya belanjakan untuk membeli perangko. Karena kita harus mengirim banyak sekali surat untuk urusan mendaftar sekolah, mengikuti berbagai international tests (TOEFL, GRE general, GRE engineering yang kala itu belum online dan belum ada credit card seperti sekarang) serta tentunya mengirim surat-surat untuk mencari bea siswa. Saat itu, surat harus ditimbang terlebih dahulu untuk menentukan harga perangko.

Melalui kakak saya, terbetik berita bahwa ada sebuah institusi di New York yang bernama "Permina Foundation". Saya akhirnya mengetahui bahwa Permina Foundation adalah sebuah hasil pemikiran Pak Ibnu Sutowo, untuk membantu putra-putri Indonesia memperoleh pendidikan advanced engineering di Amerika Serikat. Sebagaimana diketahui, PT Permina, dibentuk pada tahun 1957, dan langsung harus mengelola aset kilang Pangkalan Brandan yang terbengkalai ditinggalkan oleh Belanda. Lalu di bulan Januari 1966,.Pak Ibnu kemudian secara berani mengakuisisi seluruh aset milik Shell di Indonesia seperti kilang Balikpapan, kilang Musi beserta wilayah operasi di Sumatra Selatan, Kalimantan dan Jawa. Akuisisi tersebut dibeli dengan harga US $ 110 juta, disaat Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi. Akuisisi Shell oleh Ibnu Sutowo ini akhirnya dilunasi dalam 5 tahun secara tepat waktu. Singkat kata, Ibnu Sutowo sangat sadar bahwa permasalahan utama PT Permina dimasa awal berdirinya, terletak pada sumber daya manusianya. Itulah awal pemikiran beliau untuk mendirikan "Permina Foundation".

Sebagaimana diketahui di tangan pak Ibnu Sutowo-lah, PT Permina akhirnya menjadi PN Pertamina dan di masa puncaknya mampu memproduksi minyak bumi dari 0 sampai 1,7 juta barrel minyak bumi per hari. Produksi 1,7 juta barrel per hari adalah jumlah produksi minyak bumi kira-kira 2(dua) kali lipat jumlah produksi seluruh perusahaan asing dan PT Pertamina (Persero) hari ini di Indonesia....... ini juga sebuah cerita lain yang cukup menarik.

Walaupun PT Permina sudah berubah menjadi PN Pertamina dan kemudian PT Pertamina, namun nama Permina Foundation masih tetap digunakan sebagai sebuah institusi pemberi bea siswa bagi putra-putri Indonesia, khususnya bagi mereka yang akan mengambil program paska sarjana (bukan S-1) di bidang engineering. Namun seleksi untuk memperoleh bea siswa ini sangatlah ketat. Calon penerima bea siswa harus sudah diterima dulu di salah satu Universitas yang cukup baik (terakreditasi) di Amerika. Selain itu, sang pemohon harus membuktikan bahwa ia termasuk dalam 3 (tiga) rangking tertinggi di angkatannya, lulusan dari lembaga pendidikan S-1 terkemuka di Indonesia. Ditambah lagi, sang pemohon juga telah mengikuti TOEFL, dan GRE Engineering dengan perolehan nilai yang relatif tinggi. Tahapan terakhirnya, mengikuti ujian tertulis dan melakukan wawacara dengan sang pengelola dana. Saya ingat beberapa pemuda-pemudi diuji oleh Mr JW Caulson di Hotel Borobudur, pada pertengahan tahun 1982. Rasanya Hotel Borobudur saat itu baru saja selesai dibangun. Namun saya tidak bisa menikmati keindahan hotel baru tersebut, karena pikiran saya cukup stress menghadapi ujian tertulis dan wawancara seleksi oleh Mr Caulson dan team.

Singkat kata setelah melewati berbagai test, saya memperoleh bea siswa sebesar US $ 675 per bulan, diluar biaya sekolah yang dibayarkan langsung oleh Permina Foundation ke sekolah saya, yaitu University of Arizona, Chemical Engineering Deparment. Saya juga bersyukur bawah rata-rata nilai kuliah (Grade Point Average - GPA) saya bisa diatas 3.5 (antara A dan B). Sehingga saya layak untuk terus memperoleh bea siswa. Karena jika GPA saya dibawah 3,5, pada ujian mid semester, maka Permina Foundation langsung mengirimkan warning akan men-stop pengiriman dana.pada semester berikutnya (jika rata-rata nilai akhir semester dibawah 3,5). Jadi setiap akhir semester,  kita cukup dibuat tegang karena bak pertarungan hidup dan mati. Nilai jelek berarti pulang ke Indonesia.

Alhamdulilah saya mampu menyelesaikan program Master of  Chemical engineering pada tahun 1984 di University of Arizona dengan terus menerus memperoleh bea siswa dari Permina Foundation. Malah di akhir kuliah saya, masih tersisa uang bea siswa (uang buku, uang riset dan uang deposit apartment) yang cukup lumayan jumlahnya untuk saya belikan komputer PC baru. Komputer beserta printer yang telah berjasa menyusun thesis saya, kemudian saya bawa pulang ke Indonesia. Komputer PC yang saya bawa ini nantinya menjadi "komputer PC perdana" di PT Rekayasa Industri pada tahun 1984.

Nah, sekembali dari Amerika Serikat di pertengahan tahun 1984, saya bersama orang tua menghadap pak Ibnu Sutowo di kediaman beliau. Kebetulan eyang putri kami adalah teman sekelas pak Ibnu sutowo sewaktu di SD. Maksud orang tua saya tentunya adalah untuk mengucapkan terima kasih kepada pak Ibnu Sutowo, karena berkat bea siswa yang di-inisiasi oleh beliau, maka saya bisa menyelesaikan program S-2 di Amerika Serikat. Pak Ibnu sutowo saat itu sudah tidak lagi menjabat Dirut Pertamina. Setelah banyak bercerita tentang masa muda beliau dengan eyang putri kami. ayah saya kemudian bertanya kepada pak Ibnu, apakah saya harus melakukan ikatan dinas di Pertamina untuk membayar kembali bea siswa Permina Foundation. Lalu pak Ibnu kira-kira menjawab seperti ini, "Permina foundation itu tidak ada ikatan dinasnya, yang terpenting gunakan ilmunya untuk membangun Indonesia".

Ternyata selaman puluhan tahun berkarya, saya mendapat kesempatan untuk membangun kilang-kilang baru bagi PT Pertamina, meningkatkan kapasitas pabrik dan juga menambah berbagai fasilitas di hampir seluruh kilang-kilang PT Pertamina. Mungkin itulah maksud dan cita-cita pak Ibnu 50 tahun yang lalu sewaktu mendirikan Permina Foundation. Terima kasih pak Ibnu atas inisiatif  mendirikan Permina Foundation. Sehingga seorang anak Indonesia seperti saya, bisa memperoleh pendidikan tinggi di Amerika Serikat dan menggunakan ilmunya untuk membangun bangsa. Semoga Allah SWT membalas seluruh amal baik bapak dan tak lupa saya doakan, semoga pak Ibnu ditempatkan disisi Allah SWT yang paling indah, dan dimaafkan seluruh dosa-dosanya. Amien ya robal alamien.

Salam
Hengki

kirim ke teman | versi cetak

Berita Profil Lainnya

Berita 2011 yang bisa berdampak - Pidato pamitan Bagir Manan
Kisah cinta Michael dan Suu (bagian kedua)
Mengunjungi lokasi bersejarah - Museum Jendral Nasution
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Komentar Pengunjung

1. Proficiat
Senin, 15 Maret 10 - oleh : Leo Hendroyono
Emang mas.Hengki ini Top Markotop... diuji lalu bersabar, diberi lalu bersyukur, dizalimi lalu memaafkan dan menzalimi lalu beristighfar maka bagi mereka keselamatan dan mereka tergolong orang-orang yang memperoleh hidayah. kami kutip dari (HR. Al-Baihaqi)...selalu mengenang jasa-2 dari Beliaunya / Bpk.-2 yang pernah membantunya dalam menjalani kehidupan ini... Wassalam.

2. ALHAMDULILLAH
Jumat, 19 Maret 10 - oleh : Nanang Kuswara
Jujur, membaca artikel di atas membuat mata saya basah. Saya sangat bersyukur karena memiliki kawan seperti Kang Hengki. Ceritanya meng-ekspresi-kan perasaan saya sendiri akan rasa terimakasih dan utang budi kepada Pak Ibnu. Kalau tidak ada beliau, mungkin saya masih berpeluh-peluh mencetak batu bata merah. Dikelilingi 9 orang adik yang tidak tamat sekolah, dan tinggal di rumah bilik bambu pinggir sawah beralaskan lantai tanah ........

3. makna di balik alfatihah
Selasa, 22 Mei 12 - oleh : seha
masih terbayang di benak saya d saat diskusi singkat tentang perjalan sukses pak hengki di kediaman beliau d saat saya dan teman saya meng upgrade imac beliau. seperti beliau katakan banyak makna di balik alfatihah. sungguh hal yang membuat semakin penasaran. sangat memotivasi. postingan ini past bagian dari makna alfatihah yang di amalkn pak hengki.

Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.81.110.186 | Hostname: ec2-54-81-110-186.compute-1.amazonaws.com