Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2726)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2141)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2030)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (2027)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1793)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1748)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1744)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1714)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1383)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1363)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (41798)
Buku petunjuk SRI (26597)
Laporan kecelakaan kereta api (15654)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14290)
Presentasi air bersih & air limbah (12905)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (11733)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (11725)
Presentasi Padi SRI (10527)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8164)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6312)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Pinjaman Testimoni
Rabu, 13 Desember 17
Posted by:

Lady Mia
KABAR BAIK!!! Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloan company@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.c om dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail. com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan. Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

sell kidney
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

dr alex
Hari baik setiap orang, Jual ginjal. Simpan hidup dan dapatkan uang, jadilah dokter Alex spesialis Pembelia n ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda 500,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@ gmail.com Atau aplikasi apa? +234816202918 7 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan melakukannya Tentu pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda nikmati berbisnis dengan kami Email: dralexspeciallist@ gmail.com Salam

pinjamin
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

Mohammad
kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gma il.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@ gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploande partment@gmail.com

loan
Kamis, 30 Nopember 17
Posted by:

rhonda
Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? atau Butuh pinjaman apapun? Jika demikian, inilah bantuan Anda, dan kami memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan dengan tingkat bunga yang terjangkau. hubungi kami sekarang (rhondasean@yahoo. com)

yhdgh
Selasa, 28 Nopember 17
Posted by:

HARRIET MARK
Kabar baik! Nama saya Harriet Mark, warga negara Indonesia, saya tinggal di Prapak rt1 / 2, kelurahan Kranggan, kecamatan Kranggan, kabupaten temanggung Jawa tengah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya. Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gma il.com) Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( harrietmark01@gmai l.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 6834 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 5831 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 4815 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4292 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2228 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1231 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1475 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 1049 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 901 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 965 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Tiga buah anekdot yang tersisa dari pencalonan saya sebagai direksi Pertamina

Kamis, 25 Februari 10 - oleh : Triharyo Soesilo | 0 komentar |   5111 hits

Dalam membangun sebuah proyek skala industri, saya sering mengalami banyak sekali saat-saat yang cukup menegangkan karena saking serunya mengejar jadwal proyek, menjaga kualitas, dan tentunya selalu dengan berbagai keterbatasan biaya. Namun setelah proyek tersebut selesai, saya biasanya mencoba mengingat-ingat hal-hal yang unik dan lucu-lucunya saja. Sehingga pada akhir proyek dan untuk selanjutnya, yang teringat oleh saya adalah kenangan-kenangan yang indah-indah dan menyenangkan dari sebuah proses pembangunan pabrik. Saya menyebutnya sebagai anekdot proyek.

Sebagaimana bisa dibaca di salah satu berita di Internet, dalam beberapa bulan terakhir ini, saya sempat mengikuti proses uji kelayakan (fit and proper test) untuk menjadi direksi di PT Pertamina. Dari perjalanan proses ini, saya juga sempat mengenang 3 (tiga) buah anekdot yang saya ingat untuk d-share dengan para sahabat, sebagai kenangan-kenangan yang indah bagi saya pribadi maupun keluarga.

Bertemu Djaelani saat "Fit & Proper test"

 Saya sudah lama tidak ketemu Djaelani Sutomo, teman seangkatan saya sewaktu di ITB. Tetapi saat Fit & Proper test di kantor Departemen Keuangan, saya sempat menunggu cukup lama di ruang tamu kantor Menkeu. Karena calon-calon direksi lainnya saya relatif kurang kenal dekat, maka secara alamiah duduklah saya disamping kiri Djaelani. Saya duduk diantara Djaelani dan pak Edi Setyanto, yang akhirnya menjadi Direktur Pengolahan. Lalu secara refleks, entah kenapa saya yang langsung memperkenalkan Djaelani kepada pak Edy. Padahal keduanya adalah orang Pertamina. Pak Edi langsung ketawa dan bilang "ya saya udah kenal, lah, pak Hengki". Tidak hanya itu, saya juga langsung menceritakan tentang betapa luar biasanya kisah kehidupan Djaelani, dari masa kecilnya sebagai pengecer minyak tanah, kepada pak Edi setianto. Padahal seingat saya pak Edi juga sebenarnya tidak tanya. Saya mampu bercerita fasih kehidupan Djaelani, karena teringat tulisan yang ditulis Yayuk untuk buku kenangan kita. By the way, kisah Djaelani akhir-akhir ini banyak sekali diunduh (di-download) orang.

Sewaktu kami duduk berdekatan, Djaelani saat itu juga menceritakan banyak hal tentang Pertamina kepada saya, dengan sebagian ada yang ia ceritakan sambil berbisik-bisik. Namun sebagian besar cerita Djaelani pada hari itu, saya agak lupa tentang apa. Tapi yang jelas ada satu hal yang saya ingat, dan menjadi kesan yang sangat mendalam pada diri saya. Djaelani menyampaikan ke saya bahwa ia sangat bersyukur bisa ikut "Fit & Proper test" untuk menjadi Direksi Pertamina. Bahkan ia bilang bahwa surat undangan untuk test ini, ia simpan sebagai penghargaan tertinggi dari Pertamina bagi dirinya. Sewaktu saya untuk pertama kali mendengar bahwa Djaelani dipromosikan menjadi direksi pada tanggal 20 Februari 2010, saya bisa membayangkan betapa bahagianya Djaelani. Saya langsung teringat pembicaraan kita berdua, dan saya yakin bahwa surat keputusan Pemerintah untuk pengangangkatan dirinya menjadi Direktur Pertamina, pasti akan disimpan oleh Djaelani.

Memberi tahu ke Istri

 Saya adalah tipe orang yang tidak pernah menceritakan tentang apa yang sedang saya kerjakan kepada istri maupun anak-anak saya. Paling-paling saya hanya mengajak anak saya melihat proyek, dan menjelaskan tentang pabrik yang sedang dibangun, serta apa manfaatnya. Tapi cerita tentang rencana promosi jabatan, tidak pernah saya sampaikan ke istri saya. Kerahasiaan ini selalu saya jaga, misalnya sewaktu menjadi Direktur di PT Rekayasa Industri ataupun sewaktu dipromosikan menjadi Dirut. Berita promosi tersebut baru saya sampaikan kepada Ella, istri saya, sesaat sebelum saya berangkat ke RUPS. Niat serupa juga saya lakukan sewaktu dicalonkan sebagai Direksi Pertamina. Saya tidak ingin menyampaikan ke Ella, kalau belum benar-benar dilantik. Sehingga, saya tidak pernah menceritakan secuilpun berita tentang penugasan ke Pertamina kepada Ella, walaupun saya sudah menyelesaikan seluruh fit & proper test sampai tingkatan seluruh Menteri.

Tapi rupanya niat menjaga rahasia ini tidak bisa ditahan lama, karena tiba-tiba pada pertengahan Januari, Detik Finance mendadak mengabarkan nama saya sebagai calon Direktur Pengolahan di website mereka. Sehingga saat itu juga, saya dengan sangat terpaksa meminta Ella untuk membaca berita tersebut. Salah satu kejadian yang menurut saya agak unik, dan baru pertama kali terjadi di keluarga kami, adalah melihat reaksi Ella setelah membaca berita di Internet tentang kemungkinan promosi saya. Dia kelihatan berubah dan langsung bertanya, "aduh, gimana kalau ada orang memberi selamat dan apa jawabannya". Benar saja, dalam sekejap terdengar Hand Phone Ella mulai berdering dengan sms-sms yang masuk. Seluruh sms berisi ucapan selamat dari para teman-teman dan saudara-saudaranya. Karena saya melihat Ella agak sibuk dan suasananya agak lucu, terpaksa saya membantu men-draftkan jawaban buat Ella. Saya sarankan untuk menjawab "bahwa itu masih rumor dan terima kasih atas doa serta perhatian para teman". Mulailah malam itu Ella sibuk membalas berbagai sms dan juga berbagai comment di Facebook. Sebuah kenangan yang unik dan indah bagi saya dan Ella.

Belajar serius dan kemudian "diledek" oleh anak-anak

 Untuk membangun kilang dan juga mengoperasikan berbagai teknologi kilang, tentu saya sedikit banyak tahu ilmunya, karena memang merupakan pekerjaan saya sehari-hari. Tapi setelah berdiskusi dengan beberapa tokoh senior Pertamina, saya mendapat masukan bahwa salah satu kesulitan yang dihadapi Direktorat Pengolahan adalah bagaimana cara menghitung Harga Pokok Produksi (HPP), produk-produk BBM Pertamina. Berbeda dengan berbagai industri yang bahan bakunya mudah dihitung, kilang minyak mempunyai banyak sekali ragam bahan baku (crude oil) dengan masing-masing berbeda-beda analisa komponennya maupun harganya.

Disisi lain, produk-produk kilang-pun sangat banyak, seperti produk gas, avtur, bensin, minyak tanah, diesel, fuel oil, aspal, produk petrokimia dan banyak lagi. Kompleksitas ini semakin meningkat karena kilang-kilang Pertamina terdiri dari unit-unit pabrik yang berbeda-beda, misalnya kilang Balikpapan unit-unitnya berbeda dengan yang ada di Kilang Dumai, berbeda juga dengan unit-unit di Kilang Cilacap dan berbeda lagi dengan Kilang Balongan dst..dst. Jadi memang salah satu kesulitan Pertamina adalah bagaimana menentukan HPP yang seragam untuk bagi pembeli BBM, dengan memperhitungkan kompleksitas-kompleksitas diatas, namun yang terpenting tidak boleh merugi. Dimana harga yang seragam tersebut, sudah memperhitungkan kompleksitas bahan baku, berbagai ragam produk dan tentunya aneka macam unit di masing-masing kilang. Setahu saya DPR dan Menteri Keuangan sudah minta berkali-kali perhitungan HPP produk-produk Pertamina untuk basis perhitungan subsidi. Tetapi setahu saya sampai saat ini, para insinyur Indonesia belum mampu untuk melakukannya. Padahal menurut saya inilah kunci cara meningkatkan keuntungan kilang-kilang Pertamina.

Sewaktu mendengar tantangan tersebut dari para senior Pertamina, mulailah saya agak sedikit panik. Karena untuk ilmu ini, saya belum pernah mengetahuinya dan juga mempelajarinya sama sekali. Paling-paling saya sempat mengikuti mata kuliah Linear Programming (Optimization) Refinery sewaktu mengikuti Program Master (S-2) di Amerika Serikat. Sehingga sejak pertengahan Januari 2010, mulailah saya membeli buku-buku melalui amazon.com (via www.bookoopedia.com) tentang topik ini. Saya akhirnya membeli 3(tiga) buah buku edisi terbaru tentang tata cara menghitung harga pokok produk kilang (salah satunya lihat foto). Saya terpaksa mem-browse dulu puluhan buku melalui Google books, sebelum membeli ketiga buku tersebut, karena buku-buku edisi terbaru, mahalnya minta ampun. Saya kemudian minta amazon mengirimkan secepat-cepatnya dengan pesawat udara, agar saya bisa mulai mempelajarinya, sebelum benar-benar menerima tugas di Direktorat Pengolahan PT Pertamina (pikir saya waktu itu).

Syukur alhamdulilah, dalam waktu kurang dari seminggu ketiga buku tersebut sudah datang di rumah saya. Sehingga mulailah saya di malam-malam hari mempelajari ilmu ini sampai larut-larut malam. Saya simpulkan memang perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) BBM ini cukup kompleks, tapi saya juga menemukan banyak sekali metoda-metoda solusinya. Nah, disaat saya belajar sangat serius di malam-malam hari itulah, anak-anak saya sering duduk disamping saya, karena mereka jarang sekali melihat bapaknya belajar serius setiap malam membaca berbagai buku. Bahkan mereka akhirnya berani meledek ayahnya dengan kata-kata begini, "Papah, mau ikut UAN, ya" atau "Emangya ujian untuk jadi direksi Pertamina, itu susah banget ya, Pah". Sebuah kenangan indah antara saya dengan anak-anak yang membuat saya sekarang tersenyum. Karena proses pencalonan menjadi direksi Pertamina, maka saya terpaksa harus belajar sebuah ilmu baru, bak akan ujian di kampus ITB, dengan "sistem kebut semalam" (sks). Ini semua tentunya karena adanya sebuah keadaan yang memaksa. Namun akhirnya saya memperoleh sebuah pencerahan baru dan juga memperoleh kedekatan baru dengan anak-anak saya. Very nice memories.

Demikian beberapa sharing saya yang mungkin ada manfaatnya bagi rekan-rekan semua.

Salam
Hengki

kirim ke teman | versi cetak

Berita Migas Lainnya

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan
Business offshore fabrication yard Indonesia nampaknya akan booming
Mudah-mudahan pak Darwin Saleh tidak memperoleh advis yang salah tentang Coal Bed Methane
Rahasia dibalik jatuhnya harga minyak bumi - Spectacular feat by Russian engineers
White paper - Solusi teknologi untuk mengatasi kenaikan harga BBM di Indonesia
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.226.179.247 | Hostname: ec2-54-226-179-247.compute-1.amazonaws.com