Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2815)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2277)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (2146)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2117)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1889)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1881)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1857)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1819)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1463)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1447)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (42253)
Buku petunjuk SRI (27072)
Laporan kecelakaan kereta api (16087)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14824)
Presentasi air bersih & air limbah (13357)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (12218)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (12202)
Presentasi Padi SRI (10978)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8673)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6780)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Pinjaman Testimoni
Rabu, 13 Desember 17
Posted by:

Lady Mia
KABAR BAIK!!! Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloan company@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.c om dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail. com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan. Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

sell kidney
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

dr alex
Hari baik setiap orang, Jual ginjal. Simpan hidup dan dapatkan uang, jadilah dokter Alex spesialis Pembelia n ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda 500,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@ gmail.com Atau aplikasi apa? +234816202918 7 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan melakukannya Tentu pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda nikmati berbisnis dengan kami Email: dralexspeciallist@ gmail.com Salam

pinjamin
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

Mohammad
kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gma il.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@ gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploande partment@gmail.com

loan
Kamis, 30 Nopember 17
Posted by:

rhonda
Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? atau Butuh pinjaman apapun? Jika demikian, inilah bantuan Anda, dan kami memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan dengan tingkat bunga yang terjangkau. hubungi kami sekarang (rhondasean@yahoo. com)

yhdgh
Selasa, 28 Nopember 17
Posted by:

HARRIET MARK
Kabar baik! Nama saya Harriet Mark, warga negara Indonesia, saya tinggal di Prapak rt1 / 2, kelurahan Kranggan, kecamatan Kranggan, kabupaten temanggung Jawa tengah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya. Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gma il.com) Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( harrietmark01@gmai l.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 7216 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 6204 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 5177 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4666 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2609 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1594 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1856 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 1395 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 1226 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 1316 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Edisi Kartini - Ibu Yani Panogoro dan Saresehan ITB 2020

Minggu, 25 April 10 - oleh : Triharyo Soesilo | 1 komentar |   5940 hits

Untitled document

Sabtu 24 April 2010 kemarin, saya diundang oleh ibu Yani Panigoro, Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) dan juga Ketua Pengarah Saresehan ITB 2020, untuk menyampaikan pemikiran tentang “Infrastruktur, Pendanaan, dan Partnership” ITB di tahun 2020. Acara ini diprakarsai oleh MWA dengan mengundang banyak sekali pembicara, baik dari dalam kampus ITB maupun dari luar. Hadir pak Kuntoro, pak Anies Baswedan, pak Franz Magnis-Suseno dll yang menyampaikan gagasan dan pemikiran tentang ITB ke depan. Rincian-rincian pemikiran dan paparan mereka mungkin akan dianalisa, diulas dan ditayangkan pada website Saresehan ITB 2020 dalam waktu dekat. Mudah-mudahan bisa segera di-implementasikan.

Saya diberi waktu di session siang untuk menyampaikan pemaparan. Berikut ini ”sharing” yang bisa saya sampaikan kepada kampus yang sangat saya cintai :

Kondisi Keuangan ITB

  • Trend defisit (kerugian) keuangan ITB saat ini semakin membesar. Hal ini terlihat dari trend dari tahun 2002 sampai  2007 (berdasarkan laporan MWA). Secara umum kualitas laporan keuangan ITB dari tahun ke tahun semakin baik. Saya yakin ini berkat “buah tangan” dan fokus ibu Yani Panigoro, selaku ketua MWA dan Dewan Audit, tentunya bersama seluruh jajaran Rektorat ITB. Dengan adanya laporan keuangan yang semakin baik dan terbuka, saat ini publik beserta Civitas Academica ITB, bisa mengidentifikasi peluang dan tentunya tantangan pada sisi keuangan ITB. Tahun 2004, pendapatan ITB masih surplus (Pendapatan Rp 383 milyard – Pengeluaran Rp 316 Milyard). Tetapi mulai tahun 2005 sudah mulai defisit (Pendapatan Rp 336,7 Milyard – Pengeluaran Rp 337,6 Milyard). Defisit ini semakin membengkak di tahun 2007 (Pendapatan Rp 455,6 milyard – Pengeluaran Rp 469,3 Milyard)
  • Pada tahun 2009 (berdasarkan laporan Informasi ITB 2009), untuk mencapai pemasukan Rp 613, 9 Milyard, ITB mengandalkan dana dari Pemerintah (Rp 222,5 Milyard) dan Dana Masyarakat berupa Biaya Penyelenggara Pendidikan (Rp 125,4 Milyard), dan Sumbangan Dana Pengembangan Akademik (Rp 97,1 Milyard). Terlihat disini ITB sangat mengandalkan dana dari iuran dan sumbangan (orang tua) mahasiswa sekitar 36 % dari seluruh penerimaan.
  • Walaupun defisit di tahun 2009, namun ada informasi menarik terkait pertumbuhan kemandirian ITB dari perolehan hasil-hasil kerja sama dan kemitraan. Pendapatan dari upaya-upaya Jasa Kerja Sama PPM, Kerja Sama Pendidikan Kemitraan, & juga Auxiliary ventures serta UPT mencapai total nilai yang cukup lumayan, yaitu Rp 133,8 Milyard. Disisi lain pemasukan dana dari Investasi dan Sponsor relatif kecil (bila dibandingkan kepada pemasukan dari upaya-upaya Kerja Sama), misalnya dari Investasi Rp 9,8 Milyard, Bea siswa Rp 4,2 Milyard, Donasi Bersyarat Rp 2,8 Milyard, SUK Rp 1,0 Milyard dan SKD Rp 626 juta. Peluang adanya pertumbuhan pendapatan dari pola Kerja Sama (baik Kerja Sama PPM dan Pendidikan) adalah salah satu sisi baik dan peluang positif dari ITB saat ini.

Untuk sumbang saran ITB 2020, saya perlu mempelajari bagaimana Universitas-universitas terkemuka di Dunia, mencari dana

  • Untuk tahun 2009, Harvard University memperoleh pemasukan dana sebesar US $ 3,8 Milyard (60x ITB, 2,5x PT Semen Gresik dan 2xPT Indosat), sebagian besar dana tersebut diperoleh dari kegiatan Investasi US $ 1,6 Milyard dan Sponsor US $ 0,7 Milyard. Akibat mengandalkan pemasukan dari kegiatan berinvestasi, pada tahun 2009, nilai asset investasi Harvard menurun drastis akibat krisis di Amerika Serikat, yaitu dari US $ 37 milyard menjadi US $ 28 Milyard. Sehingga Harvard University terpaksa menjual Bond untuk memperoleh uang kas segar, bagi pembayaran gaji para pengajarnya. Untuk mengelola dana investasinya, Harvard secara khusus membentuk Harvard Management Co dengan 175 professionals, dimana seorang Bond Manager bisa memperoleh gaji US $ 25 juta/tahun. Harvard Management Co melakukan 77% perputaran dananya melalui trading komoditas Kayu (Timber).
  • Mirip dengan Harvard, Yale University juga mengandalkan pendapatan dana dari perputaran uang investasi. Di tahun 2009, Yale memerlukan dana US $ 2,5 milyard. Dana tersebut diperoleh dari kegiatan investasi US $ 1,17 Milyard dan Sponsor US $ 0,6 Milyard. Pemasukan dari mahasiswa hanya sekitar US $ 0,23 (net dikurangi pemberian bea siswa) atau hanya 9 % dari seluruh pemasukan. Buku tentang kiat-kiat dan cara “step-by-step” bagaimana Harvard dan Yale memperoleh dana dari kegiatan investasi bisa dbaca dan dibeli disini. Perlu dipelajari bila ITB akan mengambil pola pendanaan ini.
  • Sedangkan Massachusetts Institute of Technology (MIT), sangat berbeda dengan Harvard dan Yale. MIT memperoleh pemasukannya melalui kegiatan riset. Pada tahun 2009, dari pemasukan dana sebesar US $ 2,6 Milyard, MIT memperoleh pemasukan US $ 1,35 milyard dari hasil riset. Sebaliknya penerimaan dari kegiatan investasi relatif kecil yaitu sekitar US $ 0,5 millyard dan dari tuition mahasiswa juga “hanya” US $ 0,2 Milyard (8%). Untuk memperoleh pemasukan dana hasil riset yang sangat besar tersebut, MIT membentuk Industry Gateway melalui Industrial Liason Program (ILP), dengan infrastuktur yang terdiri dari para eksekutif berpengalaman yang bekerja dalam Industrial Liason officers (ILO), dilengkapi dengan Technology Licensing Office (TLO) dan juga hasil-hasil riset yang tersimpan dalam virtual archive Dspace@MIT.
  • Disisi lain ada juga pola National University of Singapore (NUS), dimana pemasukan per tahun-nya dari iuran mahasiswa hanya sekitar Sing $ 310 juta, tetapi pengeluarannya bisa mencapai Sing $ 1 Milyard. Sehingga untuk menutup defisitnya, NUS ditutup kekurangannya oleh Pemerintah Singapore sekitar Sing $ 690 juta.

 Sumbang saran ITB 2020 terkait ke pendanaan, infrastuktur dan partnership

  • Melihat pertumbuhan pendapatan ITB di tahun 2009 yang cukup signifikan dari khususnya perolehan “Kerja Sama” (partnership), mungkin pola pendanaan mirip MIT-lah yang lebih cocok untuk menjadi fokus utama ITB di tahun 2020. Tentu tidak berarti kegiatan investasi ditinggalkan.
  • Bila kegiatan riset ataupun kegiatan investasi ingin dijadikan andalan pemasukan (ukurannya adalah bisa mencapai sekitar 50% dari total pendapatan), maka infrastruktur organisasi perlu untuk disusun di ITB. Di Harvard contohnya dibentuk Harvard management Co yang berisi para professionals (bukan dosen) yang bekerja secara penuh (full time) bukan paruh waktu. Sedangkan di MIT untuk menghasilkan pemasukan dari riset, dibentuk Industrial Liason Program yang isinya para Industrial Liason Officers (ILO) yang ternyata para pengusaha-pengusaha handal (bukan dosen) bekerja secara penuh. Mungkin salah satu caranya adalah menyempurnakan organisasi-organisasi di ITB yang sudah ada, dan diisi oleh para professionals yang bisa bekerja secara penuh (full time).
  • Saya juga sharing sedikit tentang pengalaman PT Rekayasa Industri (Rekind), yang ada kemiripannya dengan ITB, yaitu sebuah gugus organisasi yang asetnya adalah manusia berpengetahuan, dan yang awalnya mengandalkan dana (proyek) dari pemerintah. Namun Syukur Alhamdulilah, berkat kerja keras rekan-rekan di perusahaan kami, Rekind berhasil melepaskan diri dari ketergantungannya pada proyek-proyek pemerintah. Pendapatanpun dapat ditingkatkan dari Rp 500 milyard/tahun di tahun 2004, menjadi hampir Rp 3 Triliun dalam 5 tahun, dan gaji karyawannya-pun bisa naik 3x lipat, dengan mengandalkan pelanggan (client) dalam negeri maupun dari luar negeri. Setelah saya pelajari kiat-kiat MIT, rupa-rupanya ada kemiripan dengan apa yang dilakukan rekan-rekan di perusahaan kami. Kiat-kiatnya antara lain, secara prinsip merubah orientasi organisasi menjadi “customer centric” (pelanggan sentris), lalu menyiapkan cluster untuk melayani pelanggan yang akan dilayani, yaitu terdiri dari Business Development team (di MIT - Industry gateway dan Industrial Liason Program), Program Management team (di MIT - Industrial Liason Officers) dan Technology management team (di MIT - Technology Licensing Office dan Dspace). Mungkin pola-pola infrastruktur serupa bisa mulai diterapkan di ITB sebagaimana di MIT dan juga Rekind.

Sewaktu saya paparan di depan, saya duduk bersama Dr IGK Wenten seorang peneliti Membrane dari Teknik Kimia. Saya tanya di tahun 2009, berapa nilai Kerja Sama yang telah ia peroleh. Pak Wenten menjawab sekitar Rp 10 Milyard yang ia peroleh dari proyek-proyek Membrane-nya. Lalu kemudian saya tanya lagi, berapa yang telah disumbangkan ke ITB dari total pemasukan tersebut. Pak Wenten menyampaikan 17 % ke LAPI atau sekitar Rp 1,7 Milyard. Setelah mengucapkan selamat, saya kemudian bergumam, “Jadi total pemasukan dari seorang peneliti ITB seperti pak Wenten ini, bisa menyamai pendapatan dari total pemasukan dana SUK & SKD”. Saya kira inilah salah satu peluang ITB di 2020 yang bisa dikelola dengan jauh lebih baik.

Demikian sharing kami dan tentu saja belum tentu betul serta sangat jauh dari sempurna. Mohon maaf bila ada kesalahan dan ada yang kurang berkenan. Mudah-mudahan bermanfaat,

Salam
Hengki

Note: Saya belum berhasil mengupload presentasi saya. Bagi yang berminat silahkan e-mail lewat Jalur pribadi.


From: Soemantri Widagdo [mailto:swidagdo@yahoo.com]
Sent: Monday, April 26, 2010 6:25 AM
To: triharyo@centrin.net.id
Subject: Re: [IA-ITB] Edisi Kartini - Ibu Yani Panogoro dan Saresehan ITB 2020

Hengki,

Saya setuju sekali pada dasarnya dengan saran Hengki untuk memakai model MIT atau Rekind di ITB. Pada dasarnya 3M juga menggunakan hal yang sama dengan key customers kita yang sedang saya rintis di Asia Tenggara. Saya beri nama: Customer-fosued Innovation. Teknologi ITB dan Teknologi customer dapat digabung untuk menghasilkan innovation (= Business value creation through differentiation) yang manghasilkan new competitive advantage dan sales untuk customernya.

Saya senang sekali mendengar projek dari Dr. I Gusti Ketut Wenten sudah mencapai US$ 1 juta per tahun. Menurut keterangannya pemasukan ke LAPI sekitar 17%. Berapa banyak untuk projek dan berapa banyak untuk peneliti/dosen ybs. Ini penting sekali di mengerti agar dapat berjalan dengan lancar. Dan juga siapa yang akan kontrol ke uangannya.

Kalau data pemasukan proyek untuk dosen-dosen ITB diperhitungkan dalam pendapatan ITB saya kira itu akan besar sekali. Apakah sekarang sudah ada data-data yang tersedia. Apakah pendapatan Dr. Wenten typical? Kalau satu dosen dapat US$ 1 juta /tahun dan 10% dosen ITB dapat projek sebesar itu.....wah bisa besar sekali....

Untuk MIT setahu saya dari pembicaraan saya terakhir dengan "Center of Innovation" Director akhir tahun 2009, sistem mereka sbb:

  1. Semua riset projek masuk ke MIT, dosen hanya dapat tambahan untuk gaji selama musim panas + travel budget untuk ke konferensi (at their discretion) + biaya untuk support Ph.D. student atau postdoc.
  2. Biaya total proyek = Biaya untuk proyek + overhead untuk MIT (biasanya sekitar 40%). Jadi untuk a one-million dollar project, the cost to the client is US$ 1.4 Million. Rasionalnya ynag 40% untuk penggunaan fasilitas MIT (Lab, analytical, measurements, computer dsb).
  3. Di luar itu, seorang dosen dapat membuat anak perusahaan dari hasil riset mereka. MIT mendapat basic licensing fees dari patent yang dimiliki oleh MIT. The rest perusahaan ini harus mencari sumber dana sendiri (angel investor) dan pembagian keuntungannya MIT tidak turut campur. Prof. MIT cannot work full time at their companies. The CEO and COO should be held by non-faculty. They can be their CTO.

Yang perlu kita pikirkan adalah implementasinya untuk ITB.

Salam,
-Soemantri


From: I Gede Wenten
To: IA-ITB@yahoogroups.com
Sent: Sun, April 25, 2010 2:24:38 PM
Subject: Re: [IA-ITB] Edisi Kartini - Ibu Yani Panogoro dan Saresehan ITB 2020

Wah, ini pak Hengky bicara isi dapur di milis. Hehe.
Biar gak jadi polemik, saya jelaskan sedikit (mudah2an tidak tendensius)
Kemarin saya bilang antara 5 sampai 10 M.
Gak apa2, mungkin juga angka pak Hengky bisa benar kalau ditambahkan sebagian proyek2 saya yg lewat LPPM.

salam

kirim ke teman | versi cetak

Berita Pendidikan Lainnya

Jogjakarta selalu dihatiku (Serial tulisan ke-empat)
Jogjakarta selalu dihatiku (Serial tulisan ketiga)
Emas di Olimpiade Beijing - kisah pembinaan pemain top dunia & inovasi teknologi oleh PT Djarum
Jogjakarta selaku dihatiku (Serial tulisan terakhir)
Tiga peristiwa yang mengingatkan saya mengenai nilai-nilai dasar kemanusiaan

Komentar Pengunjung

1. pendanaan ITB
Selasa, 20 September 11 - oleh : gatot siswanto
saya berpikir yang terbaik adalah menggabungkan cara MIT dan harvard. kita mendapatkan dana dari riset dan investasi sekaligus. jika peluang riset lebih bagus, bobot riset lebih besar begitu pula sebaliknya. tapi dengan melihat kondisi indonesia, mungkin investasi lebih menjanjikan sebagai sumber pendanaan. tinggal membuat strategi investasi dan membentuk asset manager yang profesional

Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.198.55.167 | Hostname: ec2-54-198-55-167.compute-1.amazonaws.com