Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2702)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2037)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2001)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (1993)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1766)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1719)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1685)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1683)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1360)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1343)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (41693)
Buku petunjuk SRI (26462)
Laporan kecelakaan kereta api (15527)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14119)
Presentasi air bersih & air limbah (12799)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (11607)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (11589)
Presentasi Padi SRI (10371)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8016)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6175)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Hello
Sabtu, 14 Oktober 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah Dokter Daniel adalah seorang Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami Klinik spesialis dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan sungkan hubungi kami via email Email: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com Nomor Whatsapp: +2349028230916. Sa lam Hormat. Dr Daniel.

Halo
Jumat, 13 Oktober 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal? Atau kamu mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami menawarkan jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah Dr. Daniel adalah seorang nephrologist di UBTH Medical Center. Kita Klinik khusus untuk operasi ginjal, dan kami juga melakukan pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika kamu Tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu hubungi kami melalui email E-mail: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com nomor whatsapp: +2349028230916 Sal am pembuka Dr. Daniel

Tanya Perihal CEO Garuda Food Hardianto Atmadja
Rabu, 05 April 17
Posted by:

heri lingga
Bolehkah saya tanya ke Pak Triharyo, apa yang membuat nama CEO Garuda Food Hardianto Atmadja, bisa muncul sebagai CEO yang terbilang sukses karena melakukan beberapa rekomendasi yang disuguhkan rekan Bpk. Yang saya tanya, komentar Bpk. Pada item atua butir mana saja yang dilakukan Garuda Food dibawah Pak Hardianto Atmadja yang terbilang menonjol dan membawa perusahaan bukan hanya bertahan, tapi juga berkembang dan menjadi jagoan di satu produk. Terimakasih. Wass. Heri Lingga ----------- - Journalis Warta Ekonomi

Cari pembeli jarak kepiar
Minggu, 02 April 17
Posted by:

Samsia
salam... saya samsia, di kampung saya mencari siapa saja yang mau bermitra untuk membeli biji jarak kepyar didaerah saya . saya bisa sumplai tiap bulan. ketertarikan dengan jarak tersebut yaitu potensi tumbuhnya sangat baik ditempat saya dan saya semakin yakin setelah melihat pangsa pasarnya. tingkat kemerataan tumbuh jarak kepyar ditempat saya kurang lebih 75 % (yang tumbuh alami di sepanjang tanah tempat tingal kami) bagi kawan-kawan atau pengusaha yang berminat bisa hubungi saya di 085240079984 Daera h Sulawesi tenggara Butuh yang serius

kerenn nihhh... manfaatkan energi lain
Selasa, 10 Januari 17
Posted by:

jakarta
ayo hemat listri untuk kehidupan dimasa depan... jangan boros2.. ya... keren omm http://www.arah.co m

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 6743 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 5739 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 4706 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4191 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2129 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1122 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1364 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 955 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 790 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 867 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Kenapa bekerja di sebuah perusahaan swasta terkadang kurang baik, bagi masa pensiun anda

Rabu, 30 Juni 10 - oleh : Triharyo Soesilo | 0 komentar |   4607 hits

Untitled document

Sewaktu ada seseorang sahabat yang bertanya, apakah yang dimaksud dengan “Passive income” ? Saya terus terang sempat agak kaget mendengarnya. Lho, kok bisa-bisanya sang rekan tersebut, tidak tahu tentang “Passive income”, pikir saya. Ternyata, setelah saya renung-renungkan, rupa-rupanya ada sebuah hal yang sangat mendasar, dan rasanya cukup berbahaya bagi para pekerja profesional muda Indonesia, terkait tentang ke-tidak-tahu-an mereka tentang“Passive income”. Saya ingin mengingatkan, bahwa salah satu jenis Passive income” , adalah konsep penerimaan uang pensiun bulanan di hari tua.

Begini ilustrasinya.

Bila seseorang berkarier di sebuah perusahaan swasta, umumnya gaji yang mereka terima, pasti jauh lebih besar dari seorang karyawan pegawai negeri ataupun gaji lazimnya seorang karyawan BUMN. Namun yang tidak disadari oleh sang karyawan perusahaan swasta tersebut adalah, bahwa perusahaan swasta tempat ia bekerja, terkadang tidak pernah menabungkan sebagian dari uangnya, untuk hari tua sang karyawan. Sehingga sewaktu karyawan tersebut pensiun, ia hanya mendapatkan uang pesangon “tok” (walaupun dalam jumlah yang relatif cukup lumayan). Sang karyawan yang pensiun dari sebuah perusahaan swasta, tidak akan menerima pendapatan se-peser-pun, setelah itu. Hal ini terjadi karena perusahaan swasta tersebut, tidak pernah menabungkan sebagian dari pendapatan sang karyawan, selama karyawan tersebut bertahun-tahun bekerja.

Kejadian dan dilema apa yang biasanya sering terjadi selanjutnya ?.

Dengan kondisi seperti itu, sang karyawan perusahaan swasta, yang memasuki masa pensiun, biasanya ingin berusaha untuk memperoleh pendapatan yang sama dengan sewaktu mereka masih bekerja. Salah satu solusi yang ada di benak mereka, adalah dengan memulai berbisnis. Tentunya dengan harapan-harapan dan ekpektasi-ekpektasi yang segudang (terkadang terlalu optimistis). Sehingga uang pesangon-pun, yang sebenarnya untuk simpanan hari tua (long term), kemudian dikeluarkan dari tabungan, lalu dijadikan modal kerja  untuk berbisnis (short term). Tapi namanya memulai berbisnis di umur tua dan belum pernah berbisnis sebelumnya, probabilitas suksesnya-pun, relatif kecil. Nah, bila bisnisnya gagal, terjadilah “mis-match”. Uang pesangon yang sebenarnya untuk tabungan hari tua, menjadi terkuras habis untuk kegiatan berbisnis jangka pendek, sementara uang pensiunan bulanan-pun tidak akan ada. Sebuah problema yang sangat besar, bagi sang pensiunan di hari-hari tuanya.

Tentunya tidak semua perusahaan swasta seperti itu. Tetapi saya melihat banyak sekali teman-teman para pensiunan dari perusahaan-perusahaan swasta, seperti pensiuinan dari perusahaan Bank, perusahaan IT, perusahaan Tambang, dan juga perusahaan-perusahaan minyak asing, mengalami hal ini. Menurut saya, ini adalah sebuah tragedi sistemik, yang berawal dari kebijakan para pengelola perusahaan swasta, dan juga tentunya ke-tidak-tahu-an si pekerja itu sendiri.

Cobalah simak ilustrasi lain, seorang pensiunan pegawai menengah Bank Indonesia (BI), memperoleh uang pensiunan bulanan sebesar Rp 7, 5 juta per bulan. Bisa diibaratkan, sang pensiunan BI tersebut, seperti bagaikan mempunyai tabungan Deposito sebesar Rp 1,5 Milyard. Sedangkan biasanya pensiunan karyawan BUMN level menegah, memperoleh sekitar Rp 4 s/d 5 juta uang pensiun per bulan. Ini ibaratnya ia memiliki tabungan Rp 1 Milyard di Bank. Lalu dari mana ia memperoleh uang sebesar itu ?. Tidak lain, uang tersebut adalah hasil akumulasi tabungan bulanan, yang ”di-iur” oleh BI ataupun BUMN terkait, selama sang karyawan bekerja meniti kariernya ber-puluh-puluh tahun di perusahaan ybs. Walaupun nilai uang pensiun bulanan tersebut tentunya relatif tidak besar, namun bisa untuk hidup layak di sebuah kota kecil di Pulau Jawa. Apalagi Bank Indonesia memberikan tambahan fasilitas kesehatan "full coverage”, untuk para pensiunannya. Sedangkan beberapa BUMN memberikan fasilitas asuransi “In-health” (anak perusahaan askes), juga bagi para pensiunannya. Disisi lain, para pensiunan perusahaan swasta terkadang tidak memberikan fasilitas kesehatan apapun bagi para pensiunan-nya. Sebuah mimpi buruk disaat-saat tubuh kita semakin tua dan semakin renta..

Lalu bagaimana solusi untuk masalah diatas ?.

Bagi yang sudah mengambil pensiun dini, tentunya sudah terlambat. Tetapi bagi mereka yang masih bekerja, apalagi yang baru memulai karier, masih ada waktu untuk mempelajari dan mengisi tabungan pensiun anda, di perusahaan tempat anda bekerja (kalau ada program pensiun). Anda bisa meng-“iur”-kan uang tabungan pensiun tambahan, kedalam program pensiun anda, atau bahkan membuat program pensiun secara mandiri. Bahkan anda juga bisa menegosiasikan ulang dengan pengelola perusahaan untuk memperbaiki tabungan pensiun anda. Banyak kiat-kiat yang bisa dilakukan sebelum anda betul-betul pensiun.

Dari pengalaman saya mengelola perusahaan, banyak adik-adik para insinyur muda yang terkadang silau dengan tawaran "take home pay" yang sepertinya besar. Sehingga mereka dengan mudah ingin berpindah kerja, karena di-iming-iming-i gaji yang besar ("di permukaan"). Padahal sebenarnya, perusahaan yang meng-iming-iming-i gaji besar tersebut, tidak pernah menabungkan sebagian dari iming-iming “take home pay” sang karyawan, bagi masa tua-nya. Saya sering diskusi dengan para insinyur muda tentang hal ini. Saya minta kepada mereka, secara "dingin" (cool) menghitung ulang paket remunerasi secara total dan membandingkannya "apple to apple", sebelum membuat keputusan final. Saya minta mereka tidak tergiur hanya dengan angka "take home pay" yang terkesan besar. Saya hampir selalu menemukan bahwa para insinyur Indonesia, umumnya sangat jarang menghitung dan mempertimbangkan faktor "tabungan uang" untuk hari tuanya.

Demikian sharing saya dan mudah-mudahan ada manfaatnya.

Salam
Hengki

kirim ke teman | versi cetak

Berita Korporasi Lainnya

Kiat-kiat alumni ITB yang menjadi CEO di PT Dexa Medica dan PT Garuda Food
Ini dia data IDX sampai akhir tahun 2008 - Bisnis yang tumbuh di 2009 adalah menjual Minuman & Obat-obatan
Kiat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui PDAU
Membangun kapal Nabi Nuh - strategi bisnis di tahun 2009
Ketupat lebaran - Apa kata para Futurolog tentang masa depan kita
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 23.20.86.177 | Hostname: ec2-23-20-86-177.compute-1.amazonaws.com