Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2814)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2276)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (2144)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2116)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1888)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1879)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1856)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1818)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1462)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1446)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (42243)
Buku petunjuk SRI (27064)
Laporan kecelakaan kereta api (16078)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14811)
Presentasi air bersih & air limbah (13345)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (12208)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (12190)
Presentasi Padi SRI (10968)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8664)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6771)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Pinjaman Testimoni
Rabu, 13 Desember 17
Posted by:

Lady Mia
KABAR BAIK!!! Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloan company@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.c om dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail. com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan. Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

sell kidney
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

dr alex
Hari baik setiap orang, Jual ginjal. Simpan hidup dan dapatkan uang, jadilah dokter Alex spesialis Pembelia n ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda 500,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@ gmail.com Atau aplikasi apa? +234816202918 7 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan melakukannya Tentu pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda nikmati berbisnis dengan kami Email: dralexspeciallist@ gmail.com Salam

pinjamin
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

Mohammad
kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gma il.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@ gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploande partment@gmail.com

loan
Kamis, 30 Nopember 17
Posted by:

rhonda
Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? atau Butuh pinjaman apapun? Jika demikian, inilah bantuan Anda, dan kami memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan dengan tingkat bunga yang terjangkau. hubungi kami sekarang (rhondasean@yahoo. com)

yhdgh
Selasa, 28 Nopember 17
Posted by:

HARRIET MARK
Kabar baik! Nama saya Harriet Mark, warga negara Indonesia, saya tinggal di Prapak rt1 / 2, kelurahan Kranggan, kecamatan Kranggan, kabupaten temanggung Jawa tengah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya. Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gma il.com) Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( harrietmark01@gmai l.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 7208 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 6199 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 5170 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4659 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2602 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1588 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1848 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 1388 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 1222 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 1314 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Berpulangnya sang Jago Perang yang cinta damai - Mengenang Almarhum Himawan Soetanto

Rabu, 20 Oktober 10 - oleh : Triharyo Soesilo | 2 komentar |   7430 hits

Untitled document

Saja tahu dharmabhakti Siliwangi tidak sedikit. Tanpa adanja kekuatan militer jang riel di bidang keamanan dan pertahanan, maka kita tidak akan dapat berdikari di bidang ekonomi, bebas di bidang politik dan berkepribadian di bidang budaya”.

Itulah cuplikan sambutan Presiden Soekarno/Panglima tertinggi ABRI pada tanggal 20 Mei 1965, dalam rangka memperingati HUT Komando Daerah Militeri (Kodam) VI Siliwangi di Lapangan Tegalega, Bandung. Relatif jarang memang Presiden RI membuat pidato khusus untuk upacara HUT sebuah Kodam, dan mengucapkan apresiasi terhadap pasukan Kodam tersebut. Namun di awal tahun 1960-an, memang peran pasukan Siliwangi sangat besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. Pasukan Siliwangi-lah yang akhirnya menembak mati Kahar Muzakar, pemimpin pemberontakan PRRI, pada tanggal 3 Februari 1965 di tepian Sungai Lasolo, Sulawesi Tenggara. Sebelumnya pasukan Siliwangi juga-lah yang berhasil menangkap Kartosuwiryo, pimpinan pemberontakan DI/TII, pada tanggal 4 Juni 1962, di Gunung Rokutok, Jawa Barat.

Salah seorang tokoh pasukan Siliwangi, yang turut menghancurkan pemberontakan PRRI adalah Mayor Himawan Soetanto. Dengan pasukan Batalyon 330, ia memimpin serangan balasan terhadap pasukan Letnan Kolonel Andi Sele, anak buah Kahar Muzakar di Polewali, Sulawesi Selatan. Andi Sele sebelumnya adalah perwira TNI yang kemudian membelot menjadi pemberontak, dengan membawa seluruh persenjataan TNI dan juga sebagian besar dari anak buahnya. Andi Sele kemudian mengatur siasat pertemuan untuk menjebak dan membunuh Kolonel M Yusuf, Panglima Kodam Hasanudin. Yusuf berhasil lolos dari pembunuhan tersebut. Namun pasukan Kodam Hasanudin sempat terpukul akibat penyergapan yang sangat mendadak.

Bintang Jasa Nararya
Ditengah kekalutan, Mayor Himawan justru mengambil inisiatif untuk memimpin pasukan Batalyon 330/Kujang-1, menyerbu ke sarang para pemberontak PRRI pada tanggal 6 April 1964. Pasukan Batalyon 330, yang sebenarnya hanya seper-lima dari seluruh kekuatan pasukan PRRI di Polewali, akhirnya berhasil membunuh Andi Sele dan menghancurkan salah satu kekuatan utama pemberontakan Kahar Muzakar di Sulawesi Selatan (lihat foto senjata yang dirampas).

Karena keberaniannya, Panglima TNI Angkatan Darat (PANGAD), Letjen Ahmad Yani memberikan kenaikan pangkat khusus kepada Himawan Soetanto menjadi Letnan Kolonel dan juga Bintang Jasa Nararya pada acara di Lapangan Tegalega, tanggal 20 Mei 1965, HUT Kodam Siliwangi yang  ke - 19 (lihat foto). Pada hari itu para tokoh-tokoh Siliwangi yang tergabung dalam Operasi yang bernama “Operasi Kilat”, dan telah berhasil menumpas pemberontakan Kahar Muzakar juga mendapatkan penghargaan dari PANGAD. Tokoh-tokoh tersebut antara lain Kol Solichin GP, Mayor Jogi S Memet, Letkol Djajadi, Letda Umar Sumarna, dan yang cukup terkenal namanya adalah Koptu Sadeli, sang penembak Kahar Muzakar.

Hari ini Rabu 20 Oktober 2010 jam 10:50 di Rumah Sakit RSPAD, Gatot Subroto, Letnan Jendral (Purn) Himawan Soetanto telah berpulang ke pangkuan Allah SWT pada umur 80 tahun. Meninggalnya Himawan menandai mulai hilangnya satu-per-satu tokoh- tokoh  TNI yang relatif jago tempur, dan terus menerus berperang sejak mereka masih berusia remaja. Tokoh-tokoh ini setelah dewasa, kemudian berperang melawan Agresi Militer Belanda, dan kemudian menumpas berbagai pemberontakan di tanah air pada kurun waktu tahun 1949 s/d 1965. Pada era Orde baru, para tokoh-tokoh TNI, yang sebagian besar telah menjadi Perwira Tinggi, kemudian turut menjaga kestabilan politik Indonesia, dibawah kepemimpinan Presiden Soeharto.

Himawan adalah anak seorang pejuang, Jendral Mohamad Mangoendiprodjo,  pimpinan TKR di Jawa Timur dan tokoh peristiwa 10 November 1945. Sejak umur 16 tahun, Ia sudah bergabung dalam pasukan Sawunggaling untuk bertempur bersama ayahnya, di Palagan Surabaya. Ia mulai menembakan senjata untuk pertama kalinya, saat melawan tentara Inggris pada tanggal 28 Oktober 1945 di Wonokromo. Himawan kemudian menjadi Kadet Militer Akademi di Jogjakarta dan turut bergabung dengan pasukan Siliwangi saat ber- Long March kembali ke Jawa Barat.

Berhadapan dengan Mahasiswa ITB
Mengaku sebagai tentara tempur yang tidak suka ber-politik, Himawan mendapatkan ujian politiknya yang pertama disaat menjabat sebagai Panglima Kodam Siliwangi. Pasukan Siliwangi adalah pasukan yang paling ia cintai, dan tempat ia menghabiskan hampir seluruh dari karier militernya.

Pada akhir tahun 1977, suhu politik di Indonesia meningkat menjelang pelaksanaan Sidang Umum MPR pada bulan Maret 1978. Pada tanggal 16 Januari 1978, para Mahasiswa ITB menyatakan sikap dengan menolak Soeharto untuk dicalonkan kembali menjadi Presiden RI pada sidang MPR tersebut. Mahasiswa ITB melakukan berbagai demonstrasi, orasi dan juga mogok kuliah di Kampus ITB untuk menyatakan pendapatnya. Sehingga pada tanggal 18 Januari 1978, Pangkopkamtib Laksamana Sudomo menginstruksikan untuk dilaksanakannya ”Operasi Kilat”. Operasi ini pada intinya berupa ”shock treatment” kepada para oposan Pemerintah Soeharto.  Tujuan utama operasi antara lain menangkap dengan serentak para pimpinan Dewan Mahasiswa dan Senat Mahasiswa, melarang terbitnya berbagai koran dan mass media, serta menindak tegas Perwira Tinggi ABRI yang memberikan ”angin” kepada gerakan mahasiswa (dari buku ”Menjadi TNI” – Himawan Soetanto).

Walaupun sebagai orang yang jago bertempur, Himawan ternyata lebih memilih pendekatan damai, atau yang ia sebut sebagai“indirect approach”,  untuk membubarkan gerakan demonstrasi mahasiswa di kampus ITB. Sehingga pada tanggal 21 Januari 1978, ia memerintahkan Pasukan Siliwangi untuk menyerbu masuk dan menduduki Kampus ITB, dengan cara-cara damai. Didalam kampus ITB, Pasukan Siliwangi terlihat akrab dengan para mahasiswa, seperti menyanyikan lagu-lagu kebangsaan secara bersama-sama di lapangan basket dan juga di lorong-lorong student center. Himawan sangat yakin dengan pendekatan secara damai ini, karena ia telah berkeliling ke daerah-daerah dan yakin bahwa gerakan mahasiswa tidak didukung oleh rakyat secara luas. Istilah dalam bukunya, ”tidak ada pengikatan pada mass base”. Menurut Himawan, dengan cara-cara pendekatan damai, gerakan mahasiswa dapat dinetralisasi menjelang Sidang Umum MPR. Sebaliknya menurut Himawan, jika dilakukan tindakan kekerasan, maka menurutnya akan justru menghasilkan martir dan perlawanan yang lebih hebat lagi di kemudian hari.

Tapi pendekatan yang ia lakukan rupa-rupanya tidak membuat atasannya berkenan, yakni Panglima Kopkamtib, di Jakarta. Himawan malahan lebih didorong ke arah untuk ”berperang” dengan mahasiswa atau mengambil tindakan kekerasan secara militer. Karena Himawan saat itu dinilai ragu-ragu sebagai seorang militer, pimpinan Kopkamtib menganggap Himawan membiarkan gelombang gerakan mahasiswa berlanjut di wilayahnya. ”Heng, Suasana foto ini sebenarnya sangat tegang. Waktu itu saya mencoba menjelaskan approach saya kepada Presiden. Tetapi Presiden menjadi sangat marah.”. Itulah penjelasan Himawan pada suatu saat kepada saya, sewaktu membicarakan foto disamping.

Kedatangan Panglima Kowilhan II/Jawa, Widjojo Soejono, selaku pelaksana khusus Panglima Kopkamtib, untuk berpangkalan di Bandung, bisa dilihat sebagai pengambil alihan komando Himawan Soetanto secara de facto. Pengambil-alihan ini, menghasilkan peristiwa yang untuk pertama kali terjdi dalam sejarah Indonesia, dan Insya Allah terakhir kalinya di Kampus ITB. Pada tanggal 9 Februari 1978, Kampus ITB diserbu oleh pasukan TNI dari berbagai penjuru dan diduduki dengan menggunakan tindakan kekerasan militer.  Puluhan mahasiswa luka-luka. 7 (tujuh) orang mahasiswa terpaksa harus dirawat di Rumah Sakit dan 62 orang mahasiswa ditahan tanpa proses. Para tokoh-tokoh mahasiswa seperti Rizal Ramli, Al Hilal, Indro Tjahjono, Heri Akhmadi dll akhirnya diadili di Pengadilan Negeri Bandung dan kemudian dihukum. Mereka juga-lah yang nantinya, 20 tahun kemudian, akan ikut berperan memulai gerakan reformasi, mengakhiri Pemerintahan Soeharto.

Kehidupan di hari tua
Dalam bukunya yang ia tulis bersama Daud Sinyal dan Atmadji Sumarkidjo, Himawan menuliskan kata-kata yang cukup penting bagi penerus bangsa ini, “Kekuatan TNI bukanlah untuk politik kekuasaan, apalagi berdiri diatas kekuasaan. Kekuatan TNI senantiasa harus berpijak pada kemauan rakyat dan dukungan rakyat”.

Dihari-hari tuanya, Himawan lebih banyak menghabiskan masa senggangnya dengan menulis buku-buku sejarah. Buku-buku karyanya antara lain “Rebut Kembali Madiun”, “Yogyakarta 19 Desember 1948”, “Long March Siliwangi” dan “Serangan Jepang ke Hindia Belanda – Perebutan Wilayah Nanjo”. Sampai akhir hayatnya ia masih sedang sibuk menyelesaikan thesis Doktornya untuk bidang ilmu Sejarah di UI dan juga di negeri Belanda. Dalam sebuah suasana santai, ia sempat berkata, “Heng, saya sudah banyak sekali berperang dan membunuh tentara Belanda, tentara Inggris maupun para pemberontak, yang berusaha memecah belah kesatuan dan persatuan Republik ini. Tetapi Alhamdulilah tidak ada satupun mahasiswa yang meninggal akibat kekerasan militer, disaat saya berjaga dan bertugas”. Saya lihat wajahnya terkesan bangga dan sekaligus puas menyampaikan kalimat ini.

Selamat jalan pamanku, sang jago perang. Terima kasih telah mengajarkan kepada saya, perbedaan nilai-nilai ”berjuang untuk rakyat dan berjuang untuk kekuasaan”. Semoga Allah SWT mengampuni seluruh dosa-dosamu dan menerimamu disisiNya yang paling indah. Amien

Ditulis 20 Oktober 2010 jam 17:50 (tujuh jam setelah Himawan Soetanto menghembuskan nafasnya yang terakhir).

Triharyo Soesilo (Hengki)

kirim ke teman | versi cetak

Berita in-memoriam Lainnya

Mengenang Almarhum Michael D Ruslim - sang CEO Astra group
Renungan akhir tahun - sinar putih terang benderang

Komentar Pengunjung

1. Terima kasih Mas Hengki
Rabu, 30 Nopember 11 - oleh : Yeni Prasetyo
Saya pernah baca tulisan Mas Hengki ttg Pak Lek Him di Antara klo tidak salah. Pada waktu itu, saya kira, Mas memang diminta Antara utk menulis secara khusus ttg Beliau. Tapi ternyata tidak, produktivitas menulis Mas sangat tinggi di tengah kesibukan Mas Hengki. Saya jadi malu sbg anak muda dgn produktivitas yg jauh dibanding Mas.
Terus terang saya suka sekali gaya tulisan Mas Hengki. Singkat, padat, berisi dan inovatif. Klo baca tulisan ini, saya jd teringat film The Last Samurai nya Tom Cruise yg ditanya Kaisar ttg bagaimana Katsumoto meninggal, tapi justru jawaban Tom Cruise sebaliknya, ingin menceritakan bagaimana Katsumoto hidup . This Perfect!
Ada satu frasa yg sangat saya suka, berjuang untuk rakyat dan berjuang untuk kekuasaan memang mempunyai perbedaan nilai. Konsisten utk perjuangan umat demi amanah yg sementara.

Salam,

2. Mengagumi dan menghormati
Kamis, 13 September 12 - oleh : Mas Deddy Koeswara
Saya sangat mengagumi dan menghormati Beliau karena kerendahan hatinya. Sebagai yang muda saat itu saya sangat merasa dihargai oleh Beliau karena mau mendengar apa pendapat dan hasil pemikiran saya.

Semoga Allah ta'ala menempatkan Beliau disisiNYA. Amin.

Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.224.247.42 | Hostname: ec2-54-224-247-42.compute-1.amazonaws.com