Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2815)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2277)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (2146)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2117)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1889)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1881)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1857)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1819)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1463)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1447)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (42253)
Buku petunjuk SRI (27072)
Laporan kecelakaan kereta api (16087)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14824)
Presentasi air bersih & air limbah (13357)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (12218)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (12202)
Presentasi Padi SRI (10978)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8673)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6780)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Pinjaman Testimoni
Rabu, 13 Desember 17
Posted by:

Lady Mia
KABAR BAIK!!! Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloan company@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya. Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.c om dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail. com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan. Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

sell kidney
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

dr alex
Hari baik setiap orang, Jual ginjal. Simpan hidup dan dapatkan uang, jadilah dokter Alex spesialis Pembelia n ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa? mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda 500,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@ gmail.com Atau aplikasi apa? +234816202918 7 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan melakukannya Tentu pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda nikmati berbisnis dengan kami Email: dralexspeciallist@ gmail.com Salam

pinjamin
Kamis, 07 Desember 17
Posted by:

Mohammad
kesaksian nyata dan kabar baik !!! Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gma il.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@ gmail.com dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploande partment@gmail.com

loan
Kamis, 30 Nopember 17
Posted by:

rhonda
Apakah Anda membutuhkan bantuan keuangan? atau Butuh pinjaman apapun? Jika demikian, inilah bantuan Anda, dan kami memberikan pinjaman kepada perorangan dan perusahaan dengan tingkat bunga yang terjangkau. hubungi kami sekarang (rhondasean@yahoo. com)

yhdgh
Selasa, 28 Nopember 17
Posted by:

HARRIET MARK
Kabar baik! Nama saya Harriet Mark, warga negara Indonesia, saya tinggal di Prapak rt1 / 2, kelurahan Kranggan, kecamatan Kranggan, kabupaten temanggung Jawa tengah. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya. Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gma il.com) Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( harrietmark01@gmai l.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 7216 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 6204 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 5177 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4666 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2609 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1594 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1856 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 1395 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 1226 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 1316 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Jogjakarta selalu dihatiku (Tulisan serial ke-enam)

Selasa, 16 Nopember 10 - oleh : Triharyo Soesilo | 0 komentar |   5989 hits

Untitled document

Insting Jendral Soedirman

Bunyi dentuman ledakan dan juga raungan pesawat terbang pada subuh pagi hari Minggu 19 Desember 1948, memicu insting militer Jendral Soedirman untuk segera bangun dari bangsal tempat tidurnya. Badannya masih sangat lemah akibat operasi pengambilan salah satu paru-parunya, yang baru selesai dilakukan beberapa hari sebelumnya. Dalam benak Soedirman, hari itu adalah hari dimulainya latihan perang-perangan TNI di kota Jogjakarta. Sayang, Soedirman tidak menyadari bahwa kode rahasia komunikasi TNI, sudah terbongkar oleh Pihak Belanda.

Sehingga Belanda sudah mengetahui rencana adanya latihan perang-perangan tersebut, dan secara sengaja mulai menyerbu Lapangan Terbang Maguwo, pada hari yang sama dengan hari latihan perang-perangan TNI di kota Jogjakarta. Serbuan serempak Belanda dengan cara ”mematuk” dari udara, melalui penerjunan ribuan pasukan khusus (Speciale Troopen) ke kota Jogjakarta (lihat peta), disebut dengan nama ”Operatie Kraai” atau ”Operasi Gagak”. Banyak pasukan TNI yang tertipu dan mengira bahwa serbuan Belanda tersebut adalah pasukan kawan. Dalam sejarah Indonesia, pada hari itu dimulailah ”Agresi Militer Belanda yang kedua”.

Nolly

Namun berkat insting militer Soedirman yang sangat tajam, ia langsung mengetahui dari bunyi berbagai dentuman, dan juga deru mesin pesawat terbang (yang tidak dimiliki TNI AU), bahwa Jogjakarta sedang diserbu oleh tentara Belanda. Karena tidak mampu menahan rasa sakit, Soedirman langsung terhuyung jatuh dan terbaring kembali di tempat tidurnya. Ia kemudian meminta Kapten Soepardjo Rustam ajudannya (nantinya menjadi Menko Kesra), untuk mencari Bung Karno ataupun Bung Hatta di Gedung Agung, Istana Presiden di Jogjakarta. Sewaktu Soedirman menunggu kembalinya Soepardjo, yang ternyata terhadang pasukan Belanda, tiba-tiba sebuah kendaraan Polisi Militer TNI, masuk kedalam halaman rumahnya di Binaran. Soedirman langsung bertanya, ”Siapa pengendaranya ?”. Rupa-rupanya, sang sopir adalah Letnan Polisi Tjokropranolo (nantinya menjadi Gubernur DKI). ”Panggil Nolly”, Kata Soedirman.

Inilah kemudian penuturan Tjokropranolo (foto dikanan berbaju hitam) selanjutnya :

”Ketika saya masuk kamar Pak Dirman, saya temui beliau masih terbaring di tempat tidurnya. Setelah saya memberi hormat sambil mengucapkan ’siap’, Pak Dirman memerintahkan kepada saya agar segera menyiapkan kendaraan dan para pengawal untuk pergi ke Gedung Agung. Dalam keadaan fisik yang masih sangat lemah karena baru saja menjalani operasi paru-paru, beliau memaksakan diri untuk pergi ke Gedung Agung guna menemui Presiden Soekarno. Tanpa pikir panjang, saya menyiapkan sebuah mobil sedan dan sebuah kendaraan pick-up untuk membawa beliau dan para pengawalnya.

Terlihat bahwa Pak Dirman sudah tidak sabar untuk menunggu lebih lama lagi. Ia merasa perlu untuk segera pergi menemui Presiden di Gedung Agung. Ibu Soedirman dihadapan dokter pribadi, Mayor Dr. Soewondo dan saya, berusaha mencegah Pak Dirman untuk berangkat ke Gedung Agung dan menyarankan agar bersabar dulu menunggu datangnya Pak Pardjo. Tetapi tampaknya Pak Dirman sudah tidak sabar dan memutuskan untuk segera pergi sendiri. Panglima mencium sesuatu yang tidak beres sedang terjadi di kota Jogjakarta. Naluri militernya mulai bekerja dan terlihat ada sesuatu hal yang sangat genting dan tampak sedang meresahkan pikirannya.”

Soedirman seperti menerima kekuatan gaib, ia kemudian bangun dari tempat tidurnya. Perlahan-lahan beliau berdiri dan dengan hanya mengenakan pakaian piyama ditutupi mantel tebal berwarna coklat, mulailah ia berjalan. Dengan tertatih-tatih, Soedirman melangkah maju dibantu oleh dokter Soewondo dan Tjokropranolo. Di dalam kendaraan, dokter Soewondo ikut duduk di kursi belakang, sambil menopang tubuh Soedirman yang tampak agak lemah. Perjalanan menuju Gedung Agung, harus dilakukan dengan penuh kewaspadaan mengingat pesawat-pesawat pemburu Belanda masih terus melakukan pengintaian dan pengejaran dengan manuver-manuver terbang rendah, sambil menembaki semua kendaraan yang sedang bergerak.

Perintah Kilat no:1

Didalam kendaraan dan dalam situasi gempuran pesawat terbang Belanda tersebut, Soedirman akhirnya menorehkan Perintah yang sangat legendaris di kalangan TNI, dan menjadi titik balik eksistensi Negara Repbulik Indonesia. Perintah legendaris tersebut bernama “Perintah Kilat No. 1”,  yang isinya :

1. Kita telah diserang

2. Pada tanggal 19 Desember 1948, Angkatan Perang Belanda menyerang kota Yogyakarta dan Lapangan Terbang Maguwo

3. Pemerintah Belanda telah membatalkan persetujuan gencatan senjata

4. Semua Angkatan Perang menjalankan rencana yang telah ditetapkan untuk menghadapi serangan Belanda

Perintah Kilat tersebut ditulis-tangan sendiri oleh Soedirman dalam secarik kertas yang hurufnya terlihat samar-samar, tetapi dapat terbaca dengan jelas. Sesampainya di Gedung Agung, teks perintah tersebut diberikan kepada Vaandrig Kadet Utoyo Kolopaking (nantinya menjadi dosen pada Fakultas Hukum UI di Jakarta), untuk diteruskan lewat telepon ke RRI Jogjakarta, agar bisa segera disiarkan. Sewaktu perintah kilat ini diumumkan, para komandan kesatuan TNI, dapat langsung mengubah taktik perlawanan dari peperangan linier (Perang Konvensional) ke non-linier (Perang Gerilya). Desa-desa, hutan-hutan dan gunung-gunung, menjadi basis baru untuk berlindung.

Dari balik gunung dan hutan tersebut, pasukan TNI mengorganisir penyerangan ataupun penghadangan terhadap pasukan musuh. Seluruh persiapan Perang Gerilya ini, secara brilian telah dimatangkan oleh Jendral Soedirman bersama Kolonel Nasution, jauh-jauh hari sebelum tanggal 19 Desember 1948, sebagaimana pidato beliau beberapa bulan sebelumnya …..“Bukan kemungkinan lagi, tapi hal jang sangat nyata bahwa Belanda akan mendjalankan Plan B”. Plan B adalah penyerbuan Belanda ke kota Jogjakarta, bila perjanjian gencatan senjata yang ditanda-tangani di atas kapal USS Renville, runtuh. Ternyata antisipasi Soedirman sangat tepat, Belanda memang akhirnya mengingkari perjanjian Renville.

Soekarno tidak mau bergerilya

Di Gedung Agung, Soedirman menemui Soekarno, yang akan memimpin sidang kabinet darurat. ”Tidak ada hal penting yang terjadi. Adinda masih sakit, pulanglah ke rumah, beristirahat," sapa Soekarno. Soedirman masih berusaha menunggu di luar ruang sidang, hingga akhirnya jelas bahwa Soekarno, Hatta, dan para pembesar lainnya memilih untuk tetap di kota Jogjakarta, dan tidak mau bergerilya, seperti yang pernah mereka putuskan bersama jauh-jauh hari sebelumnya.

Walaupun agak kecewa, Soedirman akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Gedung Agung dan memimpin perang gerilya, sebagaimana pernah direncanakan bersama seluruh jajaran TNI. Sejumlah perwira di Markas Besar Tentara masih mencoba membawa pergi Soekarno dan Hatta, namun nampaknya tidak berhasil meyakinkan keselamatan Presiden dan Wakil Presiden. Sidang kabinet berkesimpulan, bahwa tidak cukup tentara untuk mengawal para pimpinan negara, jika mereka harus bergerilya ke luar kota Jogjakarta. Lagi pula, dengan berada di dalam kota, para pimpinan itu berkeyakinan untuk tetap bisa berhubungan dengan anggota Komisi Tiga Negara (KTN), yang ditugasi PBB mencari penyelesaian terhadap konflik Indonesia-Belanda. Soekarno, Hatta, Sjahrir dan para menteri serta para pimpinan Pemerintahan Indonesia lainnya, akhirnya ditangkap Belanda dan diasingkan.

Di dalam perjalanan menuju Parangtritis, Soedirman mendengar berita radio dari pihak Belanda, dan juga membaca pamflet-pamflet yang dijatuhkan dari pesawat udara, dengan isi berita “Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Hatta serta pejabat tinggi lainnya, terutama Jenderal Soedirman, sudah berhasil ditawan”. Berita ikut ditawannya Jendral Soedirman tentu saja cukup mengejutkan dan menyedihkan rakyat Indonesia. Karena TNI adalah benteng terakhir Republik, dan satu-satunya harapan rakyat setelah Soekarno dan Hatta ditahan.

Soedirman memimpin perang Gerilya

Tapi disitulah kesalahan utama pihak Belanda dalam ”Operasi Gagak”, yang dipimpin oleh Jendral Spoor. Berdasarkan informasi intel Belanda, Jendral Soedirman akan sangat mudah untuk ditangkap, karena beliau baru selesai menjalani operasi pengambilan salah satu paru-parunya. Itulah sebabnya, penangkapan Soedirman diprioritaskan paling akhir, setelah penangkapan Soekarno, Hatta, dan para pimpinan pemerintahan lainnya di kota Jogjakarta. Kesalahan tentara Belanda lainnya, adalah lambatnya penyerbuan masuk ke kota Jogjakarta, karena takut akan adanya para penembak jitu. Belanda menjelang siang hari, akhirnya memang sempat mengepung rumah Soedirman di Binaran, namun mereka menemui rumahnya sudah kosong. Dengan disiarkannya Perintah Kilat No:1 melalui siaran RRI, yang kemudian bergema dan berkumandang dari gunung ke gunung, dari lembah ke lembah, dari desa ke desa dan meluas ke kota-kota di seluruh penjuru tanah air, tersebarlah berita bahwa.“Pak Dirman masih ada di tengah-tengah kita!. Pak Dirman memimpin kita! Hidup Pak Dirman!. Republik Indonesia masih ada”.

Soedirman dengan tubuh yang sangat kurus, sering terbatuk-batuk, duduk diatas tandu dan sesekali naik dokar ditarik oleh anak buahnya, memimpin perang gerilya dengan melakukan perjalanan sepanjang ratusan kilometer, selama berbulan-bulan. Pada masa itu, rakyat pedesaan di Jawa tengah dan Jawa Timur, secara ikhlas membantu perjuangan kemerdekaan dengan membuka dapur umum dan menjamin ketersediaan pangan seluruh pasukan TNI. Itulah Republik Indonesia kala itu.

Prolog
Reaksi dunia dan keputusan Dewan Keamanan PBB terhadap agresi militer Belanda yang kedua ini, akhirnya secara aklamasi menjadi sangat memihak kepada Pemerintah Indonesia. Pemerintah Belanda terkesan menjadi pihak yang sangat jahat. Banyak buku-buku sejarah mempertanyakan kenapa Belanda melakukan kesalahan strategi dan sepertinya melakuan blunder. Dari berbagai kajian, saat ini mulai terkuak alasan-alasan sebenarnya. Inilah alasan-alasan tersebut:

  • Belanda saat itu terus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membiayai pasukannya di Indonesia, yang kala itu mencapai 140.000 orang.
  • Hampir sebagian besar pasukan Belanda adalah pasukan wajib militer. Mereka umumnya ingin cepat selesai penugasannya dan pulang ke Belanda
  • Akibat pembiayaan yang sangat besar dan juga jumlah tentara yang signifikan, Belanda akhirnya tidak mampu lagi membangun negaranya.
  • Belanda melihat bahwa negara Eropa yang tidak mampu membangun kembali negerinya, bisa jatuh menjadi negeri komunis seperti Cekoslovakia.
  • Setelah Indonesia berhasil menghancurkan pemberontakan PKI di Madiun, Amerika menjadi sangat mendukung Pemerintahan Soekarno-Hatta dan eksistensi Republik Indonesia semakin hari semakin mendapatkan pengakuan dunia.

Atas pertimbangan-pertimbangan tersebut, akhirnya Belanda terpepet waktu dan merasa sangat urgent untuk melakukan sebuah operasi militer skala raksasa, yang ingin secara “fait a compli” menghancurkan seluruh pasukan TNI, sambil sekaligus menangkap para pimpinan Pemerintah Republik Indonesia. ”Operatie Kraai” yang diliput dan didokumentasi secara rinci oleh pihak Belanda, rupa-rupanya tidak memperhitungkan insting militer dan ketangguhan Soedirman, kemampuan TNI bergerilya dan juga dukungan rakyat Indonesia di pelosok-pelosok pedesaan.

Salam
Hengki

Sumber : Wikipedia versi Belanda, tulisan Tjokropranolo dan berbagai tulisan di website TNI-AD

kirim ke teman | versi cetak

Berita Pendidikan Lainnya

2(dua) kegiatan mahasiswa yang membuat optimis, bahwa Indonesia akan lebih maju
Rekan Yayak mengajak kita berkenalan dan membuat - Lubang Resapan Biopori
Tahukah anda tentang I-4 ?
Menjadi seorang Insinyur
Who says life begins at 40...it should be 50 ? - pengamatan saya tentang kehidupan Amar Rasyad
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.198.55.167 | Hostname: ec2-54-198-55-167.compute-1.amazonaws.com