Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2702)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2037)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2001)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (1993)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1766)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1719)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1685)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1683)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1360)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1343)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (41693)
Buku petunjuk SRI (26462)
Laporan kecelakaan kereta api (15527)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14119)
Presentasi air bersih & air limbah (12799)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (11607)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (11589)
Presentasi Padi SRI (10371)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8016)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6175)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Hello
Sabtu, 14 Oktober 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah Dokter Daniel adalah seorang Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami Klinik spesialis dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan sungkan hubungi kami via email Email: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com Nomor Whatsapp: +2349028230916. Sa lam Hormat. Dr Daniel.

Halo
Jumat, 13 Oktober 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal? Atau kamu mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami menawarkan jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah Dr. Daniel adalah seorang nephrologist di UBTH Medical Center. Kita Klinik khusus untuk operasi ginjal, dan kami juga melakukan pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika kamu Tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu hubungi kami melalui email E-mail: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com nomor whatsapp: +2349028230916 Sal am pembuka Dr. Daniel

Tanya Perihal CEO Garuda Food Hardianto Atmadja
Rabu, 05 April 17
Posted by:

heri lingga
Bolehkah saya tanya ke Pak Triharyo, apa yang membuat nama CEO Garuda Food Hardianto Atmadja, bisa muncul sebagai CEO yang terbilang sukses karena melakukan beberapa rekomendasi yang disuguhkan rekan Bpk. Yang saya tanya, komentar Bpk. Pada item atua butir mana saja yang dilakukan Garuda Food dibawah Pak Hardianto Atmadja yang terbilang menonjol dan membawa perusahaan bukan hanya bertahan, tapi juga berkembang dan menjadi jagoan di satu produk. Terimakasih. Wass. Heri Lingga ----------- - Journalis Warta Ekonomi

Cari pembeli jarak kepiar
Minggu, 02 April 17
Posted by:

Samsia
salam... saya samsia, di kampung saya mencari siapa saja yang mau bermitra untuk membeli biji jarak kepyar didaerah saya . saya bisa sumplai tiap bulan. ketertarikan dengan jarak tersebut yaitu potensi tumbuhnya sangat baik ditempat saya dan saya semakin yakin setelah melihat pangsa pasarnya. tingkat kemerataan tumbuh jarak kepyar ditempat saya kurang lebih 75 % (yang tumbuh alami di sepanjang tanah tempat tingal kami) bagi kawan-kawan atau pengusaha yang berminat bisa hubungi saya di 085240079984 Daera h Sulawesi tenggara Butuh yang serius

kerenn nihhh... manfaatkan energi lain
Selasa, 10 Januari 17
Posted by:

jakarta
ayo hemat listri untuk kehidupan dimasa depan... jangan boros2.. ya... keren omm http://www.arah.co m

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 6743 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 5739 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 4706 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4191 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2129 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1122 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1364 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 955 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 790 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 867 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Ketupat lebaran - Apa kata para Futurolog tentang masa depan kita

Selasa, 06 September 11 - oleh : Triharyo Soesilo | 0 komentar |   4388 hits

Untitled document

Saat-saat liburan panjang adalah waktu-waktu khusus bagi saya untuk membaca buku. Untuk tahun ini, saya tidak perlu lagi membawa buku-buku cetak, tetapi cukup menenteng Tablet Computer Galaxy Tab, yang berisi belasan buku elektronik (e-books) yang ingin saya baca. Bagi yang belum tahu cara praktis ini, silahkan baca tulisan sebelumnya. Tulisan ini merupakan rangkuman hasil bacaan beberapa buku selama liburan, dan merupakan hadiah Ketupat Lebaran dari saya kepada para sahabat, yang mungkin berminat membacanya. Mudah-mudahan ada manfaatnya dan mohon maaf agak sedikit panjang dan mungkin sedikit berat.

Futorologi dan 3(tiga) pertanyaan saya
Selama liburan lebaran tahun ini, topik yang ingin saya baca adalah tentang Futurologi. Sebagaimana diketahui, pada akhir Juli 2011, di depan para Futorolog dunia, Presiden SBY menyatakan dirinya bahwa ia ingin bergabung dan membuat club futorolog, bila nantinya ia pensiun (kok pensiun ?). Lalu putranya Agus Harimurti dengan para Futorolog, di Hotel Shangrilla, Jakarta pada Kamis 28 Juli 2011, menyampaikan paparan pada konferensi tentang Futorologi dengan tema "How the World will Change in the Next 30 Years: World Experts Talk about Global Trends and Force that will Sweep the 21st Century.".

Jadi pada liburan lebaran kali ini, saya mencoba mencari jawaban terhadap 3(tiga) pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana ramalan para Futurolog puluhan tahun silam dan bagaimana realisasi kenyataannya pada hari ini ?.
  2. Apa dampak ramalan mereka dalam kehidupan kita sehari-hari, misalnya pada sebuah perusahaan kecil ?
  3. Lalu yang mungkin lebih penting adalah, apa ramalan para Futrolog untuk puluhan tahun mendatang ?.

Bagi yang belum tahu, Futorologi bukanlah kemampuan indera ke-enam, untuk melakukan pen-“cenayang”-an tentang masa depan. Futorologi adalah sebuah sistematika ilmu yang mengamati kecenderungan berbagai kejadian pada hari ini, untuk memprediksi “3P dan 1W” atau kejadian-kejadian di masa depan yang bakal masuk kategori “Possible, Probable, Preferable”, ditambah dengan kategori “Wildcards”. Wildcard adalah kejadian yang sangat rendah probabilitasnya namun dapat sangat berdampak bagi peradaban manusia, bila benar-benar terjadi. Ahli-ahli ilmu Futorologi disebut Futorolog (futurist).  Beberapa yang terkenal antara lain pasangan suami-istri Alvin dan Heidi Toffler, John Naisbitt, James Canton dll. Banyak negara dan juga korporasi dunia yang cukup tekun mempelajari dan menerapkan ilmu Futorologi dalam kebijakan mereka sehari-hari, contohnya adalah Korea Selatan, Singapore dan China.

Prediksi Alvin Toffler dan John Naisbitt puluhan tahun silam
Bagi yang tidak mengikuti atau mungkin lupa, berikut ini snapshot pengamatan dan ramalan Alvin Toffler dari buku-bukunya yang saya sempat baca puluhan tahun silam. Di tahun 1970, jauh sebelum komputer pribadi dan internet mewabah, Alvin mengamati bahwa perekonomian dunia akan tumbuh dengan sangat pesat, sehingga mengakibatkan “Future Shock”. Berbeda dengan era puluhan tahun sebelumnya, setiap keluarga di seluruh pelosok dunia akan semakin sering berpindah-pindah, untuk menyesuaikan kebutuhannya. Sehingga misalnya pencetakan buku telpon (Yellow pages), akan menjadi sia-sia. Alvin kemudian menjabarkan fenomena ini lebih rinci lagi dalam buku berikutnya pada tahun 1980, yang ia beri judul “The Third Wave” (Gelombang Ketiga). Harap diingat bahwa buku ini diluncurkan beberapa tahun sebelum terjadinya revolusi komputer pribadi IBM PC.

Pada tahun 1980, Alvin mengamati bahwa dunia sedang memasuki Era Gelombang Ketiga (Third Wave), setelah melewati gelombang pertama yaitu Era Pertanian, dan Gelombang Kedua - Era Industrialisasi. Pada Gelombang Ketiga, menurut Alvin, dunia akan memasuki Era Informasi. Bukunya sangat rinci memberikan banyak sekali contoh. Salah satu contoh yang diutarakan Alvin adalah tentang nasib perusahaan industri manufaktur silet cukur (Gillette). Perusahaan ini semakin hari semakin dikendalikan oleh informasi dari para pedagang retail-nya, yang menyimpan data tentang jenis silet yang paling diinginkan konsumen. Produsen manufaktur tidak bisa lagi dengan serta merta memproduksi produknya secara massal, tanpa memperhatikan keinginan pasar. Alvin-lah yang memperkenalkan kata “Information Age”. Dalam era informasi, konsumen akan semakin berkuasa dan semakin memerlukan produk dan jasa, yang sesuai dengan keinginannya yang sangat spesifik (tailor made).

Kecenderungan beralihnya kekuatan kepada para konsumen (publik), dari tangan para produsen, semakin diperjelas oleh Alvin dalam bukunya Power Shift yang ia tulis pada tahun 1990. Saat itu walaupun internet masih belum mewabah, tetapi Alvin sudah memprediksi bahwa nantinya, konsumen akan bisa membandingkan berbagai harga dari sebuah produk yang sama, dari banyak penjual. Dokter juga harus ekstra hati-hati, karena para pasien-pasiennya akan semakin pandai, akibat dari membaca banyak literatur tentang penyakit yang sedang dideritanya. Pada tahun 1982, John Naisbitt dalam bukunya ”Megatrend”, menulis prediksi yang hampir serupa. Menurut prediksi John, karena terjadinya pergeseran kekuatan ke arah masing-masing individu, maka negara dan juga korporasi akan cenderung berubah dari pola sentralisasi ke arah desentralisasi. Akan terjadi perubahan persaingan dari kompetisi lokal ke persaingan global (diperkenalkan istilah globalisasi). Demokrasi aktif (Participatory Democracy) akan semakin mengalahkan Demokrasi semu (kediktatoran). Itu semua diprediksi oleh para Futurolog, dengan melihat trend pada awal tahun 1980-an.

Bagaimana penerapan ilmu Futorologi pada sebuah perusahaan kecil di Indonesia ?
Karena sejak remaja sempat membaca buku-buku tersebut diatas, maka pemikiran-pemikiran para futurolog tentang pergeseran ke arah Era Informasi, kecenderungan terhadap desentraliasi dan juga perlunya untuk lebih spesifik melayani keinginan konsumen (pelanggan), sangat mempengaruhi pemikiran-pemikiran saya di tahun 1990-an. Sehingga sewaktu diberi tanggung-jawab mengelola perusahaan, idea-idea tersebut melandasi banyak kebijakan saya. Namun pertanyaan saya saat itu adalah bagaimana cara menerapkan idea-idea tersebut pada sebuah korporasi, karena saya terus terang masih relatif agak bingung dengan teknisnya. Sampai akhirnya Bill Gates menulis buku larisnya yang berjudul, Business at the Speed of Thoughtpada tahun 1999. Saking gembiranya menemukan “Eureka moment”, setelah selesai membaca buku tersebut, saya langsung membuat presentasi (silahkan download disini) kepada para pimpinan perusahaan dan juga mengusulkan proyek dengan nama ”Proyek Sistem Syaraf Digital” (silahkan download disini). Singkat kata, seluruh rekan-rekan di perusahaan sangat mendukung terhadap idea ini dan di kemudian hari, PT Rekayasa Industri mampu berkembang secara berlipat-lipat. Kesimpulannya, bila Futorologi dipelajari dan dimengerti, bisa berdampak sangat luar biasa.

Apa kata para Futurolog tentang masa depan kita ?
Bila Futurologi memang penting, lalu apa kata mereka tentang masa depan kita ?. Untuk menjawab pertanyaan ini, saya mencoba membaca beberapa buku tulisan para Futurolog berikut yaitu “Revolutionary Wealth”, buku terakhir karya Alvin dan Heidi Toffler, “China’s Megatrend”, John & Doris Naisbitt dan “The Extreme Future”, karya James Canton. Pasangan Toffler dan pasangan Naisbitt tidak terlalu banyak menghasilkan pengamatan baru, kecuali memberikan penekanan dan pendalaman pada apa yang telah mereka tulis selama ini. Tetapi yang lebih spesifik dan bahkan lebih berani adalah James Canton. Menurut James dalam puluhan tahun mendatang akan terjadi konvergensi dari Nano-technology, Bio-technology, Information Technology dan Neuro-technology untuk mengatasi permasalahan-permasalahan energi, pangan dan kesehatan.

Jadi arah dunia di masa depan adalah terjun ke level atom dan molekul. Pada berbagai bab, pasangan Toffler dan Naisbitt juga mengulas tentang ini. Sebagai contoh, tanpa terasa saat ini di setiap rumah, hampir pasti ada chip computer yang terdiri dari triliunan transistor berukuran molekul, dan mampu melakukan 4 milyar kegiatan on-off switch setiap detiknya. Tantangan untuk mengkonversi kemampuan teknologi pada tatanan molekul dan atom tersebut untuk menjadi solusi permasalahan dunia, akan menjadi kecenderungan di masa mendatang. Menurut prediksi, industri Nano-teknologi akan tumbuh 100x lipat dalam 5 (lima) tahun dari US $ 10 milyard hari ini menjadi US $ 1 Triliun pada tahun 2015. Istilah-istilah jabatan di masa mendatang antara lain Nano-Bio entrepreneur, Biofuture therapist, Neuro-medical technicians, Cancer enablers dll. Mirip seperti jabatan-jabatan aneh para ahli teknologi informasi hari ini, yang belum kita kenal puluhan tahun yang lalu.

Setelah membaca buku-buku tersebut, saya langsung teringat akan sebuah paparan dari para teknolog Russia yang telah mengembangkan kilang minyak untuk membuat bahan bakar minyak dengan menggunakan teknologi nano-catalyst. Kilang tersebut ternyata bisa sangat jauh lebih kecil dan juga bisa jauh lebih murah untuk membuatnya. Setelah liburan lebaran, saya akan mengejar lebih jauh tentang penerapan teknologi ini. Silahkan kepada para ahli Nano-teknologi Indonesia untuk menghubungi saya. Terima kasih sebelumnya atas kontaknya.

Demikian sharing dan hadiah ketupat lebaran dari saya. Sekali lagi mohon maaf bila terlalu panjang dan juga mungkin sedikit berat untuk dibaca.

Salam
Hengki

kirim ke teman | versi cetak

Berita Korporasi Lainnya

Apa yang saya lakukan di perusahaan kami pada saat finansial krisis seperti ini
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 23.20.86.177 | Hostname: ec2-23-20-86-177.compute-1.amazonaws.com