Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2710)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2059)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (2012)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (2006)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1777)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1730)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1710)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1692)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1370)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1350)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (41719)
Buku petunjuk SRI (26492)
Laporan kecelakaan kereta api (15555)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14172)
Presentasi air bersih & air limbah (12826)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (11631)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (11622)
Presentasi Padi SRI (10400)
Presentasi Industri Jarak Pagar (8053)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6204)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Halo
Minggu, 19 Nopember 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah Dokter Daniel adalah seorang Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami Klinik spesialis dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan sungkan hubungi kami via email Email: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com Nomor Whatsapp: +2349028230916 Sal am Hormat. Dr Daniel.

Loan
Rabu, 15 Nopember 17
Posted by:

Lady Jane
kabar baik!!!! Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata, Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company. Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploand epartment@gmail.co m) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmai l.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail. com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian3 42@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmai l.com Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany

Hello
Rabu, 08 Nopember 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal Anda? Kamu adalah mencari kesempatan untuk menjual bayimu demi uang karena itu rincian ekonomi dan tidak tahu harus berbuat apa, silahkan hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah ginjal yang baik. Nama saya adalah Dokter Daniel adalah seorang nephrologist di UBTH Medical Center. Kami Klinik ini spesialis dalam operasi ginjal dan kami juga berhubungan dengan pembelian tersebut dan transplantasi ginjal, tinggal donor yang tepat. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal, jangan ragu untuk hubungi kami melalui email E-mail: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com Nomor Whatsapp: +2349028230916 Hor mat kami Dr. Daniel.

Tanya Perihal CEO Garuda Food Hardianto Atmadja
Rabu, 05 April 17
Posted by:

heri lingga
Bolehkah saya tanya ke Pak Triharyo, apa yang membuat nama CEO Garuda Food Hardianto Atmadja, bisa muncul sebagai CEO yang terbilang sukses karena melakukan beberapa rekomendasi yang disuguhkan rekan Bpk. Yang saya tanya, komentar Bpk. Pada item atua butir mana saja yang dilakukan Garuda Food dibawah Pak Hardianto Atmadja yang terbilang menonjol dan membawa perusahaan bukan hanya bertahan, tapi juga berkembang dan menjadi jagoan di satu produk. Terimakasih. Wass. Heri Lingga ----------- - Journalis Warta Ekonomi

Cari pembeli jarak kepiar
Minggu, 02 April 17
Posted by:

Samsia
salam... saya samsia, di kampung saya mencari siapa saja yang mau bermitra untuk membeli biji jarak kepyar didaerah saya . saya bisa sumplai tiap bulan. ketertarikan dengan jarak tersebut yaitu potensi tumbuhnya sangat baik ditempat saya dan saya semakin yakin setelah melihat pangsa pasarnya. tingkat kemerataan tumbuh jarak kepyar ditempat saya kurang lebih 75 % (yang tumbuh alami di sepanjang tanah tempat tingal kami) bagi kawan-kawan atau pengusaha yang berminat bisa hubungi saya di 085240079984 Daera h Sulawesi tenggara Butuh yang serius

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 6773 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 5767 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 4734 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4222 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2159 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1151 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1393 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 979 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 823 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 889 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Ketika Presiden memutuskan kenaikan harga BBM

Minggu, 04 Maret 12 - oleh : Triharyo Soesilo | 0 komentar |   4934 hits

Untitled document

Sebuah misteri yang semakin hari semakin terjawab, dengan melihat peristiwa kebangkrutan yang terjadi di Yunani.

Kuntoro, Mentamben yang masih baru

Pagi itu Senin 4 Mei 1998, Kuntoro Mangkusubroto, Menteri Pertambangan dan Energi (Mentamben), duduk di ruang tunggu Bina Graha. Disampingnya duduk Giri suseno, mitranya di Kabinet Pembangunan VII, yang menjabat Menteri Perhubungan. Mereka berdua sedang menunggu untuk dipanggil masuk ke ruang kerja Presiden Soeharto. Kuntoro menerima informasi, bahwa rapat pagi itu akan membahas tentang kenaikan harga BBM.

Kuntoro yang memang baru 2(dua) bulan dilantik menjadi Mentamben, pagi itu mulai merasakan panasnya kursi jabatan menteri yang membidangi energi. Karena akibat krisis moneter yang melanda negara-negara Asia dan khususnya menerpa Indonesia pada November 1997, defisit APBN pada akhir April 1998 menjadi sangat mengerikan. Salah satu opsi untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia, adalah mengurangi subsidi BBM. Sementara di jalan-jalan demonstrasi menuntut terjadinya reformasi, sedang terus terjadi dimana-mana. Sampai 4 (empat) hari sebelumnya, yaitu pada  Kamis 1 Mei 1998, Kuntoro masih berusaha memberikan penjelasan dan meyakinkan anggota DPR, dalam pertemuan setengah kamar, bahwa Pemerintah masih belum berencana menaikan harga BBM.

Jadi Senin pagi itu, sebenarnya Kuntoro hanya menyiapkan data-data perhitungan berbagai opsi kenaikan harga BBM dan nilai dampaknya terhadap penghematan subsidi, untuk dilaporkan ke Soeharto. Salah seorang staff yang menyiapkan perhitungan berbagai opsi kenaikan BBM tersebut, adalah Rachmat Sudibyo. Ia duduk di ruang tunggu Bina graha, saat kedua menteri Kabinet Pembangunan VII dipanggil masuk oleh ajudan, untuk memulai pertemuan dengan Presiden.

Apa yang terjadi kemudian dalam ruang di Bina Graha tersebut, akan merubah sejarah bangsa Indonesia untuk selama-lamanya.

Pertemuan di ruang kerja Presiden Soeharto, ternyata tidak berlangsung lama. Kuntoro dengan wajah agak terkejut keluar dari ruangan Presiden. Ia tampak tergesa-gesa berjalan cepat menuju kendaraannya. Sambil berjalan cepat Kuntoro menyampaikan kepada Rachmat Sudibyo bahwa Presiden baru saja mengambil keputusan. "Apa keputusan Presiden ?", tanya Rachmat dengan nada  kaget. Kuntoro-pun menyampaikan bahwa Presiden telah memutuskan untuk menaikan harga dengan opsi kenaikan harga yang tertinggi, yaitu menaikan harga premium dengan 71 % (lihat table). Selain itu kata Kuntoro, harga Tarif Dasar Listrik-pun sudah diputuskan untuk dinaikan dan sekaligus Tarif kendaraan umum juga dinaikan.

"Tidak hanya itu". Kata Kuntoro kepada Rachmat Sudibyo, "Kita harus segera membuat keputusannya saat ini juga, karena akan diumumkan siang ini", kata Kuntoro bergegas memasuki kendaraanya. Dalam 2(dua) jam kedepan, untuk pertama kalinya dalam sejarah Pemerintahan orde baru, pengumuman kenaikan harga BBM akan dilakukan pada siang hari, Karena selama ini, pengumuman kenaikan harga BBM selalu dilakukan pada malam hari setelah acara Dunia Dalam Berita, dan berlaku sejak jam 2400. Selain itu, inilah untuk pertama kalinya Pemerintah Orde Baru menaikan harga BBM, tanpa berkonsutasi terlebih dahulu dengan para wakil rakyat di DPR.

Tentu saja para wakil rakyat di DPR, yang tampak semakin berani, langsung menolak keputusan pemerintah menaikkan harga BBM dan tarif dasar listrik. Keputusan itu dinilai, "Sepihak dan telah mengabaikan fungsi serta peran DPR". Sebagaimana dikemukakan secara terpisah oleh Ketua Fraksi PDI Budi Hardjono, Paskah Suzetta dari F-Karya Pembangunan, serta Ketua F-Partai Persatuan Hamzah Haz kepada pers. Banyak telepon ke Redaksi Kompas mengecam pengumuman kenaikan harga BBM pada siang hari, yang membuat kemacetan lalu lintas dan banyak pegawai menjadi tidak kebagian angkutan sampai malam hari.

Pada siang hari itu juga, mahasiswa di Medan, Bandung dan Yogyakarta serentak menyambut kenaikan harga BBM dengan demonstrasi besar- besaran. Demonstrasi itu berubah menjadi kerusuhan, saat para demonstran terlibat bentrok dengan petugas keamanan.

Di Universitas Pasundan Bandung, misalnya, 16 mahasiswa menjadi luka-luka akibat terjadinya bentrokan fisik tersebut. Inilah korban terbanyak pertama, pada sebuah demonstrasi anti-Soeharto paska krisis moneter. Jatuhnya korban ini memicu jatuhnya korban-korban lain, dalam banyak kejadian anarkis pada bulan Mei 1998.

Misteri yang terjawab

Selanjutnya kita semua tahu bahwa Soeharto, akhirnya mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Namun pertanyaan saya selama ini adalah kenapa Soeharto sepertinya terburu-buru mengumumkan kenaikan harga BBM, tanpa konsultasi dengan DPR dan juga untuk pertama kali mengumumkan kenaikannya pada siang hari. Sehingga terjadilah penggabungan kekuatan antara para demonstran yang menuntut reformasi, dengan kekuatan rakyat jelata yang memang semakin mengalami kesulitan secara ekonomi. Penggabungan kekuatan tersebut langsung mulai terjadi secara serempak sejak diumumkannya kenaikan harga BBM, yaitu yang terlihat pada demonstrasi tanggal 4 Mei 1998 dan  kemudian demonstrasi yang jauh lebih besar pada 5 Mei 1998.

Setelah menyimak rangkaian kejadian di Yunani akhir-akhir ini, Indonesia di tahun 1998, mirip dengan negeri Yunani yang sedang mengalami kebrangkutan dan memerlukan suntikan dana dari IMF. Nampaknya keputusan Presiden Soeharto pada tanggal 4 Mei 1998, menunjukan adanya berbagai kemiripan dengan rangkaian kejadian di Yunani.

Sebagaimana diketahui, Indonesia saat itu meminta bantuan IMF, dengan suntikan dana segar sebesar US $ 43 milyar, untuk mengatasi krisis. Pada tanggal 4 Mei 1998 waktu Washington, Dewan Direksi IMF bakal memulai pembahasan masalah tahapan pencairan dana bantuan, yaitu pencairan sejumlah US $ 3 milyar kepada Indonesia dan akan diikuti pencairan US $ 1 milyar setiap bulannya. Namun tahapan pencairan ini memerlukan beberapa prasyarat dari Pemerintah Indonesia, yaitu antara lain Pemerintah harus mengurangsi beban subsidi dan juga mulai menerapkan reformasi.

Itulah antara lain, kenapa Soeharto tiba-tiba berbalik pada tanggal 2 Mei 1998, dengan menyatakan bahwa reformasi bisa dilakukan sejak saat itu juga, tidak harus menunggu 5 tahun kemudian atau baru 2003. Padahal sehari sebelumnya pada 1 Mei 1998, Soeharto melalui Menteri Dalam Negeri Hartono dan Menteri Penerangan Alwi Dachlan, mengatakan bahwa reformasi baru bisa dimulai tahun 2003. Untuk lebih menunjukan keseriusan Pemerintah Indonesia, Soeharto kemudian memutuskan untuk menaikan harga BBM pada tanggal 4 Mei 1998 dan juga berusaha mengumumkannya sebelum Dewan Direksi IMF berunding di Washington. Mengingat perundingan Dewan Direksi IMF akan dimulai sekitar jam 09:00 waktu Amerika Serikat atau sekitar jam 21:00 WIB, maka Soeharto bergegas untuk memutuskan kenaikan harga BBM dan menyampaikan ke publik, pada siang hari waktu Indonesia. Terpepetnya waktu dan juga kebutuhan segera akan suntikan dana segar, membuat Soeharto mengambil keputusan tanpa berkonsultasi dulu dengan DPR, ataupun mempertimbangkan resiko-resiko lainnya.

Itulah analisa saya setelah membaca beberapa tulisan mengenai ini dan mengamati rangkaian kejadian di Yunani. Selain itu, menurut saya Indonesia saat ini sangat jauh berbeda dengan kondisi makro ekonomi Indonesia pada tahun 1998. Juga cadangan devisa dan kondisi keuangan negara saat ini,  jauh dari kemiripannya dengan Yunani.

Salam
Hengki

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita Migas Lainnya

Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ?
Sharing informasi tentang konversi BBM ke BBG dan download buku gratis
Kilang Oil tercanggih di Asia pasifik dengan memakai peralatan karya putra-putri Indonesia
Temuan-temuan raksasa cadangan minyak bumi - apakah dunia menjadi lebih aman ?
White paper - Solusi teknologi untuk mengatasi kenaikan harga BBM di Indonesia
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.162.250.227 | Hostname: ec2-54-162-250-227.compute-1.amazonaws.com