Portal Karya Nyata Merah Putih Portal Karya Nyata Merah Putih  

 

Top 10 Artikel

Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan (2700)
Update 100 start-up companies - Pembeli Jarak pagar semakin banyak (2034)
Ingin berbisnis di Industri ICT - Ride the Wimax revolution (1999)
Minyak bumi US $ 117 per barrel - mungkinkah solusinya sumur tua ? (1992)
1 (satu) set perhiasan Mutiara dari Lombok hanya Rp 100.000 - kenapa murah sekali & apa yang bisa dilakukan ? (1764)
Kisah Kehidupan Triharyo (Hengki) (1718)
Kisah Andreas Japar menolong para pasien gagal ginjal yang tidak mampu cuci darah (1682)
Mempelajari kembali terjadinya kabinet 100 menteri, 45 tahun yang silam (1680)
Wawancara Hengki di Koran Republika (1358)
Tanggapan atas Industri panas bumi (direct use) (1341)

top 10 Download

Presentasi Pengolahan Sampah (41682)
Buku petunjuk SRI (26451)
Laporan kecelakaan kereta api (15515)
Kisah kehidupan Triharyo (332kb) (14099)
Presentasi air bersih & air limbah (12787)
Presentasi Industri Panas Bumi (langsung) (11595)
Mencari Jawaban tentang keislaman (1.3Mb) (11577)
Presentasi Padi SRI (10359)
Presentasi Industri Jarak Pagar (7998)
Presentasi Microalgae jadi Biodiesel (6164)
List Lengkap

Kategori Berita

Makro (53)
Migas (53)
ICT (48)
Pendidikan (33)
Iptek & Kesehatan (28)
Profil (25)
Agro & Biofuel (24)
Korporasi (24)
Politik (22)
Update 100 start up companies (22)
Listrik (11)
Seni (11)
Strategis (10)
Panas Bumi (8)
Tambang (5)
in-memoriam (3)

5 Komentar Terakhir

Hello
Sabtu, 14 Oktober 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli Ginjal atau Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah kamu mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami akan menawarkan jumlah yang baik untuk Ginjal Anda. Nama saya adalah Dokter Daniel adalah seorang Nephrologist di UBTH Medical Center. Kami Klinik spesialis dalam Bedah Ginjal dan kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli ginjal jangan sungkan hubungi kami via email Email: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com Nomor Whatsapp: +2349028230916. Sa lam Hormat. Dr Daniel.

Halo
Jumat, 13 Oktober 17
Posted by:

Dr Daniel
Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal? Atau kamu mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan uang keuangan rusak dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, lalu hubungi kami hari ini dan kami menawarkan jumlah yang baik untuk ginjal Anda. Nama saya adalah Dr. Daniel adalah seorang nephrologist di UBTH Medical Center. Kita Klinik khusus untuk operasi ginjal, dan kami juga melakukan pembelian dan transplantasi ginjal dengan donor hidup yang sesuai. Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika kamu Tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu hubungi kami melalui email E-mail: Doctordaniel95@out look.com atau Doctordanielben@gm ail.com nomor whatsapp: +2349028230916 Sal am pembuka Dr. Daniel

Tanya Perihal CEO Garuda Food Hardianto Atmadja
Rabu, 05 April 17
Posted by:

heri lingga
Bolehkah saya tanya ke Pak Triharyo, apa yang membuat nama CEO Garuda Food Hardianto Atmadja, bisa muncul sebagai CEO yang terbilang sukses karena melakukan beberapa rekomendasi yang disuguhkan rekan Bpk. Yang saya tanya, komentar Bpk. Pada item atua butir mana saja yang dilakukan Garuda Food dibawah Pak Hardianto Atmadja yang terbilang menonjol dan membawa perusahaan bukan hanya bertahan, tapi juga berkembang dan menjadi jagoan di satu produk. Terimakasih. Wass. Heri Lingga ----------- - Journalis Warta Ekonomi

Cari pembeli jarak kepiar
Minggu, 02 April 17
Posted by:

Samsia
salam... saya samsia, di kampung saya mencari siapa saja yang mau bermitra untuk membeli biji jarak kepyar didaerah saya . saya bisa sumplai tiap bulan. ketertarikan dengan jarak tersebut yaitu potensi tumbuhnya sangat baik ditempat saya dan saya semakin yakin setelah melihat pangsa pasarnya. tingkat kemerataan tumbuh jarak kepyar ditempat saya kurang lebih 75 % (yang tumbuh alami di sepanjang tanah tempat tingal kami) bagi kawan-kawan atau pengusaha yang berminat bisa hubungi saya di 085240079984 Daera h Sulawesi tenggara Butuh yang serius

kerenn nihhh... manfaatkan energi lain
Selasa, 10 Januari 17
Posted by:

jakarta
ayo hemat listri untuk kehidupan dimasa depan... jangan boros2.. ya... keren omm http://www.arah.co m

List Lengkap

Web Link

Teguh Santosa
[07-Feb-2010 - 6728 hits]
Mobil Nasional Fin Komodo Offroad
[30-Nov-2009 - 5724 hits]
Pertanian Padi SRI Organik
[31-Mar-2009 - 4691 hits]
Dunia Fisika
[03-Mar-2009 - 4175 hits]
Fabricator & Engineering Services
[27-Jan-2009 - 2114 hits]
Restomesin
[06-Aug-2008 - 1109 hits]
Kesehatan Lingkungan
[28-Jun-2008 - 1348 hits]
GlocalMagz Indonesia
[30-May-2008 - 944 hits]
Batavia Cyclindo Industri
[15-Apr-2008 - 786 hits]
Sahabat Bambu
[14-Apr-2008 - 860 hits]
Tampilkan situs Anda di sini...
» Tambah link baru
» List Lengkap
 

Industri matahari terbenam dan Industri matahari terbit

Kamis, 29 Mei 14 - oleh : Triharyo Soesilo | 0 komentar |   3556 hits

Untitled document

Industri matahari terbenam (Sunset Industry)

Pada bulan Mei 2014 ini saya menerima 2(dua) buah berita terkait dengan sahabat saya, rekan Nanang Untung (Alumni Teknik Kimia ITB angkatan 1977). Berita pertama mengabarkan bahwa Nanang telah menyelesaikan tugasnya sebagai Direktur Utama PT Badak NGL, terhitung mulai 1 Mei 2014. Sedangkan berita susulannya menginformasikan bahwa Nanang ternyata kemudian dipromosikan menjadi Direktur Utama PT Patra Badak Arun Solution (PT PBAS). PT PBAS adalah cucu perusahaan PT Pertamina (persero), yang terus terang belum pernah saya dengar sebelumnya.

Setelah mencari informasi kesana-kemari, barulah saya mengetahui bahwa PT PBAS rupanya adalah sebuah perusahaan baru, hasil konversi dari perusahaan lama yang bernama PT Patra Teknik, yang sebelumnya merupakan anak perusahaan PT Patra Niaga. Tugas utama PT PBAS adalah mengelola dan mengoptimalkan aset kedua kilang LNG milik pemerintah Indonesia, yang berada di Bontang, Kaltim dan di Lhokseumawe, Aceh, khususnya setelah pasokan gas alam di kedua daerah tersebut habis. Sebagai informasi, pada bulan Oktober tahun 2014 ini, Kilang LNG Arun akan mengirimkan produk LNG-nya yang terakhir. Sehingga dengan pengapalan terakhir tersebut, berakhirlah sudah sejarah panjang ekspor LNG dari tanah rencong untuk selama-lamanya.

Secara tidak sengaja, berita promosi rekan Nanang dan keberadaan PT PBAS tersebut, kemudian saya teruskan lewat pesan singkat (SMS) ke Prof Dr Indroyono, Direktur Aqua culture dan Fisheries, Lembaga PBB Food and Agriculture Organization (FAO), di Roma. Ia kemudian langsung dengan cepat membalas SMS tersebut dan menyarankan kepada saya, untuk menyampaikan kepada Nanang, agar mulai mengkaji bagaimana caranya mengkonversi Kilang-kilang LNG di Arun dan Badak, menjadi pabrik-pabrik Industri kimia baru, yang berbasis bahan baku rumput laut.

Rumput laut ?. Industri kimia ?. Maksud loh ?. Demikian pertanyaan-pertanyaan dalam benak saya sewaktu membaca SMS dari Direktur FAO.

Industri mata hari terbit (Sunrise industry)

Setelah mendengarkan paparan dari pak Indroyono, saya baru mengetahui bahwa Indonesia ternyata mulai tahun 2014, akan menjadi produsen rumput laut terbesar di dunia dengan produksi 10 juta ton per tahun. Perkembangan produksi rumput laut Indonesia menyerupai kurva berbentuk eksponensial, karena banyak faktor-faktor yang mendukung pertumbuhannya seperti kondisi laut, cuaca, sinar matahari dll, dan yang lebih penting adalah karena adanya kebutuhan pasar yang semakin meningkat. Bahan mentah Rumput laut Indonesia, saat ini dijual dengan harga US $ 1000 sd $ 1500 per ton. Berarti rumput laut Indonesia, hari ini sudah menjadi sebuah industri dengan pendapatan antara US $ 10 sd $ 15 milyar per tahun, tanpa banyak diantara kita yang menyadarinya dan tanpa gembar-gembor.

Namun sayangnya, saat ini Indonesia hanya mengekspor rumput laut tersebut dalam kondisi bahan mentah. Sedangkan bila rumput laut diolah menjadi produk industri kimia, harganya bisa naik menjadi 20x sd 30x lipat atau sekitar $ 20.000 sd $ 30.000 per ton. Malah ada produk kimia berbasis rumput laut, yang harganya bisa mencapai 800x lipat ($ 800.000 per ton). Produk kimia dari bahan baku rumput laut, ternyata sangat banyak ragamnya.

Nah, di pesisir laut Bontang saja, hari ini produksi rumput laut disitu sudah mencapai 1,2 juta ton per tahun (150 ton produksi dalam 45 hari), oleh perusahaan-perusahaan UKM binaan PT Pupuk Kaltim. Namun manajemen puncak industriawan pupuk dan juga para pimpinan kilang LNG Bontang, belum sempat melirik untuk mengubah bahan mentah rumput laut tersebut, menjadi produk kimia dengan harga yang jauh lebih mahal. Padahal peralatan-peralatan pada kilang yang ada di Bontang, sangat bisa digunakan untuk mewujudkan industri kimia jenis baru, dengan nilai tambah dalam angka puluhan milyar US $ per tahun.

Bungkus Mie Instant

Jumat 24 Mei, 2014 minggu lalu bertemulah puluhan industri kimiawan yang ahli dalam pengolahan proses kimia, dengan puluhan ahli kelautan yang mendalami rumput laut. Kedua belah pihak saling membuka diri dan mencari peluang untuk bersinergi dalam meningkatkan nilai tambah rumput laut Indonesia.

Salah satu praktisi peneliti yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Dr Nory, seorang peneliti muda dan cantik dari Universitas Atmadjaja. Ia menyampaikan hasil penelitiannya yaitu upaya mengkonversi tempat bumbu dan kecap dalam bungkus Mie instant, yang selama ini terbuat dari bungkus aluminium dan plastik, ke bungkus yang lebih murah serta bisa langsung dimakan (edible). Bungkus pengganti yang bisa dimakan ini, dibuat menggunakan bahan baku rumput laut. Sehingga untuk selanjutnya, dengan bungkus tipe “bisa dimakan” ini, para konsumen Mie instant nantinya cukup memasukan bungkus berisi bumbu, langsung kedalam air yang mendidih, tanpa harus merobek bungkus alumunium ataupun bungkus plastik yang selama ini dipakai. Sebuah solusi yang jauh lebih murah, lebih ramah lingkungan serta lebih praktis. 

Dalam pertemuan tersebut, Dr Nory menyampaikan bahwa ia saat ini bingung untuk memenuhi permintaan para produsen mie instant. Karena untuk tahun ini saja, permintaan bungkus bumbu yang terbuat dari rumput laut ini, mencapai 4,3 milyar jumlahnya. Sebuah sisi industri yang tidak pernah terfikir oleh para industriawan Indonesia selama ini. Dari pengamatan saya, ini adalah awal dari jenis industri kimia Indonesia di masa depan. Sebuah jenis industri kimia yang tidak lagi berbasis pada bahan baku minyak bumi dan gas alam, tetapi justru berbasis pada sumber daya alam yang terbarukan.

Demikian sharing kami.

Salam
Hengki

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita Agro & Biofuel Lainnya

Proyek revitalisasi Industri Gula Indonesia - US $ 800 juta
Revolusi Pabrik Gula Merah Putih sudah dimulai
Berita kecil yang menggembirakan dari Sumedang
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942
Bisnis untuk merawat orang yang semakin tua - Sebuah bisnis masa depan
Tidak ada komentar tentang artikel ini
Kirimkan Komentar Anda:
Nama Anda* :
Email Anda* :
Judul Komentar* :
Isi Komentar* :
Security Code : Security Code
Type Code* :


 

Berita Menarik

Senin, 09 Oktober 17
Wawancara radio mengenai buku "Korporasi Tangguh Indonesia"

Sabtu, 09 September 17
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?

Sabtu, 09 September 17
Pertanyaan mantan Dirut BUMN tentang Korporasi Tangguh Indonesia

Kamis, 07 September 17
Peluncuruan Buku Karya ITB – “Korporasi Tangguh Indonesia”

Kamis, 26 Januari 17
Tahukah anda tentang DUC - salah satu parameter harga minyak bumi dunia ?

Rabu, 16 Nopember 16
Mengenang salah satu bapak energi Indonesia, disaat usianya 60 tahun

Rabu, 16 Nopember 16
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?

Senin, 24 Oktober 16
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop

Senin, 11 Juli 16
Perkembangan terakhir kegiatan mulia rekan Andreas Japar

Sabtu, 25 Juni 16
Rupiah untuk pertama kali digunakan untuk perjanjian jual-beli listrik

Selasa, 14 Juni 16
Tahukah anda apa itu NFC - cara agar tidak mengantri panjang di pintu gerbang toll ?

Minggu, 05 Juni 16
Menjadi seorang Insinyur

Minggu, 05 Juni 16
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?

Rabu, 10 Februari 16
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini

Minggu, 24 Januari 16
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda apa karya Agus Rahardjo - Ketua KPK, selama ini ?

Minggu, 24 Januari 16
Tahukah anda bahwa Indonesia mengalami surplus US $ 7,5 milyar di 2015 ?

Sabtu, 09 Januari 16
Tahukah kenapa terjadi kepanikan di dunia, dalam beberapa hari ini ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?

Minggu, 03 Januari 16
Tahukah anda tentang "G-Zero", dunia yang akan kita masuki di tahun 2016 ?

Jumat, 01 Januari 16
Tahukah anda caranya berkeliling dunia dengan menyupir kendaraan sendiri ?

Senin, 30 Nopember 15
Tahukah anda caranya menghemat biaya bensin sampai sepertiganya ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?

Sabtu, 28 Nopember 15
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini

Senin, 27 April 15
Kenapa saya tidak khawatir dengan statement Dirut BCA

Rabu, 22 April 15
Sharing - dioperasi dengan bius total akibat terserang Bursitis

Rabu, 22 April 15
Mungkinkah harga minyak bumi terjun bebas ke US $ 5 per barrel ?

Selasa, 07 April 15
Misteri WhatsApp

Selasa, 07 April 15
Perspektif perseteruan Ahok vs DPRD DKI - setelah mengunjungi Staadhuis

Selasa, 07 April 15
Ketika Presiden RI membatalkan keputusan hukuman mati, karena tekanan pihak asing

Sabtu, 27 Desember 14
Melemahnya Rupiah dan operasi rahasia di tahun 1942

Sabtu, 27 Desember 14
Tahukah anda dengan "Bakken boom" ?

Jumat, 26 September 14
Jawaban Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian terakhir)

Jumat, 26 September 14
Dialog dengan Daniel - pesan untuk Presiden RI yang baru (Bagian kesatu)

Jumat, 26 September 14
Karya-karya 2(dua) Insinyur Indonesia - Ketika lokasi berpacaran menjadi sebuah obsesi

Minggu, 03 Agustus 14
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo

Minggu, 03 Agustus 14
Kenangan memberikan pelatihan bagi para Insinyur Palestina

Rabu, 16 Juli 14
Ganesa Wirya Jasa Utama

Index Berita Lengkap

Kalender

 
triharyo.com © 2007, Allright Reserved - Powered by auraCMS
Artikel adalah properti kontributor, isi dapat disadur dengan menyebutkan sumbernya.

IP Anda : 54.80.236.48 | Hostname: ec2-54-80-236-48.compute-1.amazonaws.com