Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Makro
Pekerjaan Rumah Lebaran dari pak JK - Susun program 10 juta Sambungan Rumah (Proyek Rp 70 Triliun)
Rabu, 08 Oktober 08 - by : Triharyo (Hengki)
Setelah menyadari bahwa masyarakat saat ini membeli air bersih untuk minum dengan biaya yang sangat mahal, maka pak Jusuf Kalla, mengambil inisiatif untuk membuat terobosan “ala” program 10.000 MW, Konversi Mitan ke LPG, Rusunami dll. Pak Jusuf Kalla akhir September yang lalu, menugaskan Menteri PU untuk menyusun program pembangunan saluran air bersih ke 10 juta rumah.

Program ini akan lebih dikenal dengan nama “Program 10 Juta SR”. SR adalah singkatan dari Sambungan Rumah. Padahal sepanjang 63 tahun Indonesia merdeka, jumlah saluran sambungan air bersih yang dibangun hanya 7,1 juta sambungan. Artinya hanya dalam beberapa tahun mendatang, akan dibangun 1,5x jumlah sambungan air bersih dari jumlah yang ada selama 63 tahun Indonesia merdeka. Menurut perkiraan Ketua Persatuan Pengusaha Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Achmad Marju Kodri, proyek ini akan memerlukan biaya sekitar Rp 70 Triliun.

Ini adalah sebuah tantangan yang luar biasa, dan juga kesempatan serta peluang raksasa kepada seluruh insinyur Indonesia yang bergerak di bidang perpipaan, pengendalian, pemasangan dan pengolahan air bersih. Mari kita gunakan produksi Indonesia semaksimal mungkin.

Salam

Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=128