Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Update 100 start up companies
Successfull start-up company - Perusahaan yang dimiliki & dipimpin putra-putri Indonesia bangun tanki raksasa di Brunei
Minggu, 21 Juni 09 - by : Triharyo Soesilo

Saya sempat mengikuti (juga menemani) dari dekat perkembangan sebuah perusahaan ber-teknologi tinggi yang bernama PT Bangun Bejana Baja. Perusahaan ini dimiliki dan dipimpin oleh para alumni ITB antara lain Ir. Irwan H. Marbun (SI-80) selaku Direktur Utama, dan Ir. M. Fauzan (SI-85) selaku Direktur Operasi. Bravo alumni Sipil !!!.

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1998 dengan sebuah kiat yang sederhana, yaitu memfokuskan diri untuk menjadi perusahaan nasional yang mampu membangun tangki-tangki penyimpan dengan skala raksasa. Untuk memperoleh keunggulan teknologi, mereka membeli beberapa peralatan yang dimiliki oleh perusahaan Chicago Bridge & Iron Company (CBI), yang waktu itu meninggalkan Indonesia karena Krisis moneter. Team ini juga merekrut beberapa ahli dari perusahaan CBI tersebut.

Dengan peralatan awal ex-CBI, dan juga investasi peralatan tambahan serta tenaga kerja ex-CBI, management PT BBB memberanikan diri untuk membangun tanki penyimpan minyak bumi di kilang Balikpapan bersama-sama rekan-rekan dari perusahaan kami. Di proyek ini, kedua perusahaan kami mengalami kerugian, tetapi mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa. Berkat kerja keras tersebut, pengalaman yang diperoleh dan fokus yang terus menerus, PT BBB akhirnya bisa menyelesaikan tangki-tangki penyimpan dalam jumlah yang sangat banyak dan juga dalam ukuran-ukuran yang sangat besar di proyek Langit Biru Balongan, proyek kilang TPPI di Tuban dan banyak lagi di Indonesia.

Akhir-akhir ini, PT BBB mampu menyelesaikan beberapa tanki raksasa di negara Brunei (perhatikan foto-foto terlampir dan lihat ukuran manusia dibandingkan ukuran tangkinya). Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa bagi putra-putri Indonesia. Salah satu keunggulan PT BBB adalah kemampuannya untuk memasang atap (roof) tanpa menggunakan crane, tetapi cukup "ditiup" dengan udara. Artinya atap tangki dirakit dilantai dasar, dan didorong ke bagian dinding atas dengan menggunakan udara bertekanan. Sebuah teknologi yang dulunya hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan kelas dunia seperti CBI dan Toyo Kanetsu.

Bravo putra-putri Indonesia yang tergabung di PT BBB dan Bravo para insinyur Indonesia. Kami mohon doa semoga tangki-tangki tersebut, dapat beroperasi dengan baik saat beroperasi di sebuah pabrik Methanol yang pertama kali dibangun oleh putra-putri Indonesia di Brunei. Amien

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=183