Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Seni
Karya ibu Ace dan 10 alasan kenapa Lombok akan jadi daerah tujuan wisata alam dunia
Senin, 20 September 10 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Setiap kali ada kemungkinan berlibur, keluarga kami hampir pasti secara aklamasi, memilih Pulau Lombok sebagai lokasi tujuan wisata kami. Inilah 10 (sepuluh) alasan kenapa saya menganggap Lombok akan menjadi daerah tujuan wisata baru, yang mungkin akan mengalahkan Bali di masa mendatang :

  1. Harga tiket pesawat jauh lebih murah dari ke Bali. Tiket pesawat dari Jakarta ke Mataram (direct flight 1 Jam 45 menit) memakai Lion Air untuk December 2010, harganya Rp 729.000. Sedangkan tiket pesawat dari Jakarta ke Denpasar harganya hampir 2 (dua) kali lipat, yaitu Rp 1.386.600. Jadi kira-kira untuk ke Lombok pulang-pergi, bisa sama dengan ke Bali sekali jalan.
  2. Harga Hotel dipinggir pantai juga relatif lebih murah dari harga Hotel-hotel bagus serupa di Bali. Banyak hotel-hotel di pinggir pantai Pulau Lombok, yang memasang harga di kisaran Rp 500.000 sampai Rp 800.000. Sedangkan di Bali, untuk hotel serupa yang lokasinya dipinggir pantai, biasanya sudah mencapai harga Rp 600.000 s/d Rp 1.000.000 (walaupun tentunya banyak juga Hotel murah-meriah di Bali).
  3. Biaya untuk makan di Lombok juga relatif murah. Bagi yang berminat dengan wisata kuliner, dipersilahkan untuk mencoba Ayam Taliwang, Sate Ikan Tanjung dan Pelecing Kangkung dengan biaya paling mahal sekitar Rp 40.000 per orang di jalan utama Senggigi beach. Tetapi juga tersedia makanan internasional seperti Pizza dan makanan Korea ataupun Jepang. Pizza ukuran sedang, hanya sekitar Rp 65.000. Kami sekeluarga mencoba makan di restoran Korea untuk 4 (empat) orang, cukup membayar sekitar Rp 300.000.
  4. Keindahan laut Lombok dan kesiapan infrastrukturnya sulit ditandingi. Selain pesawat terbang, ada kapal Ferry, ada Fast boat, ada kapal biasa untuk mencapai Pulau Lombok. Bentangan pantai pasirnya terasa sangat panjang disekeliling Pulau. Hampir di semua pantai-pantainya, kita cukup masuk ke laut 15 s/d 20 meter, untuk bisa berenang dengan ikan warna-warni dan melihat tanaman karang laut yang sangat indah. Tidak perlu peralatan scuba yang sulit dan mahal. Cukup memakai peralatan snorkeling yang murah meriah.
  5. Apalagi kalau sedikit menyeberang (sekitar 30 s/d 40 menit) ke pulau-pulau diseberang Lombok (kata Pulau dalam bahasa Sasak adalah Gili), keindahan menyelam yang sulit disaingi. Kelompok 3(tiga) pulau, Pulau Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan dan kelompok 3(tiga) pulau yang sentralnya adalah Gili Nanggu, menurut saya tidak ada tandingannya di dunia. Di Gili Nanggu misalnya, saya belum pernah menemukan pasir pantai di seantero jagat, yang seperti susu bubuk putih-bersihnya dan juga halusnya. Pada pantai-pantai di sekitar Gili Nanggu, kami biasanya berenang hanya ditemani sekitar 10 s/d 15 orang turis. Sepi dan indah luar biasa. Saya sampai sempar berfikir, mungkin sorga seperti inilah indahnya. Selain itu masih ada Gili Gede, Gili Sulat dan banyak lagi. Paling-paling anda hanya bisa menikmati secara penuh, 1 (satu) Gili dalam sekali kunjungan ke Pulau Lombok. Untuk menginap di pulau-pulau inipun relatif murah, satu keluarga cukup membayar Rp 250.000 – Rp 300..000 untuk menyewa Cottage ataupun Bungalow per malam.
  6. Bagi yang hobby (trekking) untuk mendaki gunung dan berenang di air terjun alam, di Lombok ada Gunung Rinjani, dengan ketinggian 3.726 meter (Gunung tertinggi ketiga di Indonesia). Gunung yang indah ini bisa didaki melalui Senaru (tinggi 1200 meter dan bisa dicapai mobil), atau lewat Sembalun atau via Timbanuh. Juga ada wisata air terjun yang seperti di film Jurassic Park, yaitu wisata air terjun Aik Berik, Benang Stokel, Sendang Gile dan Tiu Kelep. Cobalah berenang dengan dalam deburan air terjun, dijamin semua stress akan hilang. Pemandangan perjalanan di tepi pantai mengelilingi Pulau Lombok, menurut saya adalah yang terindah di dunia.
  7. Di Pulau Lombok ada 2(dua) lapangan Golf. Ada Rinjani Golf & country club di desa Golong dekat kota Mataram yang dirancang oleh Jack Nicklaus dengan green fee Rp 550.000. Tapi yang lebih spektakuler adalah Kosaido Golf & country club dengan green fee sekitar Rp 700.000 yang dirancang oleh Peter Thomson.  Kosaido Golf club terletak di pantai Sira dan mirip dengan Pebble beach ataupun Nirwana Golf club di Bali, karena sebagian besar holes terletak di pinggir pantai. Deburan ombak selalul menemani para golfer di hampir setiap hole.
  8. Bagi yang gemar berbelanja Mutiara, Lombok adalah tempatnya. Namun dengan ditemukannya emas di berbagai lokasi di Lombok, saat ini juga sedang mulai tumbuh industri kerajinan emas. Selain perhiasan Mutiara dan Emas, ada juga kerajinan Tenunan, Anyaman, dan Gerabah Lombok.
  9. Akhir tahun 2010 atau awal 2011, diperkirakan Lapangan terbang internasional di Tanak Awu, Lombok Tengah akan selesai dan dibuka (walaupun sudah terlambat beberapa tahun). Setelah melihat kemudahan akses dan keindahan alam, hampir dapat dipastikan, bahwa akan semakin banyak turis domestik dan internasional yang akan mengunjungi Pulau Lombok.
  10. Tapi yang paling menyenangkan bagi kami sekeluarga dan juga banyak turis Domestik maupun turis Mancanegara, adalah kegiatan-kegiatan pelestarian alam di Lombok. Ada ibu Ace, pemilik dan pengembang Medana Bay Marina, yang melakukan kiat unik untuk melestarikan tanaman karang laut. Kami secara sukarela menyumbang Rp 80.000 untuk membeli tempat karang laut tumbuh. Para penyumbang diberikan taman karang laut pribadi, yang akan dirawat oleh para penyelam di Medana Bay. Setiap penyumbang dipersilahkan melihat pertumbuhan karang laut yang terus dirawat, bila mengunjungi Medana Bay.

Kegiatan pelestarian Karang laut yang dilakukan di Medana Bay ini cukup populer di kalangan turis Mancanegara. Mereka banyak sekali membeli dudukan untuk tempat Karang laut tumbuh, dan bahkan ikut menyelam sendiri untuk memasangnya di dasar laut.

Kegiatan pelestarian Kura-kura-pun cukup banyak ditemukan di berbagai pulau (Gili) di Lombok, seperti di Gili Nanggu. Itulah sebabnya kita dengan mudah bisa berenang bersama kura-kura bila snorkeling di Gili Nanggu.

Itulah 10 (sepuluh) daya tarik Pulau Lombok yang saya ketahui.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=267