Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Migas
Indonesia perlu belajar tentang pengembangan industri energi ke Amerika Tengah dan Selatan
Senin, 25 Juli 11 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Setiap tahun perusahaan minyak BP selalu membuat sebuah laporan yang sangat baik dengan judul “Statistical Review of World Energy”. Karena rincinya laporan ini dan juga sangat terbuka bagi siapa saja, dan gratis, maka laporan BP ini sangat disukai oleh banyak kalangan Industriawan energi. Silahkan download presentasi dan data-datanya pada link berikut.  Seluruh trend berbagai jenis energi dibahas secara rinci seperti Minyak, Gas, Batu bara, Nuklir, Hidro, Terbarukan dan Energi primer lainnya pada laporan ini, lengkap dengan data-data dalam Excel sheet.

Tahun ini saya mencatat beberapa data-data yang menarik. Cadangan minyak di negara-negara Amerika Tengah dan Selatan melejit sangat luar biasa selama 10 tahun terakhir ini. Cadangan minyak mereka meningkat dari 98 milyar barrel ke 239 milyar barrel (lihat chart). Sehingga angka Reserve to Production (R/P), yaitu angka jumlah tahun habisnya cadangan bila diproduksi terus menerus, meningkat dari 40 tahun ke sekitar hampir 100 tahun. Bandingkan dengan angka R/P untuk Asia Pasific yang hanya belasan tahun.

Data lain yang menarik adalah bahwa utilisasi kilang-kilang pengolahan minyak bumi menjadi produk Bahan Bakar Minyak di negara-negara Amerika Tengah dan Selatan turun dengan drastis. Utilisasi kilang di negara-negara tersebut hanya sekitar 70% dari kapasitas, turun dari sekitar 85% beberapa tahun yang lalu (lihat chart dikanan), artinya perusahaan minyak di negara-negara tersebut mengurangi produksi bensin, solar, avtur dan lainnya.

Salah satu penyebab menurunnya produksi bahan bakar dari minyak bumi, ternyata karena meningkatnya produksi industri energi terbarukan, khususnya produksi Ethanol di negara-negara Amerika Selatan, khususnya Brazil. Ethanol pada negara-negara Amerika Selatan meningkat dari 15 juta ton oil equivalent pada tahun 2000, menjadi sekitar 30 juta ton dalam 10 tahun terakhir ini.  Produksi Biodiesel-pun juga meningkat sangat pesat.

Demikian sharing data-data yang menarik. Jadi negara-negara Amerika Tengah dan Selatan, ternyata jauh lebih cepat menemukan cadangan minyak bumi, namun jauh lebih hemat dalam penggunaannya karena sudah mulai mengandalkan energi terbarukan.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=317