Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Iptek & Kesehatan
Herry Saptanto ingatkan Jokowi akan operasi hujan buatan
Sabtu, 02 Maret 13 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Pagi ini Minggu 27 Januari 2013, saya membaca berita gembira di halaman depan semua surat kabar bahwa Gubernur Jokowi bersama BNPB dan BPPT, sedang melakukan operasi hujan buatan di Selat Sunda dan Laut Jawa. Insya Allah kelihatannya operasi ini berhasil. Hari Minggu 27 Januari 2013, Jakarta diramal akan hujan lebat. Namun setelah sebagian besar awan dipecah di laut Jawa dan juga di bagian Selatan Jawa Barat, sampai jam 09:30 cuaca Jakarta masih terlihat cerah. Mudah-mudahan terus sampai hari-hari berikutnya. Amien.

Dari catatan saya membaca berbagai berita, orang pertama yang mengusulkan penggunaan teknologi ini adalah Herry Saptanto (TI-77) pada tanggal 21 Januari 2013 kepada Kompas. Inilah link artikel tersebut. Herry juga sempat menuliskan di milis ini pada 18 January 2013 tentang usulan penggunaan teknologi hujan buatan kepada teman-teman ITB77. Dari tulisannya, Herry kelihatan “geregetan” dan menghimbau informasi ini disampaikan kepada para pengambil keputusan di negeri ini.

Karena nampaknya idea dan pemikirannya tidak sampai juga di telinga para pimpinan pemerintahan. Herry kemudian menggunakan platform jabatan barunya sebagai VP Corporate Secretary and Legal PT Merpati Nusantara Airline, dan juga kedekatannya dengan media, untuk menyampaikan pesan tersebut.

Syukur alhamdulilah nampaknya Jokowi membaca berita di Kompas dan langsung memutuskan untuk mencoba teknologi ini pada Jumat 25 January 25, 2013. Sehingga terciptalah komunikasi dan koordinasi antara teknolog dan pimpinan pemerintahan.

Saya hari ini rasanya sangat bahagia dengan koordinasi yang tercipta antara pimpinan pemerintahan dan para teknolog atas prakarsa paman Herry. Sehingga tercipta solusi bangsa dengan penerapan teknologi. Bravo Paman Herry. Masih banyak solusi bangsa yang bisa dilaksanakan bila para pimpinan pemerintahan bekerja sama dengan para teknolog.

Salam
Hengki

-----Original Message-----

From: Paman Herry
Sent: 18 Januari 2013 13:14
To: Milis Alumni ITB Angkatan 1977

Mengingat curah hujan dan ancaman Banjir masih cukup panjang (s/d akhir Feb 13). Bila ada rekan-rekan yg bisa menyampaikan informasi ini, perkiraan saya untuk persiapan butuh waktu 1-2 minggu dapat direalisasikan. Agar info ini disampaikan kepada yang berkompeten untuk mengkoordinasikan (minimal BPPT, PT Dirgantara IndonesiaI,perusahaan yg memiliki pesawat sejenis Casa NC 212, BMKG dsb). Semakin cepat semakin baik, mengingat kerugian & dampak banjir sangat besar, sehingga penanganan yg paling mudah dan cepat harus dipilih. Demikian usulan saya, semoga dampak banjir dapat ditanggulangi dengan Best Effort.

Salam
Paman Herry

-----Original Message-----

From: Paman Herry
Sent: 18 Januari 2013 10:13
Subject: [Itb77] Usulan Pencegahan Banjir 

Rekan-rekan itb 77

Melalui milis ini saya mencoba mengusulkan pemikiran,(dari pengalaman yang pernah saya ikuti), bagaimana mengurangi/ mencegah bajir akibat curah hujan yg berlebihan. Pada tahun 80-an gencar-gencarnya pembuatan progran Hujan Buatan yang dilakukan antara BPPT dg PT IPTN. Pada prinsipnya hujan buatan bisa digunakan untuk mempercepat terjadinya hujan atau mengalihkan (memenage hujan). Usulan saya adalah memenage curah hujan yang berlebihan yg akan tiba didaerah Bogor dan sekitarnya,(yang dampaknya akan mengalir ke Jakarta, dan menjadi Banjir). Dengan mencegat awan dan memenage agar awan yg tiba di Bogor terkendali jumlahnya. Yaitu dengan Program Hujan Buatan. Dengan mencegat awan diatas Laut Jawa dan dijatuhkan di laut. Sehingga curah hujan yg sampai ke daratan dapat dikendalikan, sehingga hujan yg turun didaratan dapat diatur.

Semoga dengan usulan ini mudah-mudahan BPPT dan PT Dirgantara Indonesia dapat membuka kembali  Progran Hujan Buatan tersebut. Sebagai gambaran, pada waktu itu pesawat yg digunakan adalah Casa NC 212 yang sdh dimodifikasi. Semoga dengan  usulan Pemikiran ini dapat membantu memberika Solusi terhadap dampak Banjir yg tdk kita harapkan.

Salam
Paman Herry

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=370