Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Seni
Alternatif murah untuk melihat UNESCO's World Heritage - Komodo Dragon di Pulau Komodo
Minggu, 03 Agustus 14 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Dengan dibukanya bandara baru di kota Labuan Bajo, Flores, NTT dan juga masuknya maskapai-maskapai penerbangan ke kota tersebut, maka kota teluk, di ujung barat Pulau Flores ini, menjadi sangat penuh dengan kunjungan wisatawan (umumnya dari Mancanegara). Minggu lalu dalam liburan Lebaran 1435H, saya dan keluarga menyempatkan untuk berpetualang ke Pulau Flores, khususnya untuk melihat Kadal raksasa Komodo dan sekaligus menikmati keindahan laut serta pegunungan di pulau Flores. Berbeda dengan turis Mancanegara, yang membayar hampir Rp 150 juta untuk tour 4(empat) hari, kami mencoba berpetualang dengan melakukan riset sebelumnya melalui internet. Berikut ini sharing kami bagi yang ingin melihat daerah wisata ini, secara relatif murah :

1.  Tiket pesawat murah

Mencapai Labuan Bajo hanya bisa dilakukan melalui penerbangan, dengan transit lewat Denpasar. Lama penerbangan kira-kira total 3(tiga) jam. Penerbangan dari Jakarta ke Denpasar sekitar 1,5 jam, dan dari Denpasar ke Labuhan Bajo juga sekitar 1,5 jam. Untuk mencari tiket pesawat murah dan membandingkan harga berbagai jenis penerbangan, silahkan gunakan website www.nusatrip.com atau www.traveloka.com . Untuk mencari tiket yang termurah pada tanggal keberangkatan, silahkan mengisi 2(dua) pembelian tiket terpisah, yaitu dari Jakarta – Denpasar pp dan Denpasar – Labuhan Bajo pp. Kalau membeli tiketnya terpisah, bisa memperoleh harga sekitar Rp 3,3 juta total untuk Jakarta ke Labuhan Bajo dengan pp, misal memakai Sriwijaya air atau Lion untuk Jakarta – Denpasar pp (Rp 1,2 juta). Lalu dengan Transnusa dari Denpasar – Labuah Bajo (Rp 2,1 juta). Kalau tidak melakukan cara booking seperti ini, maka total tiket dari Jakarta ke Labuhan Bajo pp bisa mencapai Rp 6 juta untuk pp.

2.  Hotel atau penginapan murah

Penginapan di kota Labuan Bajo semakin hari semakin mahal. Banyak website yang bisa digunakan untuk mencari penginapan hotel murah di Labuan bajo, seperti www.agoda.com  dan www.airbnb.com . Saran saya, pilih hotel yang dekat ke Jalan Sukarno-Hatta. Ini adalah jalan utama di Labuan Bajo dimana tempat makan banyak tersedia dan juga lokasi pelabuhan Pelni untuk ke pulau-pulau lain. Jalan Sukarno-Hatta ini melingkari secara 1(satu) arah kota Labuan Bajo. Hotel-hotel yang berada di sisi timur akan terletak di atas bukit dan bisa melihat teluk Labuan Bajo dari atas ketinggian. Hotel yang dibawah akan lebih dekat ke banyak restoran dan pelabuhan. Tapi banyak jalan tembus dari Jalan Sukarno-Hatta yang diatas bukit (sisi timur) ke sisi barat (pantai) yang bisa ditempuh dengan jalan kaki. Harga hotel bervariasi dari Rp 300.000 sampai Rp 1.000.000 per malam.

3.  Transportasi murah

Obyek wisata “darat” di sekitar kota Labuan Bajo relatif tidak banyak. Setahu saya hanya ada 2(dua) yaitu pantai Batu cermin (15 menit dari Labuan Bajo) dan Air terjun Cunca Rami (1,5 jam dari Labuan bajo). Jadi transportasi mobil hanya digunakan untuk membawa wisatawan dari airport ke hotel dan sebaliknya. Di airport disediakan jasa taxi dengan biaya Rp 60.000 setiap drop. Penyedia jasa taxi juga menyewakan mobil jam-jaman dengan sekitar Rp 100.000 per jam. Bila ingin mengunjungi air terjun Cunca rami disarankan menyewa mobil sehari penuh sekitar Rp 700.000. Bagi yang menginginkan untuk ke Ruteng dan ke Wae rabo (seperti peradaban Inca di pegunungan Andes) perlu beberapa hari perjalanan.

4.  Makan murah

Di Jalan Sukarno-Hatta (barat) yang disisi pantai, banyak sekali restoran dengan biaya yang sangat ber-variasi dari kedai ikan bakar di pinggir pantai, restauran dengan menu masakan laut, sampai restoran eropa yang relatif mahal. Favorit kami adalah makan ikan bakar dan hidangan laut di restoran Matahari. Bila bosan bisa pindah ke restoran Eropa Blue Marlin, Cit Ma Bon dan Made in Italy. Perlu diingatkan bahwa makanan di Labuan Bajo relatif mahal, karena daerah ini relatif kering dan tidak ada sayur-sayuran, daging ayam dan daging sapi relatif langka (mahal). Sedangkan makanan laut, tentu relatif lebih murah.

5. Menyewa kapal murah

Nah, masalah kapal ini yang banyak tidak disangka oleh para wisatawan ke Labuan Bajo, yang ingin mengunjugi Pulau Komodo atau Pulau Rinca untuk melihat Kadal Komodo. Untuk melihat Kadal Komodo, hanya bisa dikunjungi dengan kapal dari Labuan bajo. Jenis kapal sangat bervariasi dari kapal jenis Phinisi, sampai kapal speed boat Yacht yang sangat mahal. Namun kapal-kapal ini biasanya sudah dipesan jauh-jauh hari oleh para wisatawan domestik dan mancanegara. Jadi kalau mendadak ingin pergi, mungkin pilihannya sangat terbatas atau bahkan bisa-bisa tidak memperoleh kapal. Berikut ini beberapa kontak jika ingin memesan kapal jauh-jauh hari dengan perkiraan biaya untuk 4(empat) orang.

Route yang terbaik bagi para adventurers (hikers dan divers) adalah hari pertama ke Pulau Rinca (2 jam dari Labuan Bajo) dan kemudian menginap diatas kapal dekat Pulau Rinca. Lalu pada hari kedua, berangkat ke Pulau Komodo. Jika akan mencoba petualangan ini, maka pilihan kamar tidur dan toilet di dalam kapal, harus yang relatif cukup lumayan bagus. Alternatif lain adalah melakukan kunjungan dalam 2(dua) hari perjalanan. Hari pertama ke Pulau Rinca dan kemudian kembali ke Labuan Bajo. Lalu hari kedua baru ke Pulau Komodo. Jika memilih alternatif ini, maka disarankan menyewa speed boat (hanya 1 jam ke Pulau Rinca dan 2 jam ke Pulau Komodo).

Semua life vest, makanan dan minuman selama perjalanan sudah menjadi tanggungan pemilik kapal. Namun sewa alat snorkeling dan biaya masuk ke Taman Wisata di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, bisa termasuk dalam biaya sewa kapal atau juga bisa diluar biaya sewa kapal. Silahkan negosiasi untuk ini. Alat snorkeling sekitar Rp 50.000 per orang. Masuk ke taman wisata lumayan mahal karena harus bayar guide, izin kamera dll. Untuk 4 (empat) orang sekitar Rp 200.000. Berikut ini kontak dan perkiraan biaya kapal pada Juli 2014 :

  1. Pak Daeng Nuardi - pin 7968F194 dan no hp 0813 39515277 . Harga kapal Rp 1.600.000 per hari. Kamar dan toiletnya lumayan bagus & makanan lumayan. Saya memakai dan recommend kapal ini.
  2. Pak Mat – 082145704054. Harga Rp 2.000.000 juta per hari. Kalau ber-malam di kapal utk 4 (empat) orang 1 (satu) malam 2 (dua) hari Rp 5 juta termasuk makan minum selama perjalanan.
  3. Pak Heri – 081236826044.  Harga Rp 2.500.000 per hari. Kalau untuk 4(empat) orang dan menginap untuk ke Pulau Komodo, harganya Rp 4.2 juta
  4. Pak Dahri – 081237974000. Harga untuk 4 orang Rp 1.500.000. Tarif ke Pulau Komodo utk 4 (empat) orangg Rp 2.000.000. Tapi kapal ini setelah saya check agak kurang bagus.
  5. Bu Kadek – 081338256652. Harga Rp 1.600.000 per hari. Kalau menginap untuk ke Pulau Komodo Rp 2.500.000 untuk 4(empat) orang.

Demikian sharing saya dan sangat disarankan kepada rekan-rekan untuk menyempatkan berkunjung dan menikmati keindahan Pulau Flores serta mengunjungi salah satu UNESCO World Heritage yaitu Komodo dragon di Pulau Komodo, yang berkeliaran secara bebas diantara para wisatawan. Pemandangan perjalanan laut dari Labuan Bajo ke Pulau Rinca dan ke Pulau Komodo, juga sangat sulit dilupakan dan tidak bisa ditemukan dimanapun di Indonesia (mungkin dunia).

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=384