Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Iptek & Kesehatan
Bila anda terjebak dalam situasi pembantaian seperti di Paris - lihatlah training video penting ini
Sabtu, 28 Nopember 15 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Sebagian besar penembak yang menyerang kota Paris adalah tipe “penembak maut” atau di dunia kepolisian, lebih dikenal dengan nama “active shooter”. Tipe penembak seperti ini, "targetnya adalah meningkatkan jumlah korban”.

Sejak penembakan para siswa di Columbine di tahun 1999, dan diperkuat dengan terjadinya tragedi pembantanian di Mumbai pada tahun 2008, para polisi di Amerika Serikat sudah merubah taktik mereka, dalam menghadapi para “active shooter”. Cara yang diajarkan di Amerika, adalah TIDAK menunggu satuan lain, ataupun adanya bala bantuan apapun. Siapapun polisi yang ada di lokasi terdekat tempat pembantaian, diharuskan untuk segera menyerbu masuk, tanpa menunggu datangnya bala bantuan.

Lalu bagaimana bila kita terjebak dalam kondisi seperti di Paris (lihat foto di dalam ruang concert Bataclan). Walaupun probabilitasnya jauh lebih kecil dari terkena sambaran petir, tetapi bila anda bernasib sial dan benar-benar terjebak, inilah tiga langkah yang harus dilakukan yaitu Run, Hide and Fight. Silahkan lihat training videonya pada link ini :

  • Langkah – 1 : Lari atau kabur dari lokasi bila memungkinkan (RUN)
  • Langkah – 2 : Bersembunyi bila tidak bisa kabur (HIDE)
  • Langkah – 3 : Lawan penembak bila tidak ada pilihan lain (FIGHT)

Bila anda berada di tempat publik, seperti airport, mall, stadion dll, harap insting pertama adalah melihat dimana lokasi pintu exit dan bagaimana cara tercepat untuk mencapainya. Melawan adalah pilihan terakhir, tapi kadang-kadang, itulah satu-satunya pilihan yang tersisa. Karena dari data selama belasan tahun, korban terbesar terjadi pada 6(enam) menit pertama. Tidak ada satupun polisi di dunia yang bisa mencapai lokasi lebih cepat dari 6(enam) menit. Jadi peran dan tindakan para “calon korban” sangat menentukan.

Demikian sharing kami dan mudah-mudahan bermanfaat.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=396