Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Iptek & Kesehatan
Tahukah anda caranya mencari tiket pesawat promo, misalnya dari Air Asia ?
Sabtu, 28 Nopember 15 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Hampir sebagian besar aplikasi pencari harga tiket pesawat murah di internet (seperti traveloka.com, tiket.com, nusatrip.com dll), adalah dengan memasukan tanggal keberangkatan dan tanggal kembali, lalu sang aplikasi mencarikan harga tiket pesawat termurah, pada tanggal tersebut. Nah, bagi para pensiunan, sebenarnya tanggal tidak terlalu penting, karena ketersediaan waktu untuk bepergian, sebenarnya sangat longgar. Namun justru biaya murah, yang mungkin menjadi cukup penting.

Lalu bagaimana caranya mencari tiket pesawat yang termurah, bila tanggal tidak terlalu menjadi kendala ?. Berikut ini kiat (trick) saya, untuk mencari tiket pesawat murah dengan Airline Air Asia. Saya akan tulis untuk airline lainnya pada kesempatan berikutnya.

 1.      Kunjungi link promotion mereka.

Kalau untuk Air Asia ini link-nya http://www.airasia.com/id/en/promotion.page  Lalu isi lokasi keberangkatan (origin) airport anda, misal Jakarta (CGK) dan juga masukkan batasan uang yang anda inginkan, misal Rp 992.000 dengan menggeser slider. Pilihan untuk Tujuan (Destination) dan tanggal, biarkan terbuka (bebas). Lihat contoh tanda panah kuning pada ilustrasi dibawah:

 

2.      Pilih kota tujuan dan harga tiket yang termurah

Setelah dilihat pilihan yang menarik, misalnya ke Yogjakarta hanya Rp 373.466, silahkan klik “Book Now”, maka anda akan diarahkan ke halaman booking. Namun halaman booking yang dituju, tidak langsung menunjukan tanggal dengan tiket ke Yogjakarta, yang harganya Rp 373.466 tersebut. Karena anda hanya diberikan informasi bahwa tiket termurah, akan terjadi pada periode tanggal-tanggal tertentu, yaitu untuk tawaran ini adalah pada periode 1 May 2016 – 5 February 2017. Sehingga anda akan memasuki halaman booking pada tanggal 1 May 2016. Jadi perlu sedikit kerja manual untuk mencari tiket promo, kapan harga ke Yogyakarta sebesar Rp 373.466, akan diberikan oleh Air Asia. Caranya adalah dengan meng-klik kekanan, pilihan untuk tanggal-tanggal berikutnya. Silahkan klik tanda panah ke-kanan seperti contoh dibawah ini :

 

3.      Pilih tiket Promo setelah ditemukan tanggalnya

Setelah anda klik ke-kanan beberapa kali, maka akan ditemukan bahwa pada tanggal 17 May, 2016, Air Asia menjual tiket promo dengan harga Rp 373,466. Jika cocok, silahkan klik dan bayar tiketnya.

Mohon jangan lupa mencheck apa yang diberikan untuk sebuah tiket promo atau low-fare tersebut. Sebagai contoh untuk Air Asia bisa dilihat pada link berikut http://www.airasia.com/id/en/our-fares/fare-types.page . Untuk low-fare, koper hanya yang ditenteng kedalam cabin, kalau ingin dimasukkan ke bagasi, harus tambah biaya. Juga kalau ingin merubah tanggal harus membayar tambahan dll.

Demikian sharing kami dan mudah-mudahan bermanfaat. Bila rekan-rekan mempunyai cara yang lebih jitu, mohon untuk di-share. Terima kasih sebelumnya.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=397