Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Agro & Biofuel
Tahukah anda 2(dua) sendok garam bisa memberikan penerangan ruangan selama 6(enam) bulan ?
Minggu, 03 Januari 16 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Pada Asia-Pacific leader Summit di bulan November 2015 lalu, Presiden Obama memilih untuk berbicara dan menjadi moderator panel dengan seorang wanita muda Philipina bernama Aisa Mijeno. Obama tidak merasa perlu untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, atau Presiden China Xi Jinping di Summit tersebut, tetapi justru meluangkan waktunya secara khusus, untuk hadir dalam pembicaraan dengan si wanita Philipina tersebut.

Lalu siapakah Aisa Mijeno dan kenapa sampai Presiden Obama memberikan perhatian khusus, bahkan menyebut Aisa Mijeno, sebagai seorang enterpreneur yang menemukan “leapfrog technology”.

Rupanya Aisa telah menemukan dan memasarkan sebuah teknologi sederhana, dimana dengan mencampurkan 2(dua) sendok garam kedalam air, maka hasil reaksinya dapat memberikan energi untuk menerangi sebuah ruangan selama 6(enam) bulan. Teknologi ini juga untuk memberikan aliran listrik bagi kebutuhan lain, seperti untuk mengisi baterai telpon genggam. Sehingga bisa memberikan akses internet bagi semakin banyak masyarakat di dunia. Aisa telah mengembangkannya untuk menerangi desa-desa di negeri Philipina, khususnya yang ditepi laut, yang jauh dari akses listrik atau pasokan bahan bakar seperti solar, dan minyak tanah. Bagi yang berminat, silahkan kunjungi websitenya http://www.salt.ph.

Dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Presiden Obama (silahkan lihat di link ini), juga hadir Jack Ma, CEO Alibaba.com, yang merupakan pemilik dan pemimpin business daring (online), yang terbesar di dunia. Jack ditanya tentang bagaimana mengembangkan bisnis Alibaba.com, juga bagaimana caranya untuk membantu seorang “start-up enterpreneur” seperti Aisa Mijeno. Penjelasan Jack sangat baik dan perlu disimak oleh kita atau generasi di masa mendatang. Menurut Jack, bisnis dimasa mendatang harus berbasis “menyediakan sarana atau platform” bagi para pengusaha lainnya menjadi semakin sukses. Itulah model bisnis yang akan sukses, dimasa mendatang. Demikian sharing kami.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=401