Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Migas
Perpanjang nafas tabungan anda, bila terkena PHK
Minggu, 24 Januari 16 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Memang terkadang sangat berat bila terjadi pengurangan karyawan pada sebuah perusahaan. Dalam terminologi lazim, sering disebut Pemutusan Hubungan Kerja atau disingkat PHK. Namun berita Chevron akan mengurangi karyawan dan juga PT Pertamina (persero) akan mengurangi biaya pegawai, mulai menyebar di banyak media online.

Tentunya ini semua karena dampak dari turunnya harga minyak bumi, yang saat ini sudah dibawah US $ 30 per barrel. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh seorang karyawan, bila terjadi kondisi terburuk tersebut, yaitu terkena PHK. Berikut ini beberapa “do’s and don’ts” untuk memperpanjang nafas tabungan anda, dari yang saya ketahui (mungkin masih banyak lagi) :

  • Gunakan aplikasi (apps) untuk mengetahui kondisi kas.

Banyak aplikasi yang bisa diunduh untuk memonitor pemasukan dan pengeluaran anda. Untuk iOS ada Pocket Expense. Dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, akan semakin jelas kecenderungan (trend) gaya kehidupan anda. Bila selama ini pengeluaran bulanan anda agak berlebihan, dan tentunya mengandalkan gaji rutin, maka gaya kehidupan tersebut harus mulai dirubah.

  • Tingkatkan pendapatan pasif

Pertama-tama, jangan taruh uang anda hanya di rekening giro. Tentu yang paling aman adalah menempatkannya di Deposito, namun Bunga Deposito, saat ini relatif kecil bunganya dan juga terkena pajak besar. Untuk meningkatkan pendapatan pasif (passive income). Coba pertimbangkan membeli Obligasi Retail Indonesia (ORI) Rupiah. Pendapatannya akan sedikit lebih baik dari Bunga Deposito, dan diterimanya-pun juga bulanan, seperti bunga Deposito. Lalu banyak yang tidak tahu, bahwa Pemerintah Indonesia juga mengeluarkan ORI dalam mata uang US $. Jika anda mempunyai tabungan US $, jangan disimpan di Deposito US $ yang bunganya sangat kecil, cobalah membeli ORI US $ dengan bunga sekitar 4% setahun, dengan pembayaran setiap 6(enam) bulan. Membeli ORI berarti juga membantu Pemerintah Indonesia. Walaupun jangan lupa, ORI ada resiko nilai tabungannya bisa menurun, bila kinerja Pemerintah Indonesia sedang buruk.  Tetapi juga bisa meningkat nilainya.

Bila anda ingin pendapatan yang lebih besar lagi, namun sedikit lebih ber-resiko. Ada alternatif lain, yaitu menempatkan sebagian dana di Reksadana Terproteksi. Bunga perolehannya jauh lebih besar dari ORI, diterima dalam 3(tiga) bulanan dan juga ter-proteksi. Maksud dari ter-proteksi disini, adalah nilai yang disimpan akan dikembalikan sesuai jumlahnya pada saat masa tenggang penyimpanan selesai. Sekali lagi Reksadana Terproteksi, lebih ber-resiko dari Deposito dan ORI, tetapi bisa mendapatkan pendapatan yang lebih besar. Diskusikan dengan pengelola investasi di Bank anda.

Bila perusahaan anda mempunyai program pensiun seperti Manfaat pasti atau Iuran Pasti, mintalah difasilitasi perusahaan untuk ber-diskusi dengan perusahaan pengelola dana pensiun perusahaan. Mungkin dengan meng-iur-kan uang pesangon anda, maka penerimaan uang pensiun bulanan, anda akan bisa relatif lebih besar. Upaya ini saya lakukan, saat bekerja di PT Rekayasa Industri terutama saat menerima Bonus ataupun saat menerima pesangon. Dengan menambah iuran, tentu bisa mendapatkan manfaat yang relatif lebih besar, disaat kita sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut.

  • Hemat dan kurangi pengeluaran rutin

Dari aplikasi Pocket expense, akan terlihat pengeluaran rutin yang mungkin bisa dihemat. Banyak sekali kiat-kiat untuk mengurangi biaya rutin bulanan. Salah satu contohnya adalah untuk biaya listrik bulanan, yang bisa dihemat dengan menurunkan daya listrik di rumah. Penurunan daya listrik akan secara automatis memaksa penghematan pengeluaran listrik di rumah. Pada umumnya setelah daya listrik diturunkan, akan mulai diketahui beban-beban listrik yang berlebihan seperti pompa air, lampu, AC dll, karena circuit breaker (sekring) listrik akan jatuh bila daya berlebihan. Selanjutnya tentu akan terjadi upaya penghematan, seperti memperbaiki sistem radar di pompa, memanfaatkan sistem timer dan pengendali temperatur di AC, mengganti lampu yang lebih hemat energi dll.

Untuk biaya telekomunikasi, datanglah ke kantor telpon, misalnya Grapari dan pelajari semua opsi yang termurah untuk penggunaan telpon anda. Contoh opsi Halofit dari Telkomsel, bisa sangat murah biaya per bulannya. Pasang internet dan Wifi di kediaman anda. Saat ini sudah sangat banyak penyedia jasa yang siap melayani rumah anda, dengan internet kecepatan tinggi. Juga ada opsi 4G, juga dari banyak penyedia jasa, bila sambungan kabel belum sampai ke rumah anda. Biaya telekomunikasi via internet sudah relatif sangat murah. Gunakan internet komunikasi dan pusat hiburan anda. Contohnya bayar Rp 100.000 per bulan dan tonton film sepuasnya dari rumah anda, dengan menggunakan internet.

Pengeluaran rutin lainnya yang cukup besar adalah biaya bensin untuk kendaraan. Salah satu cara untuk menghemat adalah dengan menggunakan jasa-jasa seperti Go-Jek, Grab-bike, Uber dll. Go-Jek sudah bisa digunakan untuk melakukan kegiatan belanja bulanan, membeli makanan dan mengirimkannya ke rumah, serta kegiatan apa saja yang biasanya memerlukan kita untu mengendarai kendaraan ke suatu tempat. Juga menggunakan jasa Uber taxi, bisa jauh lebih murah dari menggunakan taxi biasa. Aplikasi Uber taxi bila digunakan, seperti kita mempunyai supir pribadi.

  • Jaga resiko kesehatan

Tidak ada saran lain, selain jangan lupa meng-asuransikan kesehatan keluarga anda. Paket asuransi kesehatan sangat banyak penyedia jasanya, dan juga sangat beragam fasilitas yang ditawarkan. Dari yang paling murah seperti BPJS sampai yang paling mahal. Paket BPJS juga tersedia berbagai variasi pelayanan. Silahkan pilih sesuai kemampuan anda. Tetapi yang terpenting adalah mengasuransikan kesehatan keluarga anda. Sedia payung sebelum hujan.

  • Jangan mulai ber-investasi

Banyak para sahabat yang memulai ber-bisnis dengan menginvestasikan uang pesangonnya, setelah di PHK atau setelah pensiun. Menurut pendapat saya, kalau anda sudah selama puluhan tahun bekerja di sebuah perusahaan, sebagai karyawan dan menunggu gaji bulanan, mungkin anda tidak cocok untuk menjadi seorang wirausahawan (tentu anomali selalu ada). Jangan memulai bisnis dan ber-investasi dengan uang pesangon anda. Umumnya typical seorang enterpreneur (wirausahawan), sudah tidak merasa betah bila bekerja secara rutin, di sebuah perusahaan setelah sekitar 5 (lima) tahun bekerja. Mereka kemudian meninggalkan pekerjaan rutin dan mengembangkan usaha mereka sejak dini. Jika anda bekerja rutin selama puluhan tahun di sebuah kantor sebagai karyawan, you are not an enterpreneur.  Tetapi tentunya anda bisa memulai bisnis, yang sifatnya seperti passive income. Contoh yang populer adalah membuka kos-kosan. Ini sebenarnya bukan enterpreneurship tetapi lebih seperti pendapatan pasif (passive income). Kuncinya hanyalah lokasi yang tepat dan sarana rumah yang baik. Contoh lainnya adalah menyewakan kendaraan dan menjualnya setelah masa pakainya selesai. Juga menyewakan rumah atau apartment, bila memilikinya, adalah jenis varian lain dari passive income.

  • Cari pekerjaan di bidang lain

Salah satu cara untuk memperpanjang tabungan, tentunya adalah dengan bekerja lagi. Gunakan website berikut untuk mencari peluang www.jobsdb.com, www.monster.co.id , http://unjoblist.org/, https://lpse.lkpp.go.id, dan mungkin masih banyak lagi. Tentunya terkadang harus mengurangi tuntutan nilai besaran gaji yang tinggi, dan juga bersedia bekerja pada level yang lebih rendah dari sebelum di PHK. Ada alternatif lain, bila anda tidak ingin bekerja lagi di kantor (tidak menjadi karyawan kantoran). Caranya adalah beralih-haluan, banyak juga yang mengembangkan hobbynya dan menggunakan internet untuk menjual karya-nya. Contoh-contohnya adalah menanam tomat khusus, mengelola group golf, mengasah batu dan membuat perhiasan, menjual produk garmen, mengelola koleksi lukisan dll.

Demikian beberapa kiat-kiat dan saran-saran untuk rekan-rekan, yang akan atau sedang mengalami PHK. Mudah-mudahan bermanfaat dan silahkan kalau ada kiat-kiat lainnya yang mungkin bisa d-share.

Salam
Hengki

 

 

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=405