Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Seni
Pendapatan film Indonesia, sudah mulai melewati pemasukan film Holywood disini
Rabu, 10 Februari 16 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Pada hari Jumat 18 Desember 2015, saya datang lebih awal di Gedung Bioskop XXI, bermaksud untuk menonton tayangan perdana film ke-tujuh Star Wars : The Force Awakens. Saya fikir antrian penonton pasti bakalan panjang dan mungkin saya tidak akan dapat tiket.

Surprise, surprise ternyata penonton di Gedung studio film saya, hanya kurang dari separoh. Mungkin karena film tersebut ditayangkan juga, pada 4(empat) multiplex secara berbarengan. Sangat jauh berbeda dengan penayangan film di seluruh dunia, yang dipenuhi sesak oleh para penonton.

Minggu lalu, diberitakan bahwa Star Wars The Force Awakens, akan mencapai pendapatan US $ 2 milyar dalam waktu dekat. Inilah satu-satunya film berpendapatan tinggi (box office) yang dibintangi 3(tiga) aktor laga Indonesia (lihat foto). Walaupun sang aktor laga, Iko uwais, bilang malu karena perannya hanya sangat pendek. Namun nampaknya pemberian peran kepada para bintang laga Indonesia, dari film “The Raid”, di film Star Wars serial yang ketujuh tersebut, tidak menambah pemasukan dari penonton film di Indonesia.

Rupa-rupanya penonton film Indonesia, sejak beberapa tahun ini, sudah mulai bergeser seleranya dengan mulai lebih menikmati film-film karya putra-putri Indonesia. Berikut data pemasukan kotor film Hollywood di Indonesia pada tahun 2014 – 2015, yang datanya tersedia di http://www.the-numbers.com/   :

  • The Avengers $ 12,5 juta atau sekitar Rp 168 milyar
  • Star Wars The Force Awakens $ 8,8 juta sekitar Rp 118 milyar
  • American Sniper $ 1, 3 juta sekitar Rp  17,5 milyar
  • The Hunger Game - Catching fire $ 1,2 juta sekitar Rp  16,2 milyar

Coba bandingkan dengan perkiraan pemasukan kotor berdasarkan jumlah penonton, dari beberapa film Indonesia populer di tahun 2014 – 2015 dari http://filmindonesia.or.id/   :

  • Comic 8 1.624.067 Rp 64 milyar
  • Surga yang Tak Dirindukan 1.523.570 Rp 60 milyar
  • The Raid 2: Berandal 1.434.272 Rp 56 milyar
  • Single 1.345.698 Rp 53 milyar
  • Comic 8: Casino Kings part 1 1.211.820 Rp 48 milyar

Ada sebuah kecenderungan yang membaik di Indonesia, yaitu dengan terus tumbuhnya industri kreatif di bidang perfilman. Saya juga semakin mulai menikmati film-film Indonesia dan selalu menontonnya bila ada kesempatan. Film Comic 8, The Raid, The Raid 2, Tenggelamnya kapal Van Der Wyck, Soekarno, Soedirman, adalah film-film bagus yang sempat saya tonton, dalam beberapa tahun terakhir ini. Menurut saya kualitasnya juga sudah bisa menyaingi film-film Holywood. Banyak film-film Indonesia yang juga memperoleh penghargaan di dunia internasional. Para bintang film-nya-pun juga mulai mendunia. Mari kita tonton film-film Indonesia.

Salam
Hengki

 

 

 

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=406