Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : ICT
Tahukah anda mengenai MiFi dan penghematan alat ini ?
Minggu, 05 Juni 16 - by : Triharyo Indrawan

Untitled document

MiFi

MiFi adalah singkatan dari Modem WiFi. Bila jaringan WiFi biasanya statis pada sebuah lokasi, seperti di Cafe, Hotel, Airport dll, maka dengan MiFi, layanan Wifi bisa bergerak mengikuti penggunanya. Di Indonesia, sudah ada penyedia jasa telekomunikasi yang menyediakan peralatan MiFi, misalnya Smartfren, Bolt dan Speedup (Telkomsel). Nah, kecepatan MiFi ini diberi kategori dari 1 sampai 10. Kategori 1 (Cat 1) kecepatannya adalah 10 MBPS (Mega Bit Per Second) dan kategori 8 (cat 8) adalah 3000 MBPS.

Di Indonesia, Bolt dan Smartfren mengaku kecepatannya antara Cat 6 sampai Cat 7 atau 200 MBPS sampai 300 MBPS. Tapi ini nampaknya tergantung dari coverage area dan sebenarnya paling hanya sekitar 20 MBPS. Info tentang Category ini penting karena untuk memanfaatkannya, maka diperlukan modem yang sesuai dengan categorynya, untuk mendapatkan kecepatan yang tertinggi.

Lalu apa gunanya memakai alat MiFi ini ?.

  1. Tidak perlu membeli Handphone 4G, cukup gunakan handphone kuno, asal handphone tersebut bisa menangkap signal Wifi – menghemat Rp 3 juta s/d Rp 5 juta (pengalaman pribadi)
  2. Biaya bulanan telpon genggam (handphone) menjadi lebih murah, karena ternyata layanan 4G di berbagai penyedia jasa seperti Indosat, Telkomsel, XL relatif mahal – menghemat Rp 300.000 s/d Rp 400.000 per bulan (pengalaman pribadi)
  3. Rumah anda bisa mendapatkan layanan WiFi intenet kecepatan tinggi tanpa membayar koneksi mahal ke penyedia jasa internet – menghemat Rp 300.000 s/d Rp 500.000 per bulan (pengalaman pribadi)

Demikian sharing kami.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=407