Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : ICT
Tahukah anda dengan OTG ? - cukup dengan Rp 270.000 bisa ubah handphone menjadi laptop
Senin, 24 Oktober 16 - by : Triharyo Indrawan

Untitled document

Apakah itu OTG ?

OTG atau USB OTG adalah singkatan dari “On-The-Go”. Jadi USB OTG adalah konektor USB untuk handphone anda. Lihat photo disamping kanan. Konektor OTG adalah penghubung Handphone dengan seluruh peralatan yang memakai koneksi USB. Peralatan dengan koneksi USB relatif sangat banyak, misalnya USB disk drive, wireless mouse, wireless keyboard, camera, game controller dll.  

Konektor OTG ini relatif sangat murah. Harganya hanya Rp 15.000, tapi manfaatnya sangat banyak. Sebagai contoh saya bisa pindahkan dengan cepat presentasi saya dari cloud (Dropbox atau Google Drive) ke handphone, lalu ke USB disk drive, dan kemudian dipindahkan ke komputer untuk presentasi. Mohon diperhatikan bahwa OTG untuk iPhone tentau berbeda connector-nya dengan OTG untuk Android.

Rubah Handphone menjadi temporary Laptop

Manfaat lain dari OTG adalah merubah handphone menjadi temporary laptop. Saya kurang suka membawa laptop karena berat dan juga tidak bisa dimasukkan kedalam kantong saku celana. Namun kalau berpergian, terkadang saya perlu untuk mengedit presentasi atau merubah dokumen yang cukup panjang. Untuk itu biasanya saya memerlukan mouse dan juga keyboard, karena relatif sulit mengedit dokumen panjang, hanya dengan memakai jari-jemari pada touch screen.

Tetapi dengan menggunakan OTG, saya bisa menghubungkan handphone saya, ke wireless keyboard dan mouse seperti pada gambar diatas. Lalu kemudian keyboard dan mouse digunakan untuk mengedit dokumen panjang, cukup dengan memakai handphone. Photo disamping adalah Logitech mk240 wireless keyboard and mouse dengan harga Rp 230.000. Peralatan Wireless keyboard dan mouse ini, selalu saya taruh di mobil dan juga di dalam ransel (koper) saya. Sehingga selalu siap sedia, kalau suatu saat harus berpergian dan perlu mengedit dokumen dimana saja. Saat ini aplikasi Microsoft Office dan juga Google Docs sudah tersedia gratis di internet untuk semua jenis Handphone.

Bagaimana caranya supaya handphone bisa tegak berdiri ?

Nah, ada sebuah trick lagi yang perlu di-share, yaitu bagaimana caranya agar handphone bisa tegak berdiri. Kuncinya adalah membeli “cincin sandaran” yang ditempelkan pada bagian belakang handphone kita. Harga “cincin sandaran” ini hanya sekitar Rp 25.000. Lihat photo disamping kanan untuk membuat handphone bisa berdiri seperti layar computer. Bila tidak dipakai, cincin bisa dilipat menempel pada handphone.

Cincin tempelan ini sangat bermanfaat bila handphone digunakan untuk teleconference dengan applikasi Skype atau Line. Sehingga handphone tidak harus dipegang terus menerus. Kita bisa mengetik atau menggunakan mouse sambil berbicara. Pada Handphone Android versi terbaru, saat ini pemakai bisa men-split layar aplikasi menjadi 2(dua) aplikasi yang berjalan secara parallel. Dengan pemisahan ini, separuh layar bisa untuk teleconference, misalnya dengan aplikasi Line. Separuh layarnya lagi bisa digunakan untuk mengetik hasil pembicaraan yang sedang berlangsung. Cukup canggih dengan peralatan yang relatif sederhana.

Demikian sharing kami. Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam
Hengki

 

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=412