Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Listrik
Tahukah anda bahwa harga listrik dunia menurun semakin drastis ?
Rabu, 16 Nopember 16 - by : Triharyo Indrawan

Untitled document

Rekor harga termurah di Dubai
Pada Mei 2016, Perusahaan Listrik dan Air di Dubai, memecahkan rekor harga listrik termurah di dunia dengan harga hasil pelelangan sebesar 2,99 sen/kwh. Pemenangnya adalah developer property dari Abu Dhabi - Masdar bekerja sama dengan GranSolar, Spanyol. Pembangkitan listrik tersebut menggunakan energi matahari

Rekor harga di Dubai dipecahkan di Chile
3(tiga) bulan berikutnya, perusahaan Spanyol Solarpack memenangkan lelang di Chile untuk 120 MW pembangkit tenaga listrik dari energi matahari dengan harga 2,91 sen/kwh. Harga listrik Solarpack saat itu, memecahkan rekor dunia yg dicetak pada Mei 2016 di Dubai.

Rekor di Chile dipecahkan lagi di Abu Dhabi
Pada September 2016, harga listrik dari energi matahari menjadi semakin murah lagi. Perusahaan Air & Listrik Abu Dhabi, mendapat penawaran utk 350 MW Pembangkit listrik dari JinkoSolar China dan Marubeni, dgn harga 2,42 sen/kwh pada September 2016. Harga ini memecahkan rekor harga listrik termurah (sampai hari ini).

Trend penurunan drastis harga listrik dari energi surya
Walaupun harga diatas baru penawaran dan belum operasional. Namun harga Energi matahari terus menurun drastis. Harga listrik dari energi matahari turun sepertiga dalam 3(tiga) tahun. Berikut trend penurunannya:
- 2013 : 8 sen/kwh
- 2014 : 7 sen/kwh
- 2015 : 6 sen/kwh
- 2016 awal tahun : 5 sen/kwh
- 2016 akhir tahun : 2,42 sen/kwh

Sesuatu hal yg pasti
Penurunan harga yang dramatis disebabkan oleh inovasi dan produksi massal dari Photo-Voltaic, yaitu teknologi mengkonversi sinar matahari menjadi listrik. Sesuatu hal yang pasti, adalah bahwa teknologi ini akan mulai berdampak pada industri energi lainnya seperti Migas, Batu Bara, Panas bumi, Air, Angin & Energi berbasis tanaman (Biodiesel, Bioethanol, Biomass).

Demikian sharing kami untuk antisipasi. 

Salam
Hengki



Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=413