Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Korporasi
Menguji sebuah perusahaan jasa PT Rekayasa Engineering, apakah termasuk Korporasi Tangguh ?
Sabtu, 09 September 17 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Pada Selasa pagi 5 September 2017, saya diundang ibu Meitasari (Bu Dada), Direktur Utama PT Rekayasa Engineering (RE), untuk memberikan paparan tentang Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) dan juga perlunya dukungan perusahaan Engineering pada proyek-proyek di sektor energi di Indonesia. Paparan diberikan kepada jajaran PT RE untuk tingkatan manager keatas.

Saya datang jam 07:30 dan diajak bu Dada dan pak Edi Sutrisman (Direktur Operasi PT RE) mengunjungi setiap lantai dari kedua Gedung yg dimiliki PT RE. Terkesan sebagai sebuah organisasi yg sangat rapih dan teratur. Beberapa tahun yg lalu, PT RE masih menyewa gedung untuk operasi perusahaan. Saat ini sudah memiliki 2(dua) gedung. Proyek-proyek yang ditangani di masa lampau banyak di Bisnis Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun dengan berubahnya peluang di Bisnis Migas dan tumbuhnya peluang di Bisnis Pembangkit listrik, PT RE berubah haluan.

Keuntungan Bersih perusahaan tahun lalu sekitar Rp 36 milyar (termasuk valuasi gedung). Bila tanpa valuasi gedung, keuntungan bersihnya sekitar Rp 20 milyar. Sebuah prestasi yang cukup luar biasa bagi sebuah perusahaan jasa dalam kondisi perekonomian saat ini. Hutang ke bank relatif kecil dan hanya diperuntukkan untuk mencicil gedung baru & Insya Allah menurut informasi Direksi PT RE, cicilan gedung pada tahun depan lunas. Piutangnya lumayan besar. Pak Yusman (Direktur Keuangan) menginformasikan bahwa uang kas PT RE cukup dan siap bila menghadapi kondisi emergency.

Setelah paparan tentang KPPIP, saya diminta untuk menilai kinerja PT RE, bila diukur dengan kriteria sebagaimana tercantum dalam buku "Korporasi Tangguh Indonesia". Saya sampaikan, bahwa bila digunakan kriteria-kriteria "Korporasi Tangguh",  PT RE termasuk salah Korporasi Tangguh Indonesia.

Dari ciri-cirinya-pun sudah sangat gamblang terlihat - ada niche market yang spesifik (sangat fokus tajam jasanya), karena fokus dan tajam, maka perusahaan menjadi inovatif (contohnya menggunakan sistem perencanaan 3-Dimensi yan sangat canggihi untuk perancangan), mempunyai budaya perusahaan yang tidak sloganistis (diberi nama SPRINT), hemat & juga merawat karyawannya.

Bila dibandingkan dengan Korporasi Tangguh Indonesia lainnya, peningkatan yg diperlukan PT RE, adalah upaya pemasaran dan juga siklus feedback pelanggan ke proses produksi di internal perusahaan. PT Rekayasa Engineering baru merayakan ulang-tahunnya yang ke-16 tahun, kami ucapkan selamat dan Dirgahayu PT RE. Mudah2an semakin terus sukses. Amiiinn YRA.

Berikut liputan di media tentang Buku “Korporasi Tangguh Indonesia”

http://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/21/103000626/30-perusahaan-di-indonesia-tahan-banting-saat-krisis-ini-resepnya

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3605247/rahasia-perusahaan-perusahaan-ri-yang-berkinerja-baik-saat-krisis

https://ekbis.sindonews.com/read/1231539/34/30-korporasi-tangguh-indonesia-versi-itb-1503036271

http://www.antaranews.com/berita/647486/alumni-itb-77-luncurkan-buku-korporasi-tangguh-indonesia

http://www.republika.co.id/berita/komunitas/aksi-komunitas/17/08/18/ouw38f280-alumni-itb-77-luncurkan-buku-korporasi-tangguh-indonesia

Bagi yang berminat membeli buku dipersilahkan mengunjungi link berikut

https://www.tokopedia.com/bukukorporasi

 

 

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=419