Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Tambang
Penemuan di kota kecil Lyngby Denmark yang akan "merevolusi" peta energy Indonesia
Rabu, 09 April 08 - by : Triharyo (Hengki)
Salah satu penelitian “Holy grail” (yang sangat sulit ditemukan), adalah merubah batu bara kalori rendah (low rank coal) menjadi gas alam sintetis (Synthetic natural gas). Namun disebuah kota kecil Lyngby di Denmark, telah ditemukan katalis yang mampu untuk melakukan konversi ini (lihat foto). Terobosan teknologi yang sangat luar biasa ini akan me-revolusi pasokan energy Indonesia di masa depan. Teknologi prosesnya disebut TREMP dengan rincian teknisnya seperti diagram.

Apa dampak teknologi ini bagi Indonesia ?.

Dengan memanfaatkan katalis yang sangat spektakuler ini, maka batu bara kalori rendah yang selama ini tidak bisa dimanfaatkan (karena terlalu mahal untuk ditransport dari lokasi), akan bisa dimodifikasi menjadi gas alam di mulut tambang. Bayangkan bila di pedalaman Sumatra selatan ataupun Kalimantan Timur, batubara kalori rendah yang sangat banyak jumlahnya, bisa dikonversi menjadi gas alam sintetis dan dikirimkan melalui pipa yang saat ini sudah tersedia misalnya pipeline dari Sumatera selatan ke Jawa Barat.

Saking optimisnya saya dengan terobosan ini, sehingga saya berani menyampaikan kepada wartawan Jurnal Nasional dalam wawancara terlampir yang berjudul “Skenario penyelamatan pasokan gas ke Pulau Jawa”.

Salam

Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=67