Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Update 100 start up companies
Update 100 start up companies - Penerapan teknologi Video e-learning
Jumat, 18 April 08 - by : Triharyo (Hengki)
Salah satu kesulitan bagi perusahaan besar dengan karyawan yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia seperti PT Rekayasa Industri adalah menyebarkan “lessons learned” dan melaksanakan training secara cepat, efektif dan murah. Setelah mempelajari bahwa universitas-universitas di Amerika serikat telah menerapkan sistem perkuliahan melalui internet Lihat tulisan saya sebelumnya, maka saya mencoba untuk menerapkan teknologi ini di perusahaan kami.

Ternyata putra-putri Indonesia sudah sangat mampu dan sangat cepat membuat e-video untuk perusahaan kami. Salah satu perusahaan yang kami bina adalah, start-up company PT Ganesha Multi Media (hubungi ibu Niknik – 081513309159). Perusahaan ini dapat mengolah power point presentations, berikut foto dan video training dan menggabungkannya menjadi “Youtube type e-learning video” yang bisa dipasang (di-upload) di sistem Intranet perusahaan (lihat foto).

Dengan sistem ini, maka seluruh karyawan di perusahaan kami, dimanapun mereka berada bisa mengikuti training ataupun mempelajari pengalaman-pengalaman dari proyek-proyek lain melalui e-video, kapanpun mereka sempat, cukup melalui koneksi internet. Teknologi inovatif ini menghemat biaya training dan juga waktu yang tersita oleh para trainer untuk memberikan training yang terkadang harus berulang-ulang. Menurut saya teknologi ini sangat efektif untuk diterapkan di perusahaan, partai politik maupun organisasi-organisasi massa lainnya.

Salah satu hal yang membanggakan adalah kemampuan para ahli ICT Indonesia yang dapat dengan cepat menerapkan idea teknologi inovatif ini.

Salam

Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=74