Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Update 100 start up companies
Update 100 start-up companies - Pendidkan designer menangkap peluang US $ 100 Milyard di Australia
Selasa, 22 April 08 - by : Triharyo (Hengki)
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa saat ini sedang terjadi “Natural Gas Boom” di Australia. Dalam waktu kurang dari 10 tahun, akan ada proyek-proyek LNG dengan nilai investasi sekitar US $ 100 milyard. Australia akan menjadi “Qatar” baru, dalam beberapa tahun mendatang, khususnya dalam hal pemasokan LNG. Akibat dari pertumbuhan yang sangat luar biasa pesat ini, Australia memerlukan tenaga trampil yang sangat banyak. Secara spesifik Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra, telah menyampaikan peluang ini dalam Lokakarya yang telah diadakan pada tanggal 26 s/d 28 Maret 2008 di Bali (foto kiri). Menurut Djumhur hidayat, Kepala BNP2TKI, Australia saat ini memerlukan 400.000 tenaga kerja terampil dalam waktu singkat.

Salah satu “inovative start-up company” yang memanfaatkan peluang ini adalah PT Recare dengan management, Dirut Hammarullah FT74 HP-0811860064 dan Direkturnya Amiruddin FT84 HP-0811940290. Perusahaan ini secara spesifik mendidik drafter dan designer dari berbagai multi-disiplin dengan menggunakan computer. Lama pendidikan bervariasi antara 3 bulan sampai dengan 6 bulan. Sejak tahun 2007, perusahaan ini telah mencetak lebih dari 550 designer dan drafter dan mengirimkan lulusannya ke perusahaan-perusahaan Indonesia dan juga Australia.

Perusahaan ini berupaya meningkatkan kualitas lulusan SMA, STM & D-3 agar bisa bekerja sebagai tenaga perancang pada sebuah perusahaan asing. Tampak pada foto, upaya perusahaan ini melakukan training designer dan drafter di Palembang bekerja sama dengan Conoco-Phillips. Para siswa juga diberikan kesempatan untuk kerja praktek di proyek-proyek seperti pembangkit listrik panas bumi Kamojang, Garut, Jawa Barat.

Sebuah karya nyata yang dapat meningkatkan lapangan pekerjaan dan nilai tambah putra-putri Indonesia.

Salam

Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=76