Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : ICT
Menunggu buka puasa - Mendownload video dari Youtube ke handphone atau Ipod anda
Rabu, 24 September 08 - by : Triharyo (Hengki)

Video download helperwww.youtube.com adalah website yang menyimpan hampir seluruh video yang ada di muka bumi ini. Sayangnya kalau ingin melihat video pada website ini, sangat memerlukan waktu yang lama karena ukuran “files”-nya yang cukup besar. Untuk mengatasi keterbatasan ini, berikut adalah cara men-download video dari website ini ke handphone ataupun Ipod anda (sehingga bisa dilihat setiap saat) :

  1. Download dan gunakan browser Firefox
  2. Download add-on Video download helper untuk browser Firefox tersebut
  3. Karena format video di www.youtube.com memakai format FLV, maka perlu men-download converter dari format FLV ke format yang kita inginkan. Sebagai contoh untuk Ipod adalah format MP4V, untuk Windows mobile, format bisa dipakai, misalnya MPEG, WAV atau AVI
  4. Masuk ke www.youtube.com dan pilih video yang ingin anda lihat. Bila bola download helper ”warna biru-kuning-merah” (lihat gambar di kanan) di toolbar berputar-putar, click dan save video yang sedang anda lihat, ke direktori yang anda inginkan. Secara automatis, software ini akan juga mengkonversi format FLV menjadi format sesuai dengan converter yang kita download pada no:3.
  5. Kalau anda memakai handphone Nokia, maka anda harus merubah formatnya ke format 3GP. Gunakan converter 3GP gratis pada link ini.
  6. Pindahkan video file ke handphone atau ipod anda melalui koneksi sinkronisasi PC ke handphone. Kalau Ipod harus lewat software Itunes.

Saat ini Ipod saya selain memilik ratusan podcast serta lagu-lagu, juga mulai memiliki banyak sekali koleksi video gratis, seperti video ”We are the world”, sebuah lagu yang dinyanyikan oleh USA for Africa. Juga video-video klip lagu-lagu kuno yang saya sangat nikmati di tahun-tahun 1980-an. Lumayan untuk menunggu buka puasa di dalam mobil sambil menurunkan stress level.

Silahkan menikmati dan mencoba

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=125