Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : ICT
Melihat GDP growth Indonesia vs China & India dengan Wolfram Alpha yang sudah live
Senin, 18 Mei 09 - by : Triharyo (Hengki)

Sebagaimana tulisan saya sebelumnya, Wolfram Alfpha saat ini sudah live. Selamat mencoba dan Insya Allah bisa banyak membantu para pebisnis, insinyur praktisi, peneliti, mahasiswa, pelajar dan juga pendidik.

Dengan jasa Wolfram Alpha, hanya dalam hitungan milisecond, saya bisa memperoleh perbandingan pertumbuhan GDP Indonesia vs China dan India. Informasi seperti ini, relatif sulit diperoleh sebelum adanya Wolfram Alpha.

Beberapa hal yang menarik adalah adanya lonjakan GDP di China & India (dibanding Indonesia) saat terjadinya krisis moneter di Indonesia. Indonesia memang mengalami penurunan GDP (negative growth) kala itu. Namun ada hal yang juga perlu dicatat bahwa pada akhir-akhir ini, pertumbuhan Indonesia mulai sebanding, dan relatif sedikit lebih cepat dari India (sedikit).

Maaf bagi yang tidak suka dengan analisa angka-angka seperti ini. Tetapi bagi saya hal-hal seperti ini sangat menarik, khususnya bagi menentukan arah kebijakan perusahaan. Sebagai contoh, di awal tahun 2008, saya memprediksi bahwa krisis subprime mortgage tidak akan terlalu berdampak ke Indonesia. Analisa yang memakai data-data tersebut, ternyata memang akhirnya tidak terlampau meleset.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=176