Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Seni
Film-film animasi Indonesia dijual di Amazon.com - mengunjungi pameran "Pekan Industri Kreatif Indonesia"
Senin, 29 Juni 09 - by : Triharyo Soesilo

"Film-film animasi ini sudah kami export ke Amerika, mas", kata penjaga stand www.kabayanliplap.com. Sang pembuat acara televisi film animasi 3-Dimensi Kabayan Lip Lap, yang ditayangkan di Global TV setiap hari Senin s/d Jumat jam 14:30. Ia menunjukan film-film seri yang mereka buat untuk www.torchlight.org . "Ini juga sudah dijual di Amazon.com, lho mas". Saya check di di Amazon.com, salah satu film tersebut dijual dengan harga US $ 11,99 (lihat foto).

Demikianlah pembicaraan saya pada hari Sabtu Siang  27 Juni 2009, sewaktu menyempatkan mengunjungi Pameran yang diselenggarkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka tahun Kreatif Indonesia yang disebut "Pekan Industri Kreatif Indonesia". Pameran tersebut diselenggarakan pada tanggal 25 s/d 28 Juni 2009 yang dipromosikan pada www.indonesiacreativeproduct.com di Jakarta Convention Center (JCC).

Saya menjelajah JCC untuk mengunjungi stand-stand yang dipromosikan oleh AINAKI (www.ainaki.or.id) - Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia, karena kebetulan diundang oleh Ketua dan Sekertarisnya. Ternyata perkembangan industri animasi memang sangat luar biasa. Salah satu karya yang menurut saya juga sangat mengaggumkan adalah game online karya putra-putri Indonesia yang menceritakan tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia, silahkan kunjungi  www.nusantara-online.com sebuah website MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game). Saat ini mereka sedang memasuki masa uji-coba dengan kualitas 3-dimensi graphicsnya yang menurut saya sangat spektakuler.

Beberapa karya-karya putra-putri Indonesia yang menurut saya juga sangat menarik, dan sempat saya kunjungi :

  • QBYouth, sebuah organisasi yang mewadahi para remaja untuk mengembangkan industri kreatif konten. Organisasi ini diprakarsai oleh Betty Alisyahbana dan bisa dibaca kegiatan-kegiatannya sertas karya-karyanya yang sangat banyak di www.qbyouth.com (tapi nampaknya websitenya ada virusnya).
  • Biosoft - sebuah microscopic object management software, sebuah aplikasi untuk menayangkan visualisasi dari sebuah observasi melalui microscope kedalam digital foto atau film. Silahkan kunjungi www.mybiosoft.com
  • Billy Blue School of Graphic Arts (yang pertama kali saya dengar namanya dari rekan Amrie-AR77), saat ini sudah dibuka di Indonesia. Silahkan kunjungi www.cybermediacollege.com kalau ingin menyekolahkan putra-putrinya menjadi ahli animasi di Indonesia dan tidak harus ke luar negeri.
  • Aplikasi-aplikasi Augmented Reality (AR) yang dibuat oleh dosen ITB, Dr Ir Hilwadi Hindersah MSc sebagai koordinator program Teknik Elektro Opsi Teknologi Media Digital dan Game. Bagi yang belum tahu apa itu AR silahkan baca disini. Team pak Hilwadi membuat berbagai aplikasi AR untuk menjelaskan tentang proses gunung berapi meletus, bagaimana Tsunami terjadi, dan juga bagaimana melakukan Manasik Haji dalam 3-Dimensi. Sebuah metoda interactive eLearning yang sangat luar biasa. Inilah salah satu karya mahasiswa ITB dalam pameran tersebut.
  • Flick sebuah majalah gratis yang membahas tentang Digital Movie silahkan kunjungi www.flickmagazine.net untuk mendownload
  • Berbagai software dan aplikasi e-learning seperti ditawarkan oleh www.pesonaedu.com juga www.edu-games.com
  • Perisalah - sebuah software voice recognition bahasa Indonesia karya BPPT yang merekam jalannya sebuah pembicaraan (misalnya dalam sebuah rapat) dan langsung menterjemahkannya (me-recognize) kedalam sebuah notulen tertulis(dalam berbagai format), secara real time dan automatis. ...Ruuuarr biasa sewaktu saya mencobanya langsung. Silahkan hubungi Oskar Riandi di oskar@inn.bppt.go.id bila berminat.

Demikian beberapa liputan kami yang menyempatkan untuk mengunjungi pameran yang sangat menarik tersebut. Saat ini pemerintah nampaknya sedang menggodog agar produk-produk animasi Indonesia akan ditayangkan di televisi lokal. Itulah sebabnya Koran Kompas menulis di tahun 2007 bahwa Industri Kreatif Animasi berpeluang untuk menjadi materi Kebangkitan Teknologi. Saya sendiri sedang mulai banyak mempelajari bisnis ini dengan niat mengembangkannya dari sisi industriawan.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=184