Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Seni
Kisah Dr Soemantri Widagdo yang membawa kembali lukisan-lukisan Bali dari seluruh dunia ke Ubud
Senin, 10 Agustus 09 - by : Triharyo Soesilo

"Saya beli lukisan Bali karya Lempad ini di rumah seorang Texas kaya raya, hanya dengan harga sekitar US $ 300 sekitar 10 tahun yang lalu", kata Dr Soemantri Widagdo (TK-76). Ia kemudian menambahkan, "Beberapa saat yang lalu saya menjual lukisan tersebut dengan harga sekitar US $ 18.000". Wah luar biasa juga gaya investasi seperti ini pikir saya, sewaktu berdiskusi dengan Soemantri di Museum Puri Lukisan, Ubud (lihat foto dikiri).

Soemantri saat ini adalah seorang eksekutif di perusahaan dunia 3 M, tetapi salah satu hobbynya adalah melakukan investasi dengan bepergian untuk membeli lukisan-lukisan Bali yang bertebaran di seluruh dunia. Ia merasa sedih melihat lukisan-lukisan karya pelukis-pelukis terkenal Bali terbengkalai, tidak mendapatkan penghargaan yang layak di seluruh dunia.

Ia saat ini telah mengumpulkan ratusan lukisan karya-karya para pelukis terkenal Bali bernilai jutaan US $, yang ia beli dengan harga relatif sangat murah. Dihari tuanya, Soemantri akan berpensiun dengan menyumbangkan seluruh lukisan-lukisan Bali miliknya tersebut, ke Museum Puri Lukisan di Ubud. Sebagai contoh, pembeli lukisan Lempad yang ia ceritakan diawal tulisan ini, tidak boleh dibawa oleh pemilik-barunya. Tetapi lukisan yang dibeli tersebut, harus tetap tersimpan di Museum Puri Lukisan, Ubud. Ternyata banyak juga para Philantropis dunia yang bersedia melakukan transaksi seperti ini.

Atas usaha-usahanya, Soemantri mendapatkan penghargaan dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik di tahun 2008 (lihat foto di kanan bersama Gede Agung Muning, kurator lukisan Museum Puri Lukisan). Sebuah penghargaan bagi seorang anak bangsa yang sangat mencintai karya seni Indonesia dan melakukan sebuah langka nyata untuk membawanya ke Indonesia.

Pada tahun 2009 ini, ia mengkoordinasi pelaksanaan pameran Kebiar Seni XI di Museum Puri Lukisan, Ubud antara tanggal 29 Juli 2009 s/d 25 Oktober 2009. Untuk melaksanakan pameran ini, Soemantri menyeleksi ratusan lukisan dari 5 desa di Bali dan memilih sekitar 60 lukisan terbaik. Cara menseleksinya dilakukan Soemantri melalui e-mail, karena ia harus tetap bekerja sehari-hari di kantor 3M, yang berada di St Paul, Minnesota, USA.

KARIER SOEMANTRI WIDAGDO

Soemantri Widagdo saat ini menjadi "Manager of Multifunctional Surfaces and Adhesives" untuk bisnis "Display and Graphics" di perusahaan dunia 3M di St Paul Minnesota.  Setelah lulus dari ITB jurusan Teknik Kimia pada tahun 1981, ia memperoleh S-2 & S-3 dari Stevens Institute of Technology. Ia kemudian bergabung dengan Polymer Processing Institute (PPI), Hoboken, New Jersey, sebagai pimpinan kelompok "computation group". Disitu ia  mengembangkan paket software untuk menganalisa  teknologi "Twinscrew compounding" sambil menjadi Research Professor of Chemical Engineering di Stevens Institute of Technology.

Pada tahun 1998, ia bergabung dengan 3M, dan meniti karier menjadi "technology leader" dalam bidang  "Polymer compounding". Soemantri adalah seorang ahli Six Sigma Black Belt untuk bidang Innovasi, dan telah menduduki beberapa posisi technology management di 3M. Selama berkarier di 3 M, Soemantri telah berhasil mengembangkan berbagai teknologi untuk energi terbarukan, untuk aplikasi industri serta transportasi, untuk produk perkantoran, aplikasi listrik dan elektronik, dan juga kedokteran, dan aplikasi graphics. Setiap tahun, Soemantri menjadi anggota juri menseleksi ratusan innovasi usulan karyawan maupun publik di perusahaan 3M. Ia bertanggung jawab memilih sekitar 5 produk dari ratusan usulan untuk dikembangkan secara komersial. Ia seorang penulis publikasi yang sangat aktif . Tulisan publikasi teknisnya di publikasi-publikasi internasional mencapai puluhan. Salah satu bukunya yang terkenal adalah, "Product and Process Design Principles: Synthesis, Analysis, and Evaluation, 3rd Ed. yang ia tulis bersama W. D. Seider, J. D. Seader, and D. R. Lewin; Wiley, 2009. Soemantri dapat dihubungi di e-mail berikut swidagdo@yahoo.com dan juga ada di Facebook dengan nama sama.

Demikian sebuah kisah yang menurut saya agak unik untuk seorang alumni ITB.

Salam Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=192