Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Makro
Belum pernah terjadi - Jepang bangkrut, Korea Selatan surplus besar & Malaysia salah arah
Sabtu, 14 Agustus 10 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Berbagai analisa bisa ditulis. Berbagai data bisa dibandingkan. Namun ada sebuah kejadian yang belum pernah terjadi dalam sejarah dunia, yaitu Perdana Menteri Jepang yang baru Naoto Kan, menyatakan bahwa negaranya akan bangkrut. Karena hutang negara Jepang sudah mencapai 200% dari GDP. Disisi lain, Korea Selatan (Korsel), sebuah negara tetangga Jepang yang hanya terpisah oleh sebuah selat, justru mencapai surplus US $ 30 Milyard.

Jawabannya, resepnya, sudah sangat bosan diulang-ulang yaitu.......”ini” (baca sendiri). Sehingga, saat ini negara seperti Malaysia, sedang berusaha keras untuk keluar dari “jebakan” ekonomi kelas menengah, dengan merubah arah ekonominya ke jenis ekonomi “ini” (baca sendiri juga, ya). Sebagai ilustrasi, tahun 1970, GDP Korsel adalah US $ 260, masih dibawah GDP Malaysia yang sekitar US$ 380. Namun saat ini GDP Korsel sudah mencapai US $ 21,530 atau 3 (tiga) kali lipat GDP Malaysia, yang  masih di kisaran US $ 6,760. Sebuah pelajaran yang penting untuk disimak oleh pimpinan korporasi Indonesia dan juga para pengambil keputusan di Pemerintahan.

Bukti nyatanya, kalau saat ini anda membeli Televisi (TV) flat screen, besar kemungkinan anda memilih merk LG atau Samsung buatan Korea, dari pada membeli merk Sony buatan Jepang. Kenapa demikian ?. Tanya saja kepada diri anda sendiri.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=258