Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Makro
Dampak Global warming sudah sampai Pasar Terong di Makassar
Sabtu, 14 Agustus 10 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Dalam waktu yang hampir bersamaan, saat ini sedang terjadi kekeringan yang sangat luar biasa di Russia, banjir skala raksasa di Pakistan, bencana longsor hebat di China, angin topan dan banjir di Australia. Silahkan saksikan videonya disini. Pemandangan yang lebih spektakuler adalah lepasnya sebuah pulau es seukuran pulau Nusakambangan, dari Greenland. Lihat prosesnya di link ini.

Menurut para ahli cuaca dunia, kejadian-kejadian diatas disebabkan oleh temperatur bumi yang sangat luar biasa panas, dan bahkan terpanas sepanjang sejarah dunia. Sebagaimana diketahui, pengukuran temperatur bumi baru dilakukan sejak tahun 1880, dan akhir-akhir ini trendnya semakin terus membumbung tinggi (lihat chart).

Lalu apa dampaknya bagi orang kebanyakan di Indonesia ?

Rupa-rupanya akibat suhu cuaca yang sangat luar biasa panas di Russia, hampir 25% produksi gandum Russia hancur puso. Sehingga dengan sangat terpaksa, Pemerintah Russia menyetop export gandumnya. Dampaknya ternyata sangat luar biasa, harga terigu dunia langsung melonjak. Dalam waktu kurang dari 60 hari, harga gandum meningkat dengan sangat spektakuler, yaitu hampir 100%. Kenaikan harga Gandum ini langsung sudah terasa di Pasar Terong, Makasar. Pada hari ini harga terigu sudah naik 30% dari beberapa hari yang lalu. Harga-harga bahan pokok-pun terus semakin meningkat mengikuti harga terigu.

Bagaimana reaksi Pemerintah Indonesia dan para Politisi ?

-         Pada tanggal 6 Agustus 2010 – SBY menyampaikan ”Kenaikan harga menjelang Lebaran masih wajar”

-         Seminggu sesudahnya, yaitu pada 13 Agustus 2010 – Dirjen Perdagangan Dalam Negeri masih menyampaikan, ”Kenaikan Harga Pokok masih wajar”

-         Para politisi Golkar-pun akhirnya mulai mengkritik kelambatan Pemerintah. Ical juga tidak mau kalah untuk mengingatkan pemerintah bahwa masalahnya serius dan perlu perhatian Pemerintah.

-         Untuk menenangkan publik, Pemerintah menyatakan bahwa stok pangan cukup dan mulai menyiapkan dana cadangan Rp 2 Triliiun.

Mari kita monitor perkembangannya menjelang Idul Fitri. Saran saya, mulai bikin kue dari sekarang saja.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=259