Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : ICT
Mengambil kendali komputer anda dari serbuan virus
Minggu, 20 Februari 11 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Selama bertahun-tahun komputer di rumah saya selalu memakai Norton Anti Virus – NAV. Setiap ada virus, malware ataupun software pembajak seperti kuda troya, yang akan masuk ke komputer saya, dengan sigap NAV menangkap virus tersebut dan kemudian menghapusnya. Daftar perpustakaan virus (virus library) NAV, selalu ter-update secara automatis, sehingga selalu mutakhir. Kehidupan saat itu terasa tenang.

Kira-kira 2(dua) bulan yang lalu, entah apa penyebabnya, NAV saya tiba-tiba tidak bisa meng-update virus library untuk mendapatkan revisi yang paling mutakhir (melalui internet). Scan virus juga kemudian tidak bisa dijalankan lagi. Sejak saat itu, sudah terasa bahwa komputer saya mulai terbuka untuk diserang oleh berbagai virus. Karena khawatir password dan informasi penting bisa dicuri oleh orang, saya kemudian membawa komputer tersebut ke toko service komputer.  Namun solusi yang ditawarkan oleh sang ahli komputer adalah - format ulang, hapus semua data dan kemudian re-install operating system yang masih bersih (belum ada virusnya). Kehidupan menjadi agak sedikit panik.

Karena opsi menghapus semua data ini agak berat bagi saya. Lalu saya mencoba mencari cara lain untuk membersihkan virus di komputer saya, tanpa harus mem-format ulang dan menghapus semua data yang ada. Berikut ini pengalaman saya, yang mungkin bisa dicoba oleh rekan-rekan lainnya, untuk mengambil kendali komputer anda dari serbuan virus :

  1. Masuklah ke jasa gratis Microsoft untuk menghilangkan virus.
  2. Unduh (Download) software Microsoft dan jalankan (run) software tersebut setelah diunduh. Saya sempat kaget karena hanya dalam hitungan bulan saja, sudah ada 12.000 lebih virus yang ber-anak pinak di komputer saya.
  3. Setelah pembersihan memakai software Microsoft diatas, lalu kemudian saya pasang anti virus AVG , yang diberi kesempatan mencoba secara gratis selama 30 hari.
  4. Setelah saya install dan run AVG, ternyata masih ditemukan lagi sekitar 200 lebih virus, malware, trojan dll

Bagi teman-teman yang belum pernah memasang anti virus di komputernya, saya sarankan untuk mencoba langkah 1 & 2 untuk check up secara gratis. Jangan-jangan sudah ribuan virus menyebar di komputer anda dan ada juga mungkin yang sudah bersiap-siap untuk mencuri data pribadi anda. Resiko terburuknya adalah password dan data-data pribadi seperti informasi credit card (kalau pernah belanja lewat komputer), bisa kemungkinan tercuri. Lalu setelah bersih-bersih, kemudian jangan lupa untuk memasang anti virus yang banyak tersedia di pasar.

Demikian sharing informasi saya dan mohon maaf bagi teman-teman yang sudah tahu atau mungkin punya cara lain yang lebih efektif.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=298