Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : ICT
Apps gratis - perangkat lunak aplikasi yang menjadi favoritku
Senin, 30 Mei 11 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Akhir-akhir ini penyedia jasa seluler mulai mengeluarkan paket kartu telpon broadband (untuk koneksi ke internet berkecepatan tinggi), dengan harga yang relatif sangat murah. Sebagai contoh kartu Perdana Flash, bisa terkoneksi sampai kecepatan 384 kb dengan harga hanya Rp 50.000, untuk 800 MB download. Disisi lain, harga komputer tablet buatan Cina dan Korea semakin mewabah, dengan harga yang juga relatif semakin murah dari harga Apple iPad,. Sebagai contoh harga tablet bisa Rp 2 juta (untuk buatan China) sampai sekitar Rp 4 juta (buatan Korea) karena memang ukuran layar tablet buatan China dan Korea, relatif lebih kecil, yaitu sekitar 7 inci dibanding layar iPad yang berukuran 9,6 inci.

Dengan paket koneksi broadband lewat seluler yang sangat murah dan juga tablet komputer yang juga relatif semakin murah, maka saat ini di dunia maya, semakin menjamur perangkat lunak gratis untuk komputer tablet (dan juga handphone) dengan julukan ”apps”. Untuk mendapatkan apps gratis ini, para pengguna Apple iPhone dan iPad, dapat mengunduhnya dari iTunes. Sedangkan bagi komputer tablet China atau Korea, yang umumnya berbasis sistem operasi Android, Apps gratis ini bisa di-unduh dari website Android Market.  Berikut ini Apps gratis favorit saya yang tersedia bagi pengguna peralatan Apple, maupun juga tersedia bagi pemakai tablet komputer yang berbasis sistem operasi Android (karena saya memakai keduanya) :

  1. Untuk mengumpulkan berita dari seluruh dunia - Pulse
  2. Untuk membaca buku elektronik (e-book) - Kobo
  3. Mengikuti berita-berita dunia -  BBC, CNN, Associated Press, MSNBC, Reuters, Channel News Asia,
  4. Membaca majalah - Time
  5. Mengikuti Berita-berita indonesia – Kompas, Okezone, Detik, Jakarta Globe, Tempo
  6. Mendengarkan podcast – Stitcher (untuk Apple) dan One Cast (untuk android)
  7. Database seluruh film yang ada di dunia – IMDb
  8. Ganti pemandangan layar (screen wallpaper) – Backgrounds
  9. Mendengarkan musik gratis – 4shared
  10. Bergabung dalam social network – Facebook, Twitter

Selamat mencoba memakai tablet komputer, yang dilengkapi dengan SIM card kartu broadband. Anda bisa menjelajah (browsing) dimana saja, dengan kecepatan yang relatif sangat tinggi, seperti kita sedang berada di rumah dengan komputer yang terkoneksi ke kabel broadband.

Demikian informasi kami.

Salam

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=309