Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Migas
Sharing informasi tentang konversi BBM ke BBG dan download buku gratis
Jumat, 27 Januari 12 - by : Triharyo Soesilo

Untitled document

Mengenati topik diatas, berikut ini saya share informasi yang saya terima langsung dan juga tersedia secara terbuka di publik. 

Arahan Presiden SBY

Pada acara pemancangan pertama proyek RFCC di Cilacap pada tanggal 28 Desember 2011 yang lalu (foto dikanan), Presiden SBY memberikan 3(tiga) arahan untuk mengatasi membengkaknya angka subsidi BBM. Arahan yang disampaikan dalam pidato acara peresmian tersebut,  didengar oleh banyak wartawan,  para pelaku di bisnis Migas dan tentunya juga oleh seluruh tamu yang hadir.

Presiden menyampaikan bahwa untuk mengatasi meningkatnya beban subsidi BBM, ia meminta seluruh jajaran terkait untuk :

1.      Mengendalikan penyaluran BBM bersubsidi

2.      Mengkonversi BBM ke BBG

3.      Melakukan penghematan energi

Sebagaimana biasanya, ketiga kalimat tersebut saya catat dan simpan di iPhone, supaya mudah untuk di-re-call.  Jadi menurut saya,  pidato Presiden tidak pernah menyebutkan kata “pembatasan”, apalagi menyebutkan kata “kenaikan harga”. Itu yang saya tahu dan dengar langsung.

Informasi tentang konversi BBM ke BBG dan Download gratis 3(tiga) buku

Mengenai topik ini, para pembaca website ini mungkin adalah penerima informasi pertama dari saya. Karena berbagai opsi teknologi dan juga ulasan dari sisi komersial, mengenai konversi BBM ke BBG, pernah saya tulis secara rinci 7 (tujuh) bulan yang lalu. Silahkan baca ulang pada link ini, bagi rekan-rekan yang belum sempat membacanya. Mudah-mudahan bisa memperjelas berbagai pertanyaan.

Mengenai program konversi BBM ke BBG, saya juga banyak belajar dari membaca buku yang dibuat oleh teman-teman di LIPI (foto dikiri). Buku-buku tersebut antara lain ditulis oleh sahabat saya, rekan Agus Hartanto. Menurut saya, buku tersebut sangat bagus sebagai referensi bagi yang belum mengetahui tentang program yang sudah berjalan selama 13 tahun. Banyak lessons-learned yang dituliskan dengan baik dalam ketiga buku ini.

Saya sempat mencoba mencari ke LIPI untuk membeli extra copy ketiga buku itu.  Sayangnya LIPI nampaknya tidak memperbanyak buku-buku yang sangat berguna tersebut.  Sehingga karena mempertimbangkan pentingnya ketiga buku itu,  saya minta izin ke LIPI untuk memperbanyaknya. Foto copy buku tersebut kemudian saya kirim ke seluruh jajaran pimpinan di Pertamina dan juga para pengambil keputusan di Pemerintahan. Namun sayangnya mungkin tidak banyak yang sempat membacanya secara detail.

Atas prakarsa rekan Yoyon Ahmudiarto dan juga rekan Agus, serta izin dari LIPI, mereka memberikan kesempatan kepada saya untuk meng-upload ketiga buku tersebut, agar bisa diunduh (download) oleh pembaca website ini,  pada link-link berikut :


1. Kebijakan Nasional Program Konversi BBM ke BBG untuk kendaraan (Silahkan download pada link ini dengan size 4,1MB)


2. Kebijakan Program Konversi dari BBM ke BBG untuk kendaraan di Jawa Barat (Silahkan download pada link ini dengan size 2,5MB)


3. Kajian Teknis Konversi BBM ke BBG untuk kendaraan (silahkan download pada link ini dengan size 7,4MB)

Demikian informasi yang bisa saya share.

Salam
Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=344