Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Update 100 start up companies
Update 100 start-up companies - Teknologi Aeromovel untuk atasi kemacetan Jakarta
Senin, 04 Februari 08 - by : Triharyo (Hengki)
Rekans

Setiap tahun banjir terus melanda Jakarta. Banjir selalu diikuti oleh kemacetan lalu lintas yang sangat parah, karena tanpa banjir-pun lalu lintas di Jakarta sudah sangat padat.

Solusi Busway juga nampaknya justru menambah kemacetan lalu lintas bukan mengurangi. Untuk mencari alternatif moda transportasi, para Insinyur di perusahaan kami telah melakukan beberapa penelitian terhadap teknologi yang sudah berada di Indonesia selama 25 tahun yaitu “Teknologi Aeromovel”. Teknologi ini telah digunakan untuk transportasi di Taman Mini Indonesia Indah. Teknologinya murah, mudah dan teruji.

Dengan berbagai perbaikan (improvement) oleh team kami seperti efisiensi “sealing” udara untuk penghematan energi pada rel beton, dan perbaikan sistem kendali (control) terhadap “blower” pendorong dan penarik kereta, maka saat ini Indonesia telah memiliki teknologi mandiri yang relatif cukup murah, efisien dan efektif untuk mengatasi kemacetan Jakarta. Salah satu hal yang sangat menarik adalah bahwa semua komponen utama sistem Aeromovel ini seperti gerbong kereta, rel beton dan juga blower pendorong-penarik sudah seluruhnya mampu dibuat di Indonesia.

Keekonomiannya-pun juga relatif baik buat sebuah infrakstruktur proyek yaitu sekitar 12% IRR (tanpa subsidi pemerintah). Bagi yang berminat bisa mendownload presentasi (1 MB) berikut. Insya Allah dalam waktu dekat akan ada beberapa perusahaan yang akan mengembangkan teknologi ini. Sehingga para teknologi Indonesia mampu membantu mengatasi kemacetan Jakarta. Amien

Salam

Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=50