Portal Karya Nyata Merah Putih
Rubrik : Iptek & Kesehatan
Program obat-obatan serba Rp 1000 & Proyek US $ 200 juta/tahun
Senin, 17 Maret 08 - by : Triharyo (Hengki)
Rekans

Sejak kampanye ketua IA-ITB dan juga posting saya tentang obat vaksin flu burung yang menyatakan niat untuk membuat vaksin secara mandiri (lihat www.triharyo.com), maka akhir-akhir ini saya mulai banyak mengenal beberapa teman-teman baru di Industri Farmasi.

Ternyata ada sebuah prestasi putra-putri bangsa yang sangat luar biasa, yang perlu saya sampaikan di forum ini karena patut untuk diapresiasi oleh banyak pihak. Saat ini rupanya para industriawan farmasi yang tergabung di PT Indofarma tbk, PT Kimia farma tbk, PT Biofarma sedang berusaha keras untuk menghasilkan obat berkualitas bagus dengan harga murah. Program ini disebut “Program Serbu” atau kependekan dari “Program obat-obatan Serba Seribu Rupiah”.

Saya sudah mendapatkan kotaknya (seperti foto) yang berisi obat obat penurun panas, obat batuk, obat maag, obat flu, obat asma, obat cacing, obat sakit kepala semua dengan harga masing-masing Rp 1.000 setiap paket (lebih murah dari biaya parkir di Jakarta). Ternyata program obat murah yang dicanangkan pemerintah ini nilainya mencapai Rp 1.8 triliun per tahun atau US $ 200 juta untuk tahun 2008.

Salah satu hal yang menarik adalah posting saya di www.triharyo.com tentang pembuatan Fruktosa, Glukosa dan Maltosa dari ketela rupanya dibaca oleh Kusmaya (FA-77). Kusmaya langsung menyampaikan ke pimpinan PT Kimia Farma. Sehingga Dr IG Wenten (sang pemilik teknologi) sempat diundang ketemu dengan direksi PT Kimia Farma. Rupanya setiap tahun PT Kimia farma terus mengimport kapsul obat yang sebenarnya bahan bakunya dari ketela. Insya Allah, saat ini sedang ada pembicaraan serius untuk merealisasikan pembuatan bahan baku kapsul obat secara mandiri di Indonesia. Mudah-mudahan dengan upaya-upaya bersama ini dan juga karya-karya nyata putra-putri bangsa, maka obat-obatan di Indonesia bisa semakin murah & terjangkau oleh semua pihak. Amien

Salam

Hengki

Portal Karya Nyata Merah Putih : http://www.triharyo.com
Versi Online : http://www.triharyo.com/?pilih=news&aksi=lihat&id=64